Roboguru

Bacalah kutipan teks editorial berikut! Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan masih mengguyur provinsi Lampung pada bulan Februari ini. Kondisi ini membuat sejumlah wilayah berpotensi banjir termasuk sejumlah wilayah di kota Bandar Lampung. Salah satu penyebab banjir di Kota Tapis Berseri adalah drainase yang tidak berfungsi optimal sehingga aliran air tersendat dan tidak mengalir lancar. Bahkan lumpur tanah serta sampah pun masih terlihat di drainase yang bisa menyumbat air. Apabila hujan turun dengan deras, drainase yang ada tidak mampu menampung debit air yang meningkat drastis. Jika drainase tersebut sempit, bisa mengakibatkan meluapnya air dengan cepat. (Disadur dari: https://www.lampost.co/berita-drainase-dan-banjir.html, diunduh 11 Maret 2020)    Tentukan kata-kata populer dalam kutipan teks tersebut!

Pertanyaan

Bacalah kutipan teks editorial berikut!

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan masih mengguyur provinsi Lampung pada bulan Februari ini. Kondisi ini membuat sejumlah wilayah berpotensi banjir termasuk sejumlah wilayah di kota Bandar Lampung. Salah satu penyebab banjir di Kota Tapis Berseri adalah drainase yang tidak berfungsi optimal sehingga aliran air tersendat dan tidak mengalir lancar. Bahkan lumpur tanah serta sampah pun masih terlihat di drainase yang bisa menyumbat air. Apabila hujan turun dengan deras, drainase yang ada tidak mampu menampung debit air yang meningkat drastis. Jika drainase tersebut sempit, bisa mengakibatkan meluapnya air dengan cepat.

(Disadur dari: https://www.lampost.co/berita-drainase-dan-banjir.html, diunduh 11 Maret 2020)undefined 

 

Tentukan kata-kata populer dalam kutipan teks tersebut!

 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Teks editorial atau tajuk rencana merupakan artikel utama yang ditulis oleh redaktur koran berupa pandangan redaksi terhadap suatu peristiwa (berita) yang aktual, fenomenal, dan kontroversial.

Kaidah kebahasaan yang dimiliki teks editorial, yaitu kalimat retoris, kata penunjuk, kata populer, dan konjungsi kausalitas.

Kata populer merupakan salah satu kaidah kebahasaan dalam teks editorial. Penggunaan kata-kata populer bertujuan untuk memudahkan pembaca mernahami isi teks editorial. Tujuan pemakaian kata-kata populer adalah agar pembaca merasa relaks meskipun membaca masalah yang serius dipenuhi dengan tanggapan kritis. Teks editorial tersebut berbicara mengenai banjir di Provinsi Lampung, maka kata populer yang ada tidak jauh dari hujan, penyumbatan, dan drainase.

Kata populer yang ditemukan dapat dirinci sebagai berikut.

  1. Kata mengguyur, istilah untuk hujan turun
  2. Kata tersendat, istilah air yang tidak lancar
  3. Kata menyumbat, istilah drainase yang tidak lancar
  4. Kata menampung, untuk menjelaskan bagaimana mewadahi debit air
  5. Kata sempit, untuk menjelaskan drainase yang tidak luas
  6. Kata meluap, istilah air yang tidak bisa tertampung dalam drainase

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kata-kata populer dalam teks di atas di antaranya: mengguyur, tersendat, menyumbat, menampung, sempit, meluap.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 20 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pidato yang menunjukkan pengenalan terhadap masalah analisis dan evaluasi yang tajam merupakan basis yang kuat bagi tindakan yang seharusnya dilakukan. Angka merah pada rapor anak, misalnya, akan menj...

Pembahasan Soal:

Tujuan teks di atas adalah untuk mencari tindakan lanjut dari sebuah analisis dan evaluasi yang tajam. Misalnya berkaitan dengan nilai merah pada rapor, tentu saja para orang tua menghendaki adanya perbaikan jika itu muncul pada tengah tahun dan sanksi bila muncul pada akhir tahun. Dengan demikian, tulisan di atas berpihak kepada masyarakat sebagai pihak yang paling berkepentingan untuk menerima tindakan lanjutan dari evaluasi dan analisis yang tajam. Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Temukan kata populer dan kajian yang terdapat dalam paragraf tersebut!

Pembahasan Soal:

Kata kajian adalah kata yang maknanya hanya terbatas pada suatu bidang tertentu sehingga bersifat lebih spesifik daripada kata populer. Adapun kata populer merupaklan kata yang secara umum dipahami oleh masyarakat dari sebuah kata kajian. Dapat dikatakan, baik kata kajian maupun kata populer saling bersinonim satu sama lain.

Kata populer pada teks di atas adalah:

  • Berkunjung : kunjungan (kata kajian: visit)
  • Disepakati : setuju (kata kajian: mufakat)
  • Karyawan : pegawai (kata kajian: buruh)

Kata kajian pada teks di atas adalah:

  • Alumni : tamatan atau lulusan dari.
  • Ekstrakurikuler : berada di luar program yang tertulis di dalam kurikulum, seperti latihan kepemimpinan dan pembinaan siswa
  • Kompos : pupuk hijau
  • Rapat : musyawarah
  • Agenda : acara
  • Terbersit : terharu
  • Motivasi : dorongan untuk lebih semangatspace 

0

Roboguru

Ingat, Buton Raya belum terbentuk. Jangan sampai gondok - gontokan ini justru hanya akan menghambat pemekaran. Padahal, masyarakat sudah lama memimpikannya. Tidak penting siapa pelakunya. Toh, pada ak...

Pembahasan Soal:

Kosakata percakapan merupakan kata-kata tertentu atau khusus yang terkandung dalam sebuah percakapan. Kosakata yang terdapat dalam cuplikan teks di atas terdapat pada kalimat kelima, yakni kata toh. Kata tersebut biasa terdapat pada kalimat percakapan. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah e.

0

Roboguru

Perhatikan kalimat di bawah ini! Sudah satu minggu ini, kakakku selalu menjemputku di sekolah. Aku merasa bahagia dan merasa dekat dengannya. Karena, sudah satu tahun terakhir kakakku tinggal di Sura...

Pembahasan Soal:

Kata bercetak miring tersebut termauk jenis kata adverbia frekuentatif. Adverbia frekuentatif merupakan kata keterangan yang menggambarkan tingkat frekuensi terjadinya sesuatu yang diterangkan.

0

Roboguru

Jelaskan yang dimaksud kalimat retorik!

Pembahasan Soal:

Kalimat retorik adalah sebuah kalimat tanya yang ditujukan bukan untuk menanyakan sesuatu. Pertanyaan ini hanya berbentuk pernyataan yang tidak butuh respon atau jawaban dari orang yang dikenai pertanyaan retorik ini. Adapun tujuan atau isi kalimat retorik ini adalah untuk memberikan semangat, motivasi, penegasan, kritik, ataupun gagasan. Biasanya kalimat ini digunakan saat orasi maupun pidato.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved