Roboguru

Bacalah kutipan teks berikut dengan saksama.      Pada umumnya, tumbuhan menyerap zat hara dari tanah untuk hidup. Namun, ada jenis tumbuhan yang berbeda dengan jenis tumbuhan pada umumnya, yaitu kantong semar. Tumbuhan jenis ini tidak menyerap nutrisi dari tanah, melainkan dari hewan yang dimangsanya. Tanaman kantung semar menjadi karnivora karena tuntutan lingkungan yang kurang fosfor dan nitrogen. Tanaman karnivora sering hidup dalam lingkungan yang kurang gizi sehingga kemampuan untuk menjebak dan mencerna hewan bisa sangat diperlukan, mengingat adanya kelangkaan sumber makanan layaknya jenis tumbuhan lain.     Tanaman karnivora mengubah protein yang awalnya dipakai untuk menangkal penyakit menjadi enzim yang dapat membantu mencerna serangga yang terperangkap. Dua enzim yang digunakan, yaitu kitinase yang dapat memecah rangka keras serangga dan asam fosfatase yang membuat tanaman karnivora menyerap fosfor dari mangsa. Peneliti juga menemukan bahwa kantong semar memiliki mekanisme biologis untuk mencerna serangga. Kantong semar menangkupkan daun dan memiliki daun berlapis lilin di bagian dalam. Dengan daun, tanaman ini menjebak mangsa. Selain itu, tanaman ini mempunyai cairan pencernaan untuk menghancurkan mangsa sehingga tanaman bisa menyerap nutrisi.  Sumber: sains. kompas. com, dengan pengubahan    Buatlah tanggapan terhadap isi dan bahasa dalam teks.

Pertanyaan

Bacalah kutipan teks berikut dengan saksama. 


    Pada umumnya, tumbuhan menyerap zat hara dari tanah untuk hidup. Namun, ada jenis tumbuhan yang berbeda dengan jenis tumbuhan pada umumnya, yaitu kantong semar. Tumbuhan jenis ini tidak menyerap nutrisi dari tanah, melainkan dari hewan yang dimangsanya. Tanaman kantung semar menjadi karnivora karena tuntutan lingkungan yang kurang fosfor dan nitrogen. Tanaman karnivora sering hidup dalam lingkungan yang kurang gizi sehingga kemampuan untuk menjebak dan mencerna hewan bisa sangat diperlukan, mengingat adanya kelangkaan sumber makanan layaknya jenis tumbuhan lain.

    Tanaman karnivora mengubah protein yang awalnya dipakai untuk menangkal penyakit menjadi enzim yang dapat membantu mencerna serangga yang terperangkap. Dua enzim yang digunakan, yaitu kitinase yang dapat memecah rangka keras serangga dan asam fosfatase yang membuat tanaman karnivora menyerap fosfor dari mangsa. Peneliti juga menemukan bahwa kantong semar memiliki mekanisme biologis untuk mencerna serangga. Kantong semar menangkupkan daun dan memiliki daun berlapis lilin di bagian dalam. Dengan daun, tanaman ini menjebak mangsa. Selain itu, tanaman ini mempunyai cairan pencernaan untuk menghancurkan mangsa sehingga tanaman bisa menyerap nutrisi. 

Sumber: sains. kompas. com, dengan pengubahan 

 


Buatlah tanggapan terhadap isi dan bahasa dalam teks.undefined

  1. ....

  2. ....undefined

Pembahasan Soal:

Teks eksplanasi alam tentang tanaman kantong semar tersebut terdapat kesalahan kata dan kalimat. Penjabarannya sebagai berikut.

  • Tanaman kantung semar menjadi karnivora karena tuntutan lingkungan yang kurang fosfor dan nitrogen

Kata 'kurang' dapat diperbaiki menjadi 'kekurangan zat'

  • Tanaman karnivora sering hidup dalam lingkungan yang kurang gizi sehingga kemampuan untuk menjebak dan mencerna hewan bisa sangat diperlukan, mengingat adanya kelangkaan sumber makanan layaknya jenis tumbuhan lain.

Kalimat di atas cukup membingungkan karena pilihan katanya, sebaiknya diperbaiki menjadi ''Tanaman karnivora hidup dalam lingkungan yang cukup buruk sehingga dapat mempengaruhinya dalam mendapatkan makanannya berupa serangga.

  • Kantong semar menangkupkan daun dan memiliki daun berlapis lilin di bagian dalam. Dengan daun, tanaman ini menjebak mangsa.

Dua kalimat tersebut bisa digabungkan menjadi ''Kantong semar menangkupkan daun dan memiliki lapis lilin di bagian dalam yang berguna untuk menjebak mangsa.'' 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 07 Februari 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved