Roboguru

Bacalah teks cerpen berikut ini!     Akan tetapi, anak muda yang makin menggila itu belum juga merasa puas. Mereka terus menghardik disertai tamparan, membentak disusul jotosan diselingi sepak terjang. Pengutil itu sempoyongan terhuyung ke sana kemari. Dari mulutnya belepotan darah; terdengar rintihan beruntun, "Ampun, ampun, ampun ..." seolah-olah hanya kata itu yang dikenalnya. Rintihan itu lama-lama bertambah lirih berubah menjadi semacam erangan yang mengeras dan ia pun lalu terjerembap ke tanah, diam tak berkutik ("Gerhana," Muhammad Ali) Nilai moral yang tidak sesuai dengan kearifan bangsa kita adalah . . . .

Pertanyaan

Bacalah teks cerpen berikut ini!


    Akan tetapi, anak muda yang makin menggila itu belum juga merasa puas. Mereka terus menghardik disertai tamparan, membentak disusul jotosan diselingi sepak terjang. Pengutil itu sempoyongan terhuyung ke sana kemari. Dari mulutnya belepotan darah; terdengar rintihan beruntun, "Ampun, ampun, ampun ..." seolah-olah hanya kata itu yang dikenalnya. Rintihan itu lama-lama bertambah lirih berubah menjadi semacam erangan yang mengeras dan ia pun lalu terjerembap ke tanah, diam tak berkutik

("Gerhana," Muhammad Ali)


Nilai moral yang tidak sesuai dengan kearifan bangsa kita adalah . . . .space

  1. main hakim sendirispace

  2. menghukum langsung orang yang bersalahspace

  3. menghakimi orang yang tidak bersalahspace

  4. anak muda yang suka merampokspace

  5. meminta ampun karena bersalahspace

Pembahasan Soal:

Nilai moral adalah nilai yang berhubungan dengan perbuatan baik atau buruk, etika, dan budi pekerti. Penggalan cerpen tersebut menceritakan sekelompok pemuda yang memberikan kekerasan melupakan segala emosinya pada seorang pengutil/pencopet hingga pencopet tersebut tidak berdaya. Oleh karena itu, nilai moral yang tidak sesuai dengan kearifan bangsa adalah tindakan merampok.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 03 Februari 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved