Roboguru

Bacalah kutipan teks berikut!   Kutipan Teks I Acara kesenangan ayahnya adalah ceramah agama. Hirata, Andrea. 2015. Ayah. Yogyakarta: Bentang Pustaka. Kutipan Teks II Suasana salat Jumat di masjid ini tak dapat dilukiskan dengan kata-kata. Hirata, Andrea. 2015. Ayah. Yogyakarta: Bentang Pustaka. Pernyataan berikut yang benar mengenai nilai agama dalam Teks I dan Teks II adalah ...

Pertanyaan

Bacalah kutipan teks berikut!
 

Kutipan Teks I

Acara kesenangan ayahnya adalah ceramah agama.

Hirata, Andrea. 2015. Ayah. Yogyakarta: Bentang Pustaka.


Kutipan Teks II

Suasana salat Jumat di masjid ini tak dapat dilukiskan dengan kata-kata.

Hirata, Andrea. 2015. Ayah. Yogyakarta: Bentang Pustaka.


Pernyataan berikut yang benar mengenai nilai agama dalam Teks I dan Teks II adalah ...

  1. Teks I mengandung tidak mengandung nilai agama, sedangkan Teks II mengandung nilai agama berupa beribadah.

  2. Teks I dan Teks II mengandung nilai agama yang sama, yaitu menjalankan perintah Tuhan.

  3. Teks I dan Teks II tidak mengandung nilai agama karena di dalam teks tidak disebutkan secara rinci mengenai nilai agama tertentu.

  4. Nilai agama dalam kutipan I adalah mendengarkan ceramah agama, sedangkan dalam kutipan II adalah beribadah.

  5. Nilai agama dalam Teks I adalah mendengarkan ceramah agama, sedangkan dalam Teks II adalah mendengarkan khutbah Jumat.

Pembahasan Soal:

Nilai agama (religius) adalah nilai yang berhubungan dengan sikap agamis yang ditunjukkan dengan perilaku tokoh. Nilai agama yang terkandung dalam Teks I adalah mendengarkan ceramah agama, sedangkan nilai agama yang terkandung dalam Teks II adalah beribadah (tampak dari frasa suasana salat Jumat di masjid ini).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Rizkyamsi

Terakhir diupdate 03 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bacalah kutipan novel berikut!   Kemudian Pak Balam membuka matanya dan memandang mecari muka Wak Katok. Ketika pandangan mereka bertautan, Pak Balam berkata kepada Wak Katok, “Akuilah dosa-dosamu Wa...

Pembahasan Soal:

Nilai agama adalah nilai yang berhubungan dengan prinsip kepercayaan kepada Tuhan. Nilai agama yang terdapat dalam teks tersebut adalah melakukan tobat dengan meminta ampunan atas dosa-dosa. Pernyataan tersebut diperjelas dengan kalimat, “Akuilah dosa-dosamu Wak Katok, dan sujudlah ke hadirat Tuhan.”

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

0

Roboguru

Bacalah kutipan novel berikut!   ... Lalu pontang-panting berlari ke masjid agar tak terlambat dan dimarahi guru mengaji. Hirata, Andrea. 2015. Ayah. Yogyakarta: Bentang Pustaka.   Unsur ekstrinsik...

Pembahasan Soal:

Kutipan novel di atas mengandung nilai agama, yaitu nilai yang berhubungan dengan sikap agamis yang ditunjukkan dengan perilaku tokoh. Kutipan novel di atas memperlihatkan bahwa tokoh hendak ke masjid untuk mengaji. Masjid dan mengaji merupakan hal yang berhubungan dengan agama.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Bacalah kutipan novel berikut!   Gelisah hampir putus asa ke sana kemari anak kecil itu menawarkan diri, tetapi pintu tertutup untuknya. Dalam kekecewaan yang dalam, dia berdoa dan terkabul. Di dindi...

Pembahasan Soal:

Nilai agama (religius) adalah nilai yang berhubungan dengan sikap agamis yang ditunjukkan dengan perilaku tokoh. Kutipan novel di atas mengisahkan bahwa tokoh yang sedang gelisah dan hampir putus asa akhirnya berdoa. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa nilai agama yang terkandung dalam kutipan novel di atas adalah berdoa.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Jenis alur yang digunakan dalam novel Ayah karya Andrea Hirata adalah ....

Pembahasan Soal:

Alur adalah jalan cerita yang mempunyai hubungan sebab-akibat. Terdapat tiga jenis alur, yaitu alur maju (konvensional), alur mundur (sorot balik), dan alur campuran. Alur yang digunakan dalam novel Ayah karya Andrea Hirata adalah alur campuran. Dengan alur ini, cerita dalam novel meloncat-loncat antara masa lalu dan masa kini sebagaimana cerita yang terdapat dalam novel Ayah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Perhatikan kutipan novel berikut!   Teks I Tercenung Markoni di warung kopi. Hirata, Andrea. 2015. Ayah. Yogyakarta: Bentang Pustaka.   Teks II Tahu-tahu dia punya pekerjaan usai jam sekolah, ya...

Pembahasan Soal:

Latar atau setting merujuk pada tempat, waktu, dan suasana atau kondisi lingkungan tempat terjadinya peristiwa-peristiwa dalam sebuah cerita. Latar yang ditunjukkan dalam kedua kutipan teks di atas adalah latar tempat, yaitu lokasi terjadinya peristiwa yang diceritakan dalam sebuah novel. Latar tempat pada Teks I adalah warung kopi, sedangkan latar tempat pada Teks II adalah Pasar Belantik.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved