Roboguru

Pertanyaan

Bacalah kutipan teks cerita sejarah berikut!
 

     Pada suatu hari ketika ia sedang berdinas di salah satu desa tak jauh dari Kota Demak, ia telah melihat satu pemandangan yang merobek-robek rasa kemanusiaannya.
    Bertepatan waktu dengan itu, kebetulan Kanjeng Bupati bersama asisten residen sedang melaksanakan inspeksi ke desa-desa. Kedua pembesar itu naik kudanya masing-masing. Sedang di belakangnya beberapa lurah dan pengawal pangreh praja lainnya mengikuti perjalanan pembesarnya yang berkuda itu. Barang tentu lurah-lurah dan pegawai yang mengiringi terpaksa berlari-lari kecil.
    Aneh, pikir Dokter Cipto. Begitu dihina pejabat-pejabat pangreh praja itu oleh asisten residen Belanda dan oleh Kanjeng Bupati berkebangsaan pribumi itu. Namun, tak sedikit pun tertampak wajah para hamba kolonial yang muram atau sedih. Sebelumnya mereka memang sudah dipesan oleh Kanjeng Patih supaya selalu menunjukkan rasa senang dan bahagia di hadapan Kanjeng Residen dan Kanjeng Bupati apa pun yang terjadi.undefined 


Sudut pandang yang ditunjukkan dalam kutipan teks di atas adalah ....undefined 

  1. orang pertama pelaku utamaundefined 

  2. orang pertama pelaku sampinganundefined 

  3. orang pertama serba tahuundefined 

  4. orang keduaundefined 

  5. orang ketigaundefined 

A. Rizkyamsi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan

Sudut pandang adalah cara atau pandangan yang digunakan pengarang untuk menyajikan tokoh, tindakan, latar, dan berbagai peristiwa yang membentuk cerita. Teks cerita sejarah biasanya menggunakan sudut pandang orang ketiga. Dengan sudut pandang tersebut, pengarang menyebut tokoh-tokoh dengan sebutan nama atau kata gantinya, seperti ia, dia, dan mereka. Sudut pandang yang digunakan kutipan teks di atas adalah sudut pandang orang ketiga. Hal itu ditandai dengan adanya penyebutan nama serta kata ganti orang ketiga.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

49

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Bacalah kutipan teks cerita sejarah berikut!     Dokter Cipto Mangunkusumo harus menunaikan tugasnya menjadi dokter pemerintah sampai selesai ikatan dinasnya. Ia merasa tidak sabar karena keinginann...

166

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia