RoboguruRoboguru
SD

Teks berikut untuk menjawab soal nomor 7—9! Pasti kamu pernah mendengar nama Galileo Galilei. Ia adalah seorang ilmuwan kritis asal Italia kelahiran 1564 yang sumbangan penemuannya memberi banyak pengaruh pada dunia. Galileo tidak selalu menjadi penemu awal suatu teori, tetapi rasa ingin tahunya yang tinggi membuatnya berkeyakinan untuk selalu mencoba membuktikan benar atau tidaknya suatu teori. Ia juga mampu memanfaatkan sebuah penemuan untuk menghasilkan penemuan besar yang lain. Galileo bukan penemu teleskop pertama, tetapi ketika mendengar telah ditemukannya sebuah teleskop sederhana oleh seorang pembuat kacamata dari Belanda, ia kemudian mengembangkan teleskop buatannya sendiri. Tidak berhenti di situ saja, ia pun memanfaatkan teleskop itu untuk melakukan pengamatan terhadap dunia angkasa luar. Pada bulan Maret 1610, Galileo mempublikasikan sebuah buklet kecil, The Starry Messenger. Dalam buku itu, ia mengungkapkan beberapa penemuan yang menarik dari angkasa luar. Di antara penemuannya bahwa permukaan bulan tidak rata dan halus, sebagaimana yang diumpamakan dalam berbagai puisi. Ternyata, permukaan bulan dipenuhi kawah dan gunung. Galileo menemukan planet-planet, termasuk saturnus yang memiliki lingkar serupa cincin. Ditemukannya venus yang memiliki beberapa fase seperti bulan, dan dibuktikannya bahwa venus berputar mengelilingi matahari. Ditemukannya pula bahwa jupiter memiliki satelit sendiri, yang tidak berputar mengelilingi bumi. Penemuan-penemuan ini yang memperkuat teori Copernicus sebelumnya, bahwa Bumi bukanlah pusat tata surya. Ia membuktikan bahwa planet-planet mengelilingi matahari. Hal yang dapat kita teladani dari tokoh tersebut adalah ....

Pertanyaan

Teks berikut untuk menjawab soal nomor 7—9!

Pasti kamu pernah mendengar nama Galileo Galilei. Ia adalah seorang ilmuwan kritis asal Italia kelahiran 1564 yang sumbangan penemuannya memberi banyak pengaruh pada dunia. Galileo tidak selalu menjadi penemu awal suatu teori, tetapi rasa ingin tahunya yang tinggi membuatnya berkeyakinan untuk selalu mencoba membuktikan benar atau tidaknya suatu teori. Ia juga mampu memanfaatkan sebuah penemuan untuk menghasilkan penemuan besar yang lain.

Galileo bukan penemu teleskop pertama, tetapi ketika mendengar telah ditemukannya sebuah teleskop sederhana oleh seorang pembuat kacamata dari Belanda, ia kemudian mengembangkan teleskop buatannya sendiri. Tidak berhenti di situ saja, ia pun memanfaatkan teleskop itu untuk melakukan pengamatan terhadap dunia angkasa luar.

Pada bulan Maret 1610, Galileo mempublikasikan sebuah buklet kecil, The Starry Messenger. Dalam buku itu, ia mengungkapkan beberapa penemuan yang menarik dari angkasa luar. Di antara penemuannya bahwa permukaan bulan tidak rata dan halus, sebagaimana yang diumpamakan dalam berbagai puisi. Ternyata, permukaan bulan dipenuhi kawah dan gunung. Galileo menemukan planet-planet, termasuk saturnus yang memiliki lingkar serupa cincin. Ditemukannya venus yang memiliki beberapa fase seperti bulan, dan dibuktikannya bahwa venus berputar mengelilingi matahari. Ditemukannya pula bahwa jupiter memiliki satelit sendiri, yang tidak berputar mengelilingi bumi. Penemuan-penemuan ini yang memperkuat teori Copernicus sebelumnya, bahwa Bumi bukanlah pusat tata surya. Ia membuktikan bahwa planet-planet mengelilingi matahari.

Hal yang dapat kita teladani dari tokoh tersebut adalah ....

  1. Berasal dari Italia

  2. Bukan penemu teleskop pertama

  3. Ditemukannya venus yang memiliki beberapa fase

  4. Mampu memanfaatkan sebuah penemuan untuk menghasilkan penemuan besar yang lain

M. Robo

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan D.

Pembahasan

Hal yang dapat kita teladani dari tokoh tersebut adalah mampu memanfaatkan sebuah penemuan untuk menghasilkan penemuan besar yang lain. Hal tersebut terdapat pada paragraf pertama. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah pilihan D.

35

4.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Bacalah teks nonfiksi berikut ini! Jenderal Sudirman, Pemimpin Teladan Bangsa Sudirman adalah seorang tokoh bangsa di masa revolusi yang patut dijadikan teladan. Walau dalam usia perjuangan yang sin...

9

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia