Roboguru
SD

Bacalah kutipan teks ulasan berikut!   “Perahu Kertas” adalah film yang mengisahkan dua anak muda, yaitu Kugy dan Keenan. Film ini menarik karena mengangkat tema yang digemari oleh masyarakat, yaitu persahabatan. Setiap karakter yang dihadirkan dalam cerita dapat diperankan dengan cukup baik. Sisi lain dari film ini masih terbagi menjadi beberapa season. Film pertama belumlah akhir dari cerita sehingga penonton harus menunggu film berikutnya rilis. Konflik yang disajikan memang terlalu kompleks sehingga memecah konsentrasi dan perhatian penonton. Di akhir film kurang diperjelas alurnya sehingga membuat bingung dan menimbulkan rasa penasaran.    Kutipan teks tersebut merupaka struktur ulasan...​

Pertanyaan

Bacalah kutipan teks ulasan berikut!


 

“Perahu Kertas” adalah film yang mengisahkan dua anak muda, yaitu Kugy dan Keenan. Film ini menarik karena mengangkat tema yang digemari oleh masyarakat, yaitu persahabatan. Setiap karakter yang dihadirkan dalam cerita dapat diperankan dengan cukup baik. Sisi lain dari film ini masih terbagi menjadi beberapa season. Film pertama belumlah akhir dari cerita sehingga penonton harus menunggu film berikutnya rilis. Konflik yang disajikan memang terlalu kompleks sehingga memecah konsentrasi dan perhatian penonton. Di akhir film kurang diperjelas alurnya sehingga membuat bingung dan menimbulkan rasa penasaran. 


 

Kutipan teks tersebut merupaka struktur ulasan...blank subscript blank 

  1. Evaluasiblank subscript blank 

  2. Analisisblank subscript blank 

  3. Sinopsisblank subscript blank 

  4. Orientasiblank subscript blank 

A. Salim

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pelita Harapan

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang paling tepat adalah B.undefined 

Pembahasan

Struktur teks ulasan merupakan susunan yang membangun sebuah teks ulasan sehingga menjadi suatu teks yang utuh. struktur teks ulasan terdiri atas:

  1. orientasi, yaitu bagian pertama yang menjelaskan gambaran umum sebuah karya yang diulas. bagian ini memberikan penjelasan kepada pembaca tentang apa yang akan diulas.
  2. sinopsis, yaitu bagian yang berisi penjelasan detail mengenai sebuah karya yang diulas, misalnya berisi tentang bagian-bagian suatu karya, keunikan, keunggulan, kualitas, dan sebagainya.
  3. analisis, yaitu bagian yang berisi pandangan dari pengulas mengenai hasil karya yang diulas. pada bagian ini, pengulas menyebutkan kelebihan dan kekurangan dari karya tersebut.
  4. evaluasi, yaitu bagian yang berisi kesimpulan dari ulasan terhadap karya. bagian ini memuat komentar penulis apakah hasil karya tersebut berkualitas atau tidak untuk ditonton. 

Berdasarkan penjelasan di atas, struktur teks ulasan dalam teks tersebut adalah analisis karena berisi kelebihan dan kekurangan dari karya yang diulas. 

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah B.undefined 

531

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan Teks ulasan berikut!  Judul: Ayah Penulis: Andrea Hirata Penerbit: Bentang Pustaka Tahun terbit: Mei 2016 Jumlah halaman: 432 halaman     Novel Ayah menceritakan betapa besarnya kasih seo...

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia