Pertanyaan

Bacalah paragraf berikut. Ada anggapan bahwa faktor sosial dan lingkungan adalah faktor yang lebih penting dalam menentukan kecerdasan seorang anak. Artinya, anak-anak yang kekurangan gizi bisa mengejar perkembangan mentalnya jika hidup dalam sosial dan lingkungan yang baik. Namun, secara teoritis, sebenarnya faktor sosial dan lingkungan ini berperan kecil jika kekurangan gizi terjadi pada masa pesat tumbuh ( growth spurt ) otakkarena kekurangan yang terjadi pada masa tersebut bersifat irreversible (tidak dapat pulih). Kalimat utama paragraf tersebut adalah…

Bacalah paragraf berikut.
        Ada anggapan bahwa faktor sosial dan lingkungan adalah faktor yang lebih penting dalam menentukan kecerdasan seorang anak. Artinya, anak-anak yang kekurangan gizi bisa mengejar perkembangan mentalnya jika hidup dalam sosial dan lingkungan yang baik. Namun, secara teoritis, sebenarnya faktor sosial dan lingkungan ini berperan kecil jika kekurangan gizi terjadi pada masa pesat tumbuh (growth spurt) otak karena kekurangan yang terjadi pada masa tersebut bersifat irreversible (tidak dapat pulih).

 

Kalimat utama paragraf tersebut adalah…

  1. Faktor lingkungan dan sosial adalah faktor terpenting dalam perkembangan anak.

  2. Kekurangan gizi pada masa pesat tumbuh otak bersifat tidak dapat pulih.

  3. Faktor sosial dan lingkungan berperan kecil dalam perkembangan otak anak.

  4. Kekurangan gizi tidak memengaruhi perkembangan otak anak selama faktor sosial dan lingkungannya baik.

  5. Peran faktor gizi lebih utama dalam perkembangan otak anak.
     

I. Amalia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan E.

jawaban yang tepat adalah pilihan E.

Pembahasan

Gagasan utama adalah inti paragraf atau gagasan yang mewakili seluruh kalimat dalam paragraf tersebut. Gagasan utama berisi informasi yang paling penting yang ingin disampaikan penulis dalam paragrafnya. Adapun informasi yang paling utama yang ingin disampaikan penulis dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat akhir, yakni Peran faktor gizi lebih utama dalam perkembangan otak anak . Hal ini karena di awal paragraf penulis menjelaskan faktor sosial dan lingkungan bagi perkembangan otak anak dan kemudian di akhir paragraf pernyataan tersebut ditentang dengan penggunaan konjungsi namun yang artinya, di sanalah inti pembahasannya. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah pilihan E.

Gagasan utama adalah inti paragraf atau gagasan yang mewakili seluruh kalimat dalam paragraf tersebut. Gagasan utama berisi informasi yang paling penting yang ingin disampaikan penulis dalam paragrafnya. Adapun informasi yang paling utama yang ingin disampaikan penulis dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat akhir, yakni Peran faktor gizi lebih utama dalam perkembangan otak anak. Hal ini karena di awal paragraf penulis menjelaskan faktor sosial dan lingkungan bagi perkembangan otak anak dan kemudian di akhir paragraf pernyataan tersebut ditentang dengan penggunaan konjungsi namun yang artinya, di sanalah inti pembahasannya. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah pilihan E.

12

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan paragraf berikut ini! Demi mengikuti Ujian Nasional, para siswa SD di Desa Sabura, Kecamatan Lembang Pinrang, Sulawesi Selatan, harus berjuang. Mereka harus berjalan kaki sepanjang tujuh...

13

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia