Bacalah teks cerita fabel berikut untuk menjawab soal nomor 8 dan 9! Teks 1 Akhirnya belalang meninggalkan rumah semut yang berada di hutan guna menemukan makanannya namun sama sekali tidak menemukan apapun. Saat belalang hampir mati lantaran kedinginan, akhirnya semut datang menolong dan mengajaknya ke rumah untuk menikmati makanan. Teks 2 Pada suatu ketika di musim panas, ada gerombolan semut yang berjalan dan membawa makanan di atas kepala mereka. Mereka terlihat sangatlah kompak. Pemimpin mereka memberikan aba-aba ketika harus melangkah dan berbelok. Semut-semut tersebut selalu mengikuti petunjuk sang pemimpin hingga tiba di sarangnya di sebuah pohon rindang di tengah hutan.   Persamaan unsur intrinsik dalam kedua teks tersebut adalah ...

Pertanyaan

Bacalah teks cerita fabel berikut untuk menjawab soal nomor 8 dan 9!

Teks 1

Akhirnya belalang meninggalkan rumah semut yang berada di hutan guna menemukan makanannya namun sama sekali tidak menemukan apapun. Saat belalang hampir mati lantaran kedinginan, akhirnya semut datang menolong dan mengajaknya ke rumah untuk menikmati makanan.

Teks 2

Pada suatu ketika di musim panas, ada gerombolan semut yang berjalan dan membawa makanan di atas kepala mereka. Mereka terlihat sangatlah kompak. Pemimpin mereka memberikan aba-aba ketika harus melangkah dan berbelok. Semut-semut tersebut selalu mengikuti petunjuk sang pemimpin hingga tiba di sarangnya di sebuah pohon rindang di tengah hutan.

 

Persamaan unsur intrinsik dalam kedua teks tersebut adalah ...

  1. amanat, waktu

  2. tokoh, latar

  3. tema, amanat

  4. suasana, sudut pandang

  5. perwatakan, alur

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan

Persamaan kedua teks tersebut terletak pada tokoh, yaitu semut dan latar tempat hutan. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

48

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan teks berikut! Bapak itu tertawa lebar, mengangguk-angguk penuh semangat. Dia membuka topinya dan aku mengenali wajah pribumi yang biasa kulihat menjaga pintu kereta api, menarik o...

758

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia