Pertanyaan

Bacalah teks berikut dan cermati makna yang ada di dalamnya! Kemudian, jawablahpertanyaan yang ada di bawah teks tersebut! Cerita Rakyat Populer di Indonesia Cerita rakyat adalah kisah yang hidup dalam masyarakat secara turun-temurun. Suku-suku bangsa di Indonesia memiliki banyak cerita rakyat. Di antaracerita-cerita terdapat tiga cerita yang cukuppopular di Indonesia, yakni “MalinKundang”, “Sangkuriang”, dan “Biwar sang Penakluk Naga”. Cerita “Malin Kundang” berasal dari Minangkabau. Cerita ini mengisahkanpengembaraan seorang anak yang ingin sukses dalam kehidupannya. Ketika MalinKundang sudah mencapai prestasi yang tinggi, ia kembali ke desanya. Sayangnya ia tidak mengakui ibunya. Karena durhaka, anak itu dikutuk oleh orang tuanya menjadibatu. Cerita “Sangkuriang” berasal dari Sunda. Cerita ini mengisahkan kehidupanseorang wanita bernama Dayang Sumbi, seorang pemintal kain yang menikah denganseekor anjing yang bernama Tumang. Anjing itu sebenarnya adalah titisan seorangdewa. Dari perkawinan itu lahirlah Sangkuriang yang dalam perjalanan hidupnyamencintai ibunya sendiri. Cerita “Biwar Sang Penakluk Naga” berasal dari Mimika, Papua. Ceritamengisahkan perjuangan seorang ibu yang membesarkan Biwar seorang diri di hutan.Berkat didikannya yang baik, Biwar menjadi seorang pemuda perkasa yang berhasilmengalahkan seekor naga. Cerita-cerita rakyat ini banyak memberi pelajaran kepada kita agar berperilakubaik. Jangan memiliki sifat durhaka seperti Malin Kundang. Jadi, berperilakulah yangbaik seperti perilaku Biwar yang pemberani. (Diolah dari sumber: http://www.lokerseni.web.id/2012/01/cerita-rakyat-kumpulan-cerita-rakyat.html#ixzz2N7aLbUbn ) Ide pokok apa sajakah yang terkandung di dalam bagian-bagian yang menjadistruktur teks “Cerita Rakyat Populer di Indonesia” tersebut?

Bacalah teks berikut dan cermati makna yang ada di dalamnya! Kemudian, jawablah pertanyaan yang ada di bawah teks tersebut!


Cerita Rakyat Populer di Indonesia


    Cerita rakyat adalah kisah yang hidup dalam masyarakat secara turun-temurun. Suku-suku bangsa di Indonesia memiliki banyak cerita rakyat. Di antara cerita-cerita terdapat tiga cerita yang cukup popular di Indonesia, yakni “Malin Kundang”, “Sangkuriang”, dan “Biwar sang Penakluk Naga”.

    Cerita “Malin Kundang” berasal dari Minangkabau. Cerita ini mengisahkan pengembaraan seorang anak yang ingin sukses dalam kehidupannya. Ketika Malin Kundang sudah mencapai prestasi yang tinggi, ia kembali ke desanya. Sayangnya ia  tidak mengakui ibunya. Karena durhaka, anak itu dikutuk oleh orang tuanya menjadi batu.

    Cerita “Sangkuriang” berasal dari Sunda. Cerita ini mengisahkan kehidupan seorang wanita bernama Dayang Sumbi, seorang pemintal kain yang menikah dengan seekor anjing yang bernama Tumang. Anjing itu sebenarnya adalah titisan seorang dewa. Dari perkawinan itu lahirlah Sangkuriang yang dalam perjalanan hidupnya mencintai ibunya sendiri.

    Cerita “Biwar Sang Penakluk Naga” berasal dari Mimika, Papua. Cerita mengisahkan perjuangan seorang ibu yang membesarkan Biwar seorang diri di hutan. Berkat didikannya yang baik, Biwar menjadi seorang pemuda perkasa yang berhasil mengalahkan seekor naga.

    Cerita-cerita rakyat ini banyak memberi pelajaran kepada kita agar berperilaku baik. Jangan memiliki sifat durhaka seperti Malin Kundang. Jadi, berperilakulah yang baik seperti perilaku Biwar yang pemberani.

(Diolah dari sumber: http://www.lokerseni.web.id/2012/01/cerita-rakyat-kumpulan-cerita-rakyat.html#ixzz2N7aLbUbn)


Ide pokok apa sajakah yang terkandung di dalam bagian-bagian yang menjadi struktur teks “Cerita Rakyat Populer di Indonesia” tersebut? 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pembahasan

Ide pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok ini terdapat dalam kalimat utama. Ide pokok paragraf pertama adalah definisi cerita rakyat. Ide pokok paragraf kedua adalah sinopsis cerita rakyat "Malin Kundang" yang berasal dari Minangkabau. Ide pokok paragraf ketiga adalah sinopsis cerita rakyat "Sangkuriang" yang berasal dari Sunda. Ide pokok paragraf keempat adalah sinopsis cerita rakyat “Biwar Sang Penakluk Naga” yang berasal dari Mimika, Papua. Ide pokok paragraf kelima adalah pesan atau amanat yang disampaikan dalam tiga cerita rakyat tersebut. Jadi, ide pokok yang disampaikan dalam teks di atas adalah tentang definisi cerita rakyat, sinopsis tiga cerita rakyat populer di Indonesia, dan pesan atau amanat yang disampaikan dalam tiga cerita rakyat tersebut.

Ide pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok ini terdapat dalam kalimat utama.

Ide pokok paragraf pertama adalah definisi cerita rakyat.
Ide pokok paragraf kedua adalah sinopsis cerita rakyat "Malin Kundang" yang berasal dari Minangkabau.
Ide pokok paragraf ketiga adalah sinopsis cerita rakyat "Sangkuriang" yang berasal dari Sunda.
Ide pokok paragraf keempat adalah sinopsis cerita rakyat “Biwar Sang Penakluk Naga” yang berasal dari Mimika, Papua.
Ide pokok paragraf kelima adalah pesan atau amanat yang disampaikan dalam tiga cerita rakyat tersebut.

Jadi, ide pokok yang disampaikan dalam teks di atas adalah tentang definisi cerita rakyat, sinopsis tiga cerita rakyat populer di Indonesia, dan pesan atau amanat yang disampaikan dalam tiga cerita rakyat tersebut.undefined  
 

815

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Bacalah teks berikut dan cermati makna yang ada di dalamnya! Kemudian, jawablahpertanyaan yang ada di bawah teks tersebut! Cerita Rakyat Populer di Indonesia Cerita rakyat adalah kisah yang ...

172

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia