Roboguru

Bacalah teks laporan hasil observasi berikut! Gelombang Laut      Gelombang laut adalah pergerakan naik turunnya air dengan arah tegak lurus permukaan air laut yang membentuk kurva. Gelombang laut disebabkan oleh angin. Angin di atas lautan mentransfer energinya ke perairan. Peristiwa ini menyebabkan riak-riak, alun/bukit, dan berubah menjadi gelombang.      Gelombang laut dapat digolongkan ke dalam beberapa jenis berdasarkan sifatnya. Berdasarkan sifatnya, gelombang laut dapat dibedakan menjadi gelombang laut pembangun dan gelombang laut perusak. Jenis gelombang laut yang pertama adalah gelombang laut akibat angin dan pasang surut. Jenis gelombang yang disebabkan oleh angin dapat menimbulkan energi untuk membentuk pantai, menimbulkan arus, dan memindahkan sedimen dalam arah tegak lurus di sepanjang pantai. Gelombang ini juga menyebabkan gaya-gaya yang bekerja pada bangunan pantai. Gelombang laut akibat angin merupakan faktor utama di dalam penentuan tata letak pelabuhan, alur pelayaran, dan perencanaan bangunan pantai. Gelombang pasang surut merupakan faktor yang penting karena menimbulkan arus cukup kuat, terutama di daerah yang sempit. Selain itu, elevasi muka air pasang dan surut sangat penting untuk merencanakan bangunan-bangunan di pantai. Sebagai contoh. elevasi puncak bangunan pantai ditentukan oleh elevasi muka air pasang untuk mengurangi limpasan air. Sementara itu, kedalaman alur pelayaran dan perairan pelabuhan ditentukan oleh muka air surut. Gelombang besar yang datang ke pantai pada saat air pasang bisa menyebabkan kerusakan pantai sampai jauh ke daratan.     Jenis gelombang laut perusak adalah gelombang laut akibat tsunami. Gelombang ini merupakan gelombang laut dengan ketinggian dan kecepatan rambat yang besar, dan ketika gelombang ini menghantam pantai akan ada banyak volume air yang terkumpul dan mengangkut material pantai ke tengah laut. Tinggi gelombang tsunami bervariasi dari 0.5 m hingga 30 m. Gelombang tsunami terjadi dalam periode dari beberapa menit sampai sekitar satu jam. Tinggi gelombang tsunami dipengaruhi oleh konfigurasi dasar laut. Selama penjalaran dari tengan laut (pusat terbentuknya tsunami) menuju pantai. Sementara itu, tinggi gelombang semakin besar karena pengaruh perubahan kedalaman laut. Di daerah pantai tinggi gelombang tsunami dapat mencapai puluhan meter.      Energi gelombang laut dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik. Negara yang melakukan penelitian dan pengembangan potensi energi samudra untuk menghasilkan listrik yaitu Inggris, Prancis, dan Jepang. Potensi energi samudra yang dapat menghasilkan listrik dapat dibagi ke dalam tiga jenis potensi energi, yaitu energi pasang surut (tidal power), energi gelombang laut (wave energy), dan energi panas laut (ocean thermal energy). (Disadur dari: Widya Prarikesian, Oseanografi. Jakarla, Kencana, 2016) Tentukan gagasan pokok tiap-tiap paragraf dalam teks laporan hasil observasi tersebut!

Pertanyaan

Bacalah teks laporan hasil observasi berikut!


Gelombang Laut 

    Gelombang laut adalah pergerakan naik turunnya air dengan arah tegak lurus permukaan air laut yang membentuk kurva. Gelombang laut disebabkan oleh angin. Angin di atas lautan mentransfer energinya ke perairan. Peristiwa ini menyebabkan riak-riak, alun/bukit, dan berubah menjadi gelombang. 

    Gelombang laut dapat digolongkan ke dalam beberapa jenis berdasarkan sifatnya. Berdasarkan sifatnya, gelombang laut dapat dibedakan menjadi gelombang laut pembangun dan gelombang laut perusak. Jenis gelombang laut yang pertama adalah gelombang laut akibat angin dan pasang surut. Jenis gelombang yang disebabkan oleh angin dapat menimbulkan energi untuk membentuk pantai, menimbulkan arus, dan memindahkan sedimen dalam arah tegak lurus di sepanjang pantai. Gelombang ini juga menyebabkan gaya-gaya yang bekerja pada bangunan pantai. Gelombang laut akibat angin merupakan faktor utama di dalam penentuan tata letak pelabuhan, alur pelayaran, dan perencanaan bangunan pantai. Gelombang pasang surut merupakan faktor yang penting karena menimbulkan arus cukup kuat, terutama di daerah yang sempit. Selain itu, elevasi muka air pasang dan surut sangat penting untuk merencanakan bangunan-bangunan di pantai. Sebagai contoh. elevasi puncak bangunan pantai ditentukan oleh elevasi muka air pasang untuk mengurangi limpasan air. Sementara itu, kedalaman alur pelayaran dan perairan pelabuhan ditentukan oleh muka air surut. Gelombang besar yang datang ke pantai pada saat air pasang bisa menyebabkan kerusakan pantai sampai jauh ke daratan.

    Jenis gelombang laut perusak adalah gelombang laut akibat tsunami. Gelombang ini merupakan gelombang laut dengan ketinggian dan kecepatan rambat yang besar, dan ketika gelombang ini menghantam pantai akan ada banyak volume air yang terkumpul dan mengangkut material pantai ke tengah laut. Tinggi gelombang tsunami bervariasi dari 0.5 m hingga 30 m. Gelombang tsunami terjadi dalam periode dari beberapa menit sampai sekitar satu jam. Tinggi gelombang tsunami dipengaruhi oleh konfigurasi dasar laut. Selama penjalaran dari tengan laut (pusat terbentuknya tsunami) menuju pantai. Sementara itu, tinggi gelombang semakin besar karena pengaruh perubahan kedalaman laut. Di daerah pantai tinggi gelombang tsunami dapat mencapai puluhan meter. 

    Energi gelombang laut dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik. Negara yang melakukan penelitian dan pengembangan potensi energi samudra untuk menghasilkan listrik yaitu Inggris, Prancis, dan Jepang. Potensi energi samudra yang dapat menghasilkan listrik dapat dibagi ke dalam tiga jenis potensi energi, yaitu energi pasang surut (tidal power), energi gelombang laut (wave energy), dan energi panas laut (ocean thermal energy).

(Disadur dari: Widya Prarikesian, Oseanografi. Jakarla, Kencana, 2016)


Tentukan gagasan pokok tiap-tiap paragraf dalam teks laporan hasil observasi tersebut!undefined 
 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Pembahasan Soal:

Gagasan pokok merupakan inti dari isi paragraf. Cara menemukan gagasan pokok pada paragraf adalah dengan mencermati isi teks secara menyeluruh dan menentukan kalimat utama serta kalimat penjelas. Berikut adalah gagasan pokok dari tiap paragraf yang ada di teks laporan hasil observasi tersebut.

  1. Paragraf pertama: Gelombang laut adalah pergerakan naik turunnya air dengan arah tegak lurus permukaan air laut yang membentuk kurva.
  2. Paragraf kedua: Gelombang laut dapat digolongkan ke dalam beberapa jenis berdasarkan sifatnya.
  3. Paragraf ketiga: Jenis gelombang laut perusak adalah gelombang laut akibat tsunami.
  4. Paragraf keempat: Energi gelombang laut dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

W. Wahyuni

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan kalimat rumpang berikut! Paragraf ineratif diawali dengan ..., kemudian diikuti dengan ..., dan diakhiri dengan .... Secara berturut-turut, rumpang pada kalimat di atas seharusnya diisi de...

0

Roboguru

(1) Kota Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar. (2) Alamnya indah dan buminya sangat subur. (3) Di kota itu banyak terdapat lembaga pendidikan, baik lembaga pendidikan menengah maupun lembaga pendid...

0

Roboguru

Bacalah teks laporan hasil observasi berikut! Kemudian, tentukan gagasan pokok tiap-tiap paragraf dalam teks laporan hasil observasi tersebut!

0

Roboguru

Perhatikan hal-hal berikut! Memperjelas kalimat-kalimat utama yang ada di dalam paragraf Pengendali atau pengontrol terhadap permasalahan yang akan dibicarakan Mempersingkat pembahasan suatu hal ...

0

Roboguru

Bacalah paragraf berikut! Keberadaan PKL cukup memusingkan Pemda Kota Malang, dan rupanya belum ada kebijakan dan konsep yang pas dalam menanganinya. Bahkan, banyak yang bermain “kucing-kucingan” ba...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved