Roboguru

Apakah bagian deskripsi umum sebagai gambaran umum objek telah disampaikan dengan jelas?

Pertanyaan

Apakah bagian deskripsi umum sebagai gambaran umum objek telah disampaikan dengan jelas?space  

Pembahasan Soal:

Deskripsi umum merupakan bagian dari struktur teks laporan hasil observasi. Deskripsi umum berisi tentang definisi atau keterangan umum tentang subjek yang diamati atau dilaporkan. Informasi tersebut dapat  berupa nama latin, asal usul, kelas, dan informasi tambahan tentang hal yang dilaporkan.


Bagian deskripsi umum sebagai gambaran umum objek pada teks laporan hasil observasi tersebut telah disampaikan dengan jelas.

Bagian deskripsi umum teks laporan hasil observasi tersebut yaitu:

    Lubang resapan biopori adalah lubang yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah. Biopori merupakan metode resapan air untuk mengatasi genangan air dengan eara meningkatkan daya resap air pada tanah. Metode ini dicetuskan oleh DR. Kamir Raziudin Brata, peneliti dari Fakultas Pertanian lnstitut Pertanian Bogor (IPB).

    Peningkatan daya resap air pada tanah dilakukan dengan membuat lubang pada tanah dan menimbunnya dengan sampah organik untuk menghasilkan kompos. Sampah organik yang dimasukkan pada lubang ini kemudian dapat menghidupi hewan yang seterusnya mampu menciptakan pori-pori di dalam tanah. ltulah yang membuat teknologi sederhana ini dinamakan biopori.

Dengan demikian, pada kutipan tersebut telah disebutkan asal usul dan informasi tambahan mengenai lubang resapan biopori, sehingga dapat dikatakan bagian deskripsi umum pada teks tersebut telah disampaikan dengan jelas.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Fathurachman

Mahasiswa/Alumni Universitas Pertamina

Terakhir diupdate 28 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apakah pada bagian deskripsi bagian telah disampaikan secara rinci objek yang diamati?

Pembahasan Soal:

Deskripsi bagian merupakan struktur dari teks laporan hasil observasi. Deskripsi bagian berisi tentang perincian hal-hal yang diamati atau dilaporkan. Perincian tersebut dapat berupa klasifikasi dari berbagai segi dan deskripsi manfaat suatu objek, serta sifat-sifat khusus suatu objek.


Deskripsi bagian pada teks laporan hasil observasi tersebut adalah:

    Dinding lubang biopori akan membentuk lubang-lubang kecil (pori-pori) yang mampu menyerap air. Dengan lubang berdiameter 10 cm dan kedalaman 100 cm akan didapatkan bidang penyerapan sebesar 3.220,13 cm2. Tanpa biopori, area tanah berdiameter 10 cm hanya memiliki luas bidang penyerapan 78 cm persegi.

    Kamir R. Brata telah meneliti biopori sejak ia mengikuti perkuliahan S-2 bidang studi Soil Physics di University of Western Australia mulai tahun 1992. Semula istilah yang dipakai untuk biopori adalah mulsa vertikal. Pada awalnya mulsa vertikal digunakan untuk penyehatan pohon dan tumbuhan lain. Kini metode itu bertambah manfaatnya juga untuk penyerapan air, kesehatan tanah, dan penanganan limbah organik.

    Penelitian tersebut mulai dikenal luas ketika terjadi peristiwa banjir di Jakarta pada tahun 2007. IPB sebagai lembaga pendidikan kemudian menawarkan teknologi itu. Atas saran pihak media massa, mulsa vertikal diubah namanya menjadi biopori supaya mudah diingat. Hal itu disetujui oleh Kamir R. Brata sebagai penemunya.

    Biopori dapat dibuat di sekitar rumah. Kawasan hijau di halaman rumah dapat dilengkapi dengan biopori, bahkan di tempat yang tanahnya tertutup semen. Penerapan 3R (reduce, reuse, dan recycle) di lingkungan rumah dapat dilakukan dengan biopori.

    Biopori memiliki segudang manfaat, yaitu memperluas bidang penyerapan air, sebagai penanganan limbah organik, dan meningkatkan kesehatan tanah. Selain itu, biopori juga bermanfaat sebagai pelengkap taman di berbagai rumah.

    Biopori mampu meningkatkan daya penyerapan tanah terhadap air sehingga risiko terjadinya penggenangan air semakin kecil. Air yang tersimpan ini dapat menjaga kelembaban tanah di musim kemarau.

    Biopori juga dapat mengubah sampah organik menjadi kompos. Sampah organik yang digunakan bisa berasal dari kebun atau taman. Hal ini dapat mengurangi aktivitas pembakaran sampah. Setelah proses pengomposan selesai, komposnya dapat diambil untuk disebarkan ke tanaman. Kemudian biopori dapat diisi dengan sampah organik lainnya. Biopori juga dapat meningkatkan aktivitas mikroorganisme tanah sehingga meningkatkan kesehatan tanah dan tumbuhan sekitar.

Deskripsi bagian pada teks laporan hasil observasi tersebut berisi tentang perincian mengenai lubang resapan biopori yang dicetuskan oleh DR. Kamir Raziudin Brata, peneliti dari Fakultas Pertanian lnstitut Pertanian Bogor (IPB). Pada bagian ini juga dijelaskan secara detail mengenai manfaat lubang resapan biopori.

Dengan demikian, deskripsi bagian pada teks laporan hasil observasi tersebut telah disampaikan secara rinci objek yang diamati. 

0

Roboguru

Analisislah teks tersebut dan tuangkan hasilnya dalam bentuk tabel berlkut ini!

Pembahasan Soal:

Analisis teks laporan hasil observasi dilakukan dari berbagai komponen yang mendukung teks tersebut. Analisis dapat dilakukan mulai dari judul, objek yang dibahas, jenis teks, struktur teks, serta kaidah kebahasaan yang digunakan dalam teks laporan hasil observasi.


Hasil analisis teks laporan hasil observasi berjudul Badak Bercula Satu adalah:

Judul: Badak Bercula Satu


Objek yang dibahas: Badak bercula satu


Jenis teks: Teks laporan hasil observasi nonformal


Struktur: 

  • Definisi umum: Paragraf 1
  • Definisi bagian: Paragraf 2-9
  • Simpulan: Paragraf 10


Istilah khusus: mamalia, cula, mineral, habitat, herbivora, vivipar, berkembang biak, reproduksi, penangkaran, vegetasi, nutrisi


Kata tidak baku: indera


Kalimat fakta: 

Ukuran tubuh badak bercula satu ini berkisar antara 3,1-3,2 meter dan tinggi badan 2 mencapai antara 1,4-1,7 meter.

Badak bercula satu memiliki berat 900-2.300 kg.

Untuk badak betina akan mencapai masa kematangan reproduksi saat usianya mencapai 3-4 tahun.

Sedangkan badak jantan mencapai masa kematangan saat usianya 6 tahun.

Badak betina akan melewati masa kehamilan selama 510-550 hari dan hanya dapat melahirkan seekor bayi badak.

Untuk kehamilan berikutnya badak bercula satu harus menunggu selama 4-6 tahun.

Saat ini tercatat terdapat hanya sekitar 50-60 ekor badak bercula yang tersebar di seluruh dunia.


Kalimat pendapat:

Tuhan memberikan keunikan berikutnya, badak bercula satu ini mempunyai penciuman dan pendengaran yang luar biasa hebat.

Badak bercula satu termasuk dalam binatang yang tenang, tapi bukan berarti kita dapat mendekati semaunya, kita tetap harus berhati-hati.


Kalimat definisi:

Badak bercula satu atau sering disebut badak Jawa ini merupakan jenis binatang mamalia yang langka.

Berkubang di dalam lumpur adalah kebiasaannya untuk menjaga suhu tubuh dan mencegah penyakit akibat parasit pada kulitnya.

Badak ini merupakan hewan herbivora yang hanya memakan tumbuh-tumbuhan.


Kalimat deskripsi:

Bulunya berwarna abu-abu atau abu-abu cokelat membungkus bagian pundak, punggung, dan pantatnya.

Mereka lebih menyukai tumbuhan bagian pucuk, tunas, daun-daun muda, dan juga buah-buah yang jatuh.

Tumbuhan yang menjadi santapan lezatnya adalah tumbuhan yang hidup di daerah pembukaan hutan yang terkena sinar matahari, semak-semak, dan tumbuhan tipe vegetasi lainnya tanpa pohon besar.


Penggunaan kata hubung/ konjungsi:

Meskipun ukurannya kecil namun dia tumbuh dengan sempurna.

Bibir yang dimiliki oleh badak bercula satu ini tampak panjang dan berguna untuk membantunya mengambil makanan atau mangsanya.


Kalimat tidak efektif:

Mereka membuat kubangan dengan culanya terlebih dahulu dengan cara menggalinya.

Selain membuat kubangan, mereka juga menggunakan kubangan yang muncul dengan alami atau bekas dari hewan lainnya.

Kadang-kadang tampak badak bercula satu mengambil atau meminum air laut.

Dengan demikian, teks laporan observasi di atas dapat dianalisis dari segi judul, objek yang dibahas pada teks tersebut, jenis teks laporan observasi apa yang digunakan, kelengkapan struktur teks observasi yang terdiri dari definisi umum, definisi bagian, dan simpulan, serta kaidah kebahasaan yang terdiri dari penggunaan istilah khusus, kata baku/tidak baku, kalimat fakta, kalimat pendapat, kalimat definisi, kalimat deskripsi, kalimat tidak efektif, serta penggunaan konjungsi yang tepat. 

0

Roboguru

Apakah teks tersebut memiliki penutup yang merangkum isi teks?

Pembahasan Soal:

Penutup merupakan struktur dari teks laporan hasil observasi. Bagian penutup berisi ringkasan umum hal yang dilaporkan atau kritik dan saran.


Berdasarkan pemaparan mengenai penutup di atas teks tersebut telah memiliki penutup yang merangkum isi teks.

Penutup pada teks laporan hasil observasi di atas adalah:

    Biopori telah dibuat di berbagai tempat yang rawan banjir, maupun di daerah yang tidak memiliki risiko banjir. Keberadaannya bermanfaat untuk menjaga kandungan air tanah dan kelestarian mata air. Biopori menjadi alternatif penyerapan air hujan di kawasan yang memiliki lahan terbuka sempit.

Penutup tersebut telah merangkum isi teks mengenai manfaat lubang resapan biopori bagi kehidupan.

Dengan demikian, teks laporan hasil observasi tersebut telah memiliki penutup yang merangkum isi teks. 

0

Roboguru

Alasan Galaksi Bimasakti disebut dengan istilah The Milk Way adalah bentuknya ....

Pembahasan Soal:

Teks laporan observasi adalah teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi, setelah diadakannya investigasi atau penelitian secara sistematis.

Tema yang dibahas dalam teks tersebut yaitu pengamatan tentang tata surya. Bagian galaksi Bima Sakti dibahas pada paragraf ketiga. Pada paragraf tersebut menjelaskan bahwa Galaksi Bimasakti disebut dengan istilah The Milk Way karena bentuknya menyerupai tumpahan air susu yang jatuh ke lantai. Hal itu dibuktikan pada kutipan "Salah satu galaksi adalah The Milk Way atau Galaksi Bimasakti. Penamaan tersebut disebabkan bentuk galaksi yang menyerupai tumpahan air susu yang jatuh ke lantai."

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Mengapa "Indahnya Teratai" termasuk teks laporan hasil observasi?

Pembahasan Soal:

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang disusun berdasarkan hasil pengamatan suatu objek, peristiwa, dan sebagainya.

Untuk membedakannya dengan teks lain, teks laporan hasil observasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  • Disusun berdasarkan hasil penelitian
  • Disusun berdasarkan fakta
  • Bersifat objektif
  • Membahas sesuatu secara detail
  • Disusun secara lengkap


Teks di atas yang berjudul "Indahnya Teratai" merupakan teks laporan hasil observasi karena isinya tersusun berdasarkan hasil pengamatan dari objek berupa "tanaman teratai". Dari hasil pemaparannya juga mengandung berbagai macam fakta dan informasi penting terkait tanaman teratai, seperti asal usul nama tanamannya, ciri-ciri tanamannya, keunikannya, jenis-jenisnya,serta manfaatnya. Pemaparan yang ditulis dalam teks tersebut dibahas secara detail dan lengkap. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved