Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah soal dengan teliti, kemudian jawablah soal-soal tersebut dengan mengikuti pentujuk berikut. A. Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat. B. Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat. C. Jika pernyataan pertama benar, sedangkan pernyataan kedua salah. D. Jika pernyataan pertama salah, sedangkan pernyataan kedua benar. E. Jika kedua pernyataan tersebut salah. Keterangan tertulis tentang kapan sistem pemerintahan kerajaan mulai diberlakukan di Lembah Sungai Tiber berhasil didapatkan dari sisa-sisa reruntuhan Forum Romanum. SEBAB Di sisa-sisa reruntuhan itu terdapat catatan-catatan tentang kondisi sosial-politik serta daftar raja yang memerintah setelah Romulus.

Bacalah soal dengan teliti, kemudian jawablah soal-soal tersebut dengan mengikuti pentujuk berikut.

A. Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat.

B. Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat.

C. Jika pernyataan pertama benar, sedangkan pernyataan kedua salah.

D. Jika pernyataan pertama salah, sedangkan pernyataan kedua benar.

E. Jika kedua pernyataan tersebut salah.

Keterangan tertulis tentang kapan sistem pemerintahan kerajaan mulai diberlakukan di Lembah Sungai Tiber berhasil didapatkan dari sisa-sisa reruntuhan Forum Romanum.

SEBAB

Di sisa-sisa reruntuhan itu terdapat catatan-catatan tentang kondisi sosial-politik serta daftar raja yang memerintah setelah Romulus.

  1. Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat.

  2. Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat.

  3. Jika pernyataan pertama benar, sedangkan pernyataan kedua salah.

  4. Jika pernyataan pertama salah, sedangkan pernyataan kedua benar.

  5. Jika kedua pernyataan tersebut salah.

Iklan

S. Salsabilla

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pernyataan pertama salah karena belum ada keterangan tertulis yang menyebutkan kapan komunitas di sekitar lembah Sungai Tiber ini mengembangkan sistem pemerintahan kerajaan. Para ahli menduga bahwa Kerajaan Romawi ini pernah dipimpin oleh tujuh raja selama 243 tahun. Dugaan ini diperkuat dengan adanya legenda Aeneas dan catatan sejarawan Livius, Plutarkhos, dan Dionysius. Pernyataan kedua benar karena catatan-catatan tentang kondisi sosial-politik serta raja-raja yang memerintah setelah Romulus cukup tersedia berkat temuan arkeologis. Temuan arkeologis ini dapat ditemukan di kompleks Forum Romanum (Forum Romawi) serta tradisi-tradisi lisan yang berkembang di tengah masyarakat Romawi.

Pernyataan pertama salah karena belum ada keterangan tertulis yang menyebutkan kapan komunitas di sekitar lembah Sungai Tiber ini mengembangkan sistem pemerintahan kerajaan. Para ahli menduga bahwa Kerajaan Romawi ini pernah dipimpin oleh tujuh raja selama 243 tahun. Dugaan ini diperkuat dengan adanya legenda Aeneas dan catatan sejarawan Livius, Plutarkhos, dan Dionysius.

Pernyataan kedua benar karena catatan-catatan tentang kondisi sosial-politik serta raja-raja yang memerintah setelah Romulus cukup tersedia berkat temuan arkeologis. Temuan arkeologis ini dapat ditemukan di kompleks Forum Romanum (Forum Romawi) serta tradisi-tradisi lisan yang berkembang di tengah masyarakat Romawi.

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

44

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Seccessio pada tahun 287 SM yang kemudian memaksa Senat mengangkat Quintus Hortensius sebagai diktator dilatarbelakanggi rasa frustasi golongan pleb yang sangat mendasar yaitu . . . .

5

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia