Roboguru

Bacalah teks berikut!     Penyu adalah hewan sejenis reptilia. Penyu mempunyai tulang dalam dan luar. Di bagian dalam terdapat tulang rangka. Sementara itu, di bagian tubuh luar terdapat tempurung. Tulang-tulang iga penyu menyatu dengan tempurungnya. Tulang pinggul dan bahunya berada di dalam tulang iganya sehingga seluruh tempurung melindungi bagian dalam tubuhnya.      Di seluruh dunia terdapat tujuh jenis penyu. Jenis-jenis penyu tersebut yaitu penyu belimbing, penyu hijau, penyu tempayan, penyu sisik, penyu pipih, penyu lekang, dan penyu kemp's ridley. Setiap jenis penyu memiliki tempurung yang berbeda. Penyu dengan tempurung terbesar adalah penyu belimbing. Sementara itu, jenis penyu terkecil adalah penyu kemp's ridley.  (Disadur dari: Koen, Setyawan, Seri Binatang Langka Indonesia: Penyu dan Badak, Jakarta, Elex Media Komputindo, 2013) Teks laporan hasil observasi tersebut membahas….

Pertanyaan

Bacalah teks berikut!


    Penyu adalah hewan sejenis reptilia. Penyu mempunyai tulang dalam dan luar. Di bagian dalam terdapat tulang rangka. Sementara itu, di bagian tubuh luar terdapat tempurung. Tulang-tulang iga penyu menyatu dengan tempurungnya. Tulang pinggul dan bahunya berada di dalam tulang iganya sehingga seluruh tempurung melindungi bagian dalam tubuhnya. 

    Di seluruh dunia terdapat tujuh jenis penyu. Jenis-jenis penyu tersebut yaitu penyu belimbing, penyu hijau, penyu tempayan, penyu sisik, penyu pipih, penyu lekang, dan penyu kemp's ridley. Setiap jenis penyu memiliki tempurung yang berbeda. Penyu dengan tempurung terbesar adalah penyu belimbing. Sementara itu, jenis penyu terkecil adalah penyu kemp's ridley

(Disadur dari: Koen, Setyawan, Seri Binatang Langka Indonesia: Penyu dan Badak, Jakarta, Elex Media Komputindo, 2013)


Teks laporan hasil observasi tersebut membahas….undefined 

  1. jenis-jenis penyuundefined 

  2. tulang-tulang penyuundefined 

  3. jenis-jenis tempurung penyuundefined 

  4. penyu sebagai hewan reptiliaundefined 

  5. bentuk dan bagian tubuh penyuundefined 

Pembahasan Soal:

Kalimat utama adalah kalimat yang mengandung pokok pikiran atau gagasan utama yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf. Gagasan pokok atau isi teks di atas membahas mengenai penyu sebagai hewan reptilia. Pilihan jawaban A salah karena jenis-jenis penyu hanya mewakili paragraf dua. Pilihan jawaban B salah karena penjelasn tentang tulang-tulang penyu hanya mewakili paragraf pertama.Pilihan jawaban C salah karena jenis tempurung penyu hanya mewakili paragraf kedua. Pilihan jawaban D benar karena mewakili paragraf pertama dan kedua. Pilihan jawaban E salah karena hanya mewakili paragraf pertama.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah D.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Pulungan

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

(1) Kota Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar. (2) Alamnya indah dan buminya sangat subur. (3) Di kota itu banyak terdapat lembaga pendidikan, baik lembaga pendidikan menengah maupun lembaga pendid...

Pembahasan Soal:

Paragraf tersebut membahas kota Yogyakarta yang dikenal sebagai kota pelajar. Di Yogya terdapat banyak lembaga pendidikan. Selain itu, paragraf tersebut juga membicarakan peserta didik di Yogyakarta yang datang dari berbagai kota di Indonesia, bahkan luar negeri. Kalimat dua merupakan kalimat penjelas yang tidak padu karena kalimat tersebut justru membahas keindahan alam Yogyakarta.

0

Roboguru

Telaahlah isi teks laporan hasil observasi tersebut!

Pembahasan Soal:

Menelaah adalah kegiatan mengamati dan mengkaji kesalahan-kesalahan isi, struktur, dan tata bahasa teks. Sedangkan makna menelaah di KBBI adalah mempelajari, menyelidik, mengkaji​, memeriksa, menilik.

Dengan demikian, paragraf di atas jika ditelaah adalah sebagai berikut:

  • Paragraf pertama dari teks Laporan Hasil Observasi Buah Manggis adalah definisi dari buah manggis.
  • Paragraf kedua adalah ciri khas dari pohon dan daun manggis.
  • Paragraf ketiga adalah ciri khusus bunga manggis.
  • Paragraf keempat adalah deskripsi bunga manggis.
  • Paragraf kelima adalah deskripsi buah manggis.
  • Paragraf keenam adalah manfaat buah manggis.
  • Paragraf keenam adalah kandungan buah manggis.space 

1

Roboguru

Gagasan pokok dari teks di atas adalah....

Pembahasan Soal:

Ide pokok atau gagasan pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok ini terdapat dalam kalimat utama. Kalimat utama adalah kalimat yang di dalamnya terdapat ide pokok paragraf. Kalimat utama ini dijelaskan oleh kalimat-kalimat lain dalam paragraf tersebut, yang disebut dengan kalimat penjelas.

Ide pokok paragraf di atas terletak pada kalimat pertama karena kalimat pertama merupakan kalimat utama. Dengan demikian, ide pokok paragraf di atas yaitu wayang adalah seni pertunjukan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space 

0

Roboguru

Tentukan ide pokok tiap paragraf teks laporan hasil observasi tersebut!

Pembahasan Soal:

Ide pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Makanya, nama lain ide pokok adalah gagasan utama. Ide pokok terdapat di kalimat utama dan setiap satu paragraf hanya ada satu ide pokok. Satu hal yang perlu di ingat adalah, kalimat utama ≠ kalimat pertama. Kalimat utama bisa ada di kalimat pertama, bisa pada kalimat terakhir, atau bahkan kalimat pertama dan terakhir.

Dengan demikian, berdasarkan teks laporan observasi di atas, ide pokok tiap paragraf sebagai berikut.

  1. Paragraf pertama: Di Desa Banjarawaru, Kabupaten Bogor, terdapat Saung Wira dengan luas sekitar satu hektare.
  2. Paragraf kedua: Rumah mereka biasa digunakan sebagai tempat kegiatan posyandu dan selalu diikutkan dalam lomba desa.
  3. Paragraf ketiga: Pada umumnya, warga yang menanam TOGA adalah ibu-ibu dengan pengetahuan yang diperoleh secara turun-menurun.
  4. Paragraf keempat: Tujuan menanam TOGA, antara lain untuk memanfaatkan tanaman sebagai obat, pengobatan sendiri, dan keperluan sakit mendadak.space 

0

Roboguru

Isi pokok teks observasi tersebut  adalah ...

Pembahasan Soal:

Isi pokok adalah hal utama dan hal pembentuk cerita dalam sebuah cerita non fiksi/fiksi. Isi pokok sebuah paragraf dapat dilihat pada gagasan pokok yang ada di dalam paragraf. Gagasan pokok terdapat pada kalimat "Jenis-jenis tanaman hias yang terdapat di SMA Sukamulya ini beragam ..". Jadi, isi pokok dalam teks tersebut ialah jenis tanaman hias yang terdapat di SMA Sukamulya.

Jadi, jawaban yang tepat ialah pilihan C.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved