Roboguru

Bacalah teks berikut! Karang Pembentuk Terumbu     Karang pembentuk terumbu merupakan penyusun utama ekosistem terumbu karang. Berdasarkan pada proses terbentuknya, terumbu karang dapat dibagi menjadi tiga macam, yaitU karang tepi (frigging reef), karang penghalang (barrier reef), dan karang cincin (atol). Terumbu karang tepi dan penghalang terbentuk mengelilingi sebuah daratan utama yang relatif besar. Namun, jarak yang terbentuk oleh karang penghalang lebih jauh daripada karang tepi. Karang tepi sangat umum ditemukan di perairan tropis, termasuk di Indonesia. Sementara itu, karang penghalang terbesar di dunia terdapat di Australia, yaitu Great Barrier Reefs. Atol atau karang cincin terbentuk akibat aktivitas pulau vulkanik yang tenggelam sehingga tepian karangnya membentuk lingkaran menyerupai cincin. Atol terbesar di Indonesia dapat ditemui di Sulawesi Selatan, tepatnya di Atol Takabonerate.     Ekosistem terumbu karang merupakan ekosistem unik dan penting yang banyak ditemukan di wilayah tropis. Manfaat ekologis terumbu karang, antara lain sebagai habitat untuk mencari makan, pengasuhan, dan pemijahan bagi hewan-hewan lainnya. Beberapa jenis hewan laut sangat bergantung pada terumbukarangt hewan-hewan tersebut, misalnya hiu, kerapu, lobster, teripang, kerang-kerangan, dan penyu. Fungsi ini menunjukkan bahwa kondisi ekosistem terumbu karang sangat penting untuk menunjang keseimbangan jejaring makanan di laut.    Selain memiliki manfaat ekologis, terumbu karang juga memiliki manfaat ekonomis, baik secara langsung maupun tidak langsung berupa jasa lingkungan. Manfaat ekonomi langsung terumbu karang adalah sebagai bahan baku batu kapur yang dimanfaatkan manusia• untuk bahan bangunan. Sementara itu, manfaat ekononii tidak langsung dari terumbu karang antara lain sebagai wahana wisata bahari. Kedua jenis manfaat ini menyebabkan nilai ekonomi terumbu karang mencapai 395 miliar dolar Amerika per tahun.     Nilai ekonomi terumbu karang yang tinggi menjadi alasan utama ekosistem ini mendapat perhatian yang baik di Indonesia. Terlebih lagi, seiak terbentuknya Coral Triangle Initiative (CTI), Indonesia diketahui sebagai jantung karang dunia. Alasan ini dibuktikan dengan luasan tutupan terumbu karang Indonesia yang mencapai sekitar 2,5 juta hektare dan terdiri atas 569 jenis karang. (Disadur dari: Citra Satrya Dewi, Sukandar, dan Chuldyah J. Harsindhi. Karang dan Ikan Pulau Bawean, Malang, Press. 2018) Ringkaslah dan simpulkan isi teks laporan hasil observasi tersebut!

Pertanyaan

Bacalah teks berikut!


Karang Pembentuk Terumbu

    Karang pembentuk terumbu merupakan penyusun utama ekosistem terumbu karang. Berdasarkan pada proses terbentuknya, terumbu karang dapat dibagi menjadi tiga macam, yaitU karang tepi (frigging reef), karang penghalang (barrier reef), dan karang cincin (atol). Terumbu karang tepi dan penghalang terbentuk mengelilingi sebuah daratan utama yang relatif besar. Namun, jarak yang terbentuk oleh karang penghalang lebih jauh daripada karang tepi. Karang tepi sangat umum ditemukan di perairan tropis, termasuk di Indonesia. Sementara itu, karang penghalang terbesar di dunia terdapat di Australia, yaitu Great Barrier Reefs. Atol atau karang cincin terbentuk akibat aktivitas pulau vulkanik yang tenggelam sehingga tepian karangnya membentuk lingkaran menyerupai cincin. Atol terbesar di Indonesia dapat ditemui di Sulawesi Selatan, tepatnya di Atol Takabonerate.

    Ekosistem terumbu karang merupakan ekosistem unik dan penting yang banyak ditemukan di wilayah tropis. Manfaat ekologis terumbu karang, antara lain sebagai habitat untuk mencari makan, pengasuhan, dan pemijahan bagi hewan-hewan lainnya. Beberapa jenis hewan laut sangat bergantung pada terumbukarangt hewan-hewan tersebut, misalnya hiu, kerapu, lobster, teripang, kerang-kerangan, dan penyu. Fungsi ini menunjukkan bahwa kondisi ekosistem terumbu karang sangat penting untuk menunjang keseimbangan jejaring makanan di laut.

   Selain memiliki manfaat ekologis, terumbu karang juga memiliki manfaat ekonomis, baik secara langsung maupun tidak langsung berupa jasa lingkungan. Manfaat ekonomi langsung terumbu karang adalah sebagai bahan baku batu kapur yang dimanfaatkan manusia• untuk bahan bangunan. Sementara itu, manfaat ekononii tidak langsung dari terumbu karang antara lain sebagai wahana wisata bahari. Kedua jenis manfaat ini menyebabkan nilai ekonomi terumbu karang mencapai 395 miliar dolar Amerika per tahun.

    Nilai ekonomi terumbu karang yang tinggi menjadi alasan utama ekosistem ini mendapat perhatian yang baik di Indonesia. Terlebih lagi, seiak terbentuknya Coral Triangle Initiative (CTI), Indonesia diketahui sebagai jantung karang dunia. Alasan ini dibuktikan dengan luasan tutupan terumbu karang Indonesia yang mencapai sekitar 2,5 juta hektare dan terdiri atas 569 jenis karang.

(Disadur dari: Citra Satrya Dewi, Sukandar, dan Chuldyah J. Harsindhi. Karang dan Ikan Pulau Bawean, Malang, Press. 2018)


Ringkaslah dan simpulkan isi teks laporan hasil observasi tersebut!undefined 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Pembahasan Soal:

Ringkasan

Karang pembentuk terumbu merupakan penyusun utama ekosistem terumbu karang. Berdasarkan proses terbentuknya, terumbu karang dibagi menjadi tiga macam.

Ekosistem terumbu karang merupakan ekosistem unik dan penting yang banyak ditemukan di wilayah tropis. Manfaat ekologis terumbu karang, antara lain sebagai habitat untuk mencari makan, pengasuhan, dan pemijahan bagi hewan-hewan lainnya. Selain memiliki manfaat ekologis, terumbu karang juga memiliki manfaat ekonomis, baik secara langsung maupun tidak langsung berupa jasa lingkungan.

Nilai ekonomi terumbu karang yang tinggi mejadi alasan utama ekosistem ini mendapat perhatian yang baik di Indonesia. Alasan ini dibuktikan dengan luasan tutupan terumbu karang Indonesia yang mencapai sekitar 2,5 juta hektare dan terdiri attas 569 jenis karang.

Simpulan

Karang pembentuk terumbu karang merupakan penyusun utama ekosistem terumbu karang. Ekosistem terumpu karang memiliki manfaat secara ekologis dan manfaat ekonomis. Nilai ekonomi terumbu karang sangat tinggi sehingga mendapat perhatian yang baik di Indonesia.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Pulungan

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kemarin kelas X3 telah melaksanakan ulangan Kimia. Setelah diperiksa guru ternyata ada 10 siswa mendapat nilai 95. Siswa yang mendapat nilai 90 sebanyak 15 orang. Siswa mendapat nilai 85 ada 5 orang. ...

0

Roboguru

Simpulan isi grafik tersebut yang sesuai adalah . . .

0

Roboguru

Bacalah teks berikut!     Terumbu karang adalah ekosistem bawah laut yang terdiri atas sekelompok binatang karang yang membentuk struktur kalsium karbonat, semacam batu kapur. Binatang karang terlih...

0

Roboguru

Stadium Hipertensi Katagori Sistolik (mmHg) Diastolik (mmHg) Normla Tinggi (perbatasan) 130-139 85-89 Stadiu...

0

Roboguru

Hal pertama yang dilakukan dalam menyusun ringkasan adalah ....

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved