Pertanyaan

Bacalah paragraf berikut dengan saksama! Kebutuhan kornea donor di Indonesia sangat tinggi, tetapi kesadaran masyarakat untuk mendonorkan kornea rendah. Sumbangan kornea donor dari sejumlah negara belum mampu memenuhi permintaan yang ada. Akibatnya, antrean warga yang ingin mendapat kornea donor kian panjang. Manajer Laboraturium BMI (Bank Mata Indonesia) menuturkan ada sekitar delapan puluh orang masuk daftar antrean. Di BMI cabang DKI ada sekitar seribu orang yang antre. Antrean panjang itu tidak sebanding dengan kornea donor yang diperoleh BMI. Ide pokok paragraf tersebut adalah....

Bacalah paragraf berikut dengan saksama!

Kebutuhan kornea donor di Indonesia sangat tinggi, tetapi kesadaran masyarakat untuk mendonorkan kornea rendah. Sumbangan kornea donor dari sejumlah negara belum mampu memenuhi permintaan yang ada. Akibatnya, antrean warga yang ingin mendapat kornea donor kian panjang. Manajer Laboraturium BMI (Bank Mata Indonesia) menuturkan ada sekitar delapan puluh orang masuk daftar antrean. Di BMI cabang DKI ada sekitar seribu orang yang antre. Antrean panjang itu tidak sebanding dengan kornea donor yang diperoleh BMI.

Ide pokok paragraf tersebut adalah....

  1. kebutuhan kornea donor di Indonesia

  2. rendahnya kesadaran masyarakat

  3. antrean donor kian panjang

  4. perolehan kornea donor dari PMI

  5. rendahnya kesadaran mendonorkan kornea

R. Indriani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan A.

jawaban yang tepat adalah pilihan A.

Pembahasan

Ide pokok adalah ide atau gagasan yang menjadi pengembangan paragraf. Paragraf di atas merupakan jenis paragraf deduktif yang memiliki ide pokok di awal paragraf. Jadi, Ide pokok paragraf tersebut adalah kebutuhan kornea donor di Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat pada kalimat pertama, yaitu ”Kebutuhan kornea donor di Indonesia sangat tinggi, tetapi kesadaran masyarakat untuk mendonorkan kornea rendah.” Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

Ide pokok adalah ide atau gagasan yang menjadi pengembangan paragraf. Paragraf di atas merupakan jenis paragraf deduktif yang memiliki ide pokok di awal paragraf. Jadi, Ide pokok paragraf tersebut adalah kebutuhan kornea donor di Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat pada kalimat pertama, yaitu ”Kebutuhan kornea donor di Indonesia sangat tinggi, tetapi kesadaran masyarakat untuk mendonorkan kornea rendah.” 

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

382

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan teks berikut ini! Pada dasarnya program keselamatan kerja akan berhasil bila dilaksanakan secara terpadu dan berkelanjutan. Pendidikan dan pembinaan tentang keselamatan kerja dap...

65

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia