Pertanyaan

Bacalah teks berikut! Penyu adalah hewan sejenis reptilia. Penyu mempunyai tulang dalam dan luar. Di bagian dalam terdapat tulang rangka. Sementara itu, di bagian tubuh luar terdapat tempurung. Tulang-tulang iga penyu menyatu dengan tempurungnya. Tulang pinggul dan bahunya berada di dalam tulang iganya sehingga seluruh tempurung melindungi bagian dalam tubuhnya. Di seluruh dunia terdapat tujuh jenis penyu. Jenis-jenis penyu tersebut yaitu penyu belimbing, penyu hijau, penyu tempayan, penyu sisik, penyu pipih, penyu lekang, dan penyu kemp's ridley . Setiap jenis penyu memiliki tempurung yang berbeda. Penyu dengan tempurung terbesar adalah penyu belimbing. Sementara itu, jenis penyu terkecil adalah penyu kemp's ridley . (Disadur dari: Koen, Setyawan, Seri Binatang Langka Indonesia: Penyu dan Badak , Jakarta, Elex Media Komputindo, 2013) Teks laporan hasil observasi tersebut membahas….

Bacalah teks berikut!


    Penyu adalah hewan sejenis reptilia. Penyu mempunyai tulang dalam dan luar. Di bagian dalam terdapat tulang rangka. Sementara itu, di bagian tubuh luar terdapat tempurung. Tulang-tulang iga penyu menyatu dengan tempurungnya. Tulang pinggul dan bahunya berada di dalam tulang iganya sehingga seluruh tempurung melindungi bagian dalam tubuhnya. 

    Di seluruh dunia terdapat tujuh jenis penyu. Jenis-jenis penyu tersebut yaitu penyu belimbing, penyu hijau, penyu tempayan, penyu sisik, penyu pipih, penyu lekang, dan penyu kemp's ridley. Setiap jenis penyu memiliki tempurung yang berbeda. Penyu dengan tempurung terbesar adalah penyu belimbing. Sementara itu, jenis penyu terkecil adalah penyu kemp's ridley

(Disadur dari: Koen, Setyawan, Seri Binatang Langka Indonesia: Penyu dan Badak, Jakarta, Elex Media Komputindo, 2013)


Teks laporan hasil observasi tersebut membahas…. 

  1. jenis-jenis penyuundefined 

  2. tulang-tulang penyuundefined 

  3. jenis-jenis tempurung penyuundefined 

  4. penyu sebagai hewan reptiliaundefined 

  5. bentuk dan bagian tubuh penyuundefined 

M. Rani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah D.

jawaban yang benar adalah D.undefined 

Pembahasan

Kalimat utama adalah kalimat yang mengandung pokok pikiran atau gagasan utama yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf. Gagasan pokok atau isi teks di atas membahas mengenai penyu sebagai hewan reptilia. Pilihan jawaban A salah karena jenis-jenis penyu hanya mewakili paragraf dua. Pilihan jawaban B salah karena penjelasn tentang tulang-tulang penyu hanya mewakili paragraf pertama.Pilihan jawaban C salah karena jenis tempurung penyu hanya mewakili paragraf kedua. Pilihan jawaban D benar karena mewakili paragraf pertama dan kedua. Pilihan jawaban E salah karena hanya mewakili paragraf pertama. Dengan demikian, jawaban yang benar adalah D.

Kalimat utama adalah kalimat yang mengandung pokok pikiran atau gagasan utama yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf. Gagasan pokok atau isi teks di atas membahas mengenai penyu sebagai hewan reptilia. Pilihan jawaban A salah karena jenis-jenis penyu hanya mewakili paragraf dua. Pilihan jawaban B salah karena penjelasn tentang tulang-tulang penyu hanya mewakili paragraf pertama.Pilihan jawaban C salah karena jenis tempurung penyu hanya mewakili paragraf kedua. Pilihan jawaban D benar karena mewakili paragraf pertama dan kedua. Pilihan jawaban E salah karena hanya mewakili paragraf pertama.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah D.undefined 

3rb+

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Bacalah teks di bawah ini dengan saksama! Wayang adalah seni pertunjukan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia. UNESCO, lembaga yang membawahi kebudayaan dari PBB, pada 7 No...

1rb+

3.3

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia