Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah paragraf berikut dengan saksama. Telinga merupakan salah satu bagian tubuh yang harus benar-benar dijaga kebersihannya. Kotoran yang dibiarkan menumpuk di telinga dapat memengaruhi kualitas pendengaran seseorang. Selain itu, jika kotoran di telinga tidak segera dibersihkan, kotoran tersebut akan menjadi keras dan menimbulkan rasa sakit. Gagasan utama paragraf tersebut adalah ...

Bacalah paragraf berikut dengan saksama.


    Telinga merupakan salah satu bagian tubuh yang harus benar-benar dijaga kebersihannya. Kotoran yang dibiarkan menumpuk di telinga dapat memengaruhi kualitas pendengaran seseorang. Selain itu, jika kotoran di telinga tidak segera dibersihkan, kotoran tersebut akan menjadi keras dan menimbulkan rasa sakit.


Gagasan utama paragraf tersebut adalah ...

  1. Kebersihan telinga harus benar-benar dijaga.undefined

  2. Jangan biarkan kotoran menumpuk di telinga.undefined

  3. Kotoran di telinga bisa menimbulkan rasa sakit.undefined

  4. Telinga merupakan organ tubuh yang amat penting.undefined

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan A.

jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Teks eksposisi adalah karangan berisi pengetahuan dan informasi yang disajikan secara singkat, padat, jelas, dan disertai pendapat (argumenta) penulisnya. Gagasan pokok atau gagasan utama dalam teks eksposisi adalah gagasan yang menjadi dasar pengembangan suatu paragraf. Ada beberapa jenis pola pengembangan suatu paragraf dalam teks eksposisi yaitu: a. Pola Paragraf Umum-Khusus (Deduktif) Paragraf ini dikembangkan dengan memosisikan gagasan utama pada kalimat utama yang terletak di awal paragraf, kemudian diikuti beberapa gagasan penjelas (kalimat penjelas). b. Paragraf Khusus-Umum (lnduktif) Paragraf ini dikembangkan dengan cara menguraikan data empiris berupa fakta, bukti, atau alasan sebagai gagasan penjelas pada awal paragraf dan diakhiri kesimpulan berisi gagasan utama pada bagian akhir. c. Paragraf Campuran Paragraf ini dikembangkan dengan memosisikan gagasan utama pada kalimat utama di awal paragraf yang diikuti dengan beberapa gagasan penjelas (kalimat penjelas), kemudian gagasan utama ditegaskan kembali pada akhir paragraf. Paragraf diatas dikembangkan dengan Pola Paragraf Umum-Khusus (Deduktif), sehingga gagasan utama terletak di awal kalimat. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

Teks eksposisi adalah karangan berisi pengetahuan dan informasi yang disajikan secara singkat, padat, jelas, dan disertai pendapat (argumenta) penulisnya.

Gagasan pokok atau gagasan utama dalam teks eksposisi adalah gagasan yang menjadi dasar pengembangan suatu paragraf. Ada beberapa jenis pola pengembangan suatu paragraf dalam teks eksposisi yaitu:


a. Pola Paragraf Umum-Khusus (Deduktif)
Paragraf ini dikembangkan dengan memosisikan gagasan utama pada kalimat utama yang terletak di awal paragraf, kemudian diikuti beberapa gagasan penjelas (kalimat penjelas).

b. Paragraf Khusus-Umum (lnduktif)
Paragraf ini dikembangkan dengan cara menguraikan data empiris berupa fakta, bukti, atau alasan sebagai gagasan penjelas pada awal paragraf dan diakhiri kesimpulan berisi gagasan utama pada bagian akhir.

c. Paragraf Campuran
Paragraf ini dikembangkan dengan memosisikan gagasan utama pada kalimat utama di awal paragraf yang diikuti dengan beberapa gagasan penjelas (kalimat penjelas), kemudian gagasan utama ditegaskan kembali pada akhir paragraf.


Paragraf diatas dikembangkan dengan Pola Paragraf Umum-Khusus (Deduktif), sehingga gagasan utama terletak di awal kalimat.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

fredy rey

Pembahasan lengkap banget

GINA Novianti

Makasih ❤️

Heilin Alyn

Ini yang aku cari! Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kalimat utama pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat ....

4

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia