Roboguru

Bacalah kutipan novel berikut!     Ketenangan di bawah pohon mbulu itu seakan diberi bobot Iain oleh kedatangan seorang pemancing tua. Lelaki itu telah lama menjadikan kerindangan pohon mbulu di tepi Sungai Cibawor itu sebagai tempat yang paling disukai. Memancing di tempat itu adalah berkawan dengan keheningan, dengan semilir angin, dengan Iambaian ranting-ranting yang mengayun di atas air atau ceririt burung-burung emprit. Dan bila air sedang jernih, naungan pohon mbulu itu juga memberi kesempatan orang melihat bayangan langit serta kelebat burung layang-layang. Pada saat demikian, pemancing itu merasa dirinya benar-benar hadir dan ikut berdenyut dengan alam di sekitarnya.      Tapi pagi ini lelaki tua itu tampak ragu. Dia tidak segera memasang pancingnya lalu duduk di batu seperti biasa. Dia tetap berdiri dan menatap ke permukaan air. Mengernyitkan alis, lalu menurunkan kantong perkakas lusuh yang disandangnya. Duduk di atas batu pada tempat yang paling nyaman lalu mengeluarkan sesuatu dari kantong lusuhnya. Bukan pancing, melainkan seruling bambu. Sementara pancingnya tetap tinggal dalam kantong.  Dikutip dari: Ahmad Tohari, Orang-Orang Proyek, Jakarta. Gramedia Pustaka Utama, 2007  Unsur intrinsik yang menonjol dalam kutipan novel tersebut adalah ....

Pertanyaan

Bacalah kutipan novel berikut!


    Ketenangan di bawah pohon mbulu itu seakan diberi bobot Iain oleh kedatangan seorang pemancing tua. Lelaki itu telah lama menjadikan kerindangan pohon mbulu di tepi Sungai Cibawor itu sebagai tempat yang paling disukai. Memancing di tempat itu adalah berkawan dengan keheningan, dengan semilir angin, dengan Iambaian ranting-ranting yang mengayun di atas air atau ceririt burung-burung emprit. Dan bila air sedang jernih, naungan pohon mbulu itu juga memberi kesempatan orang melihat bayangan langit serta kelebat burung layang-layang. Pada saat demikian, pemancing itu merasa dirinya benar-benar hadir dan ikut berdenyut dengan alam di sekitarnya. 
    Tapi pagi ini lelaki tua itu tampak ragu. Dia tidak segera memasang pancingnya lalu duduk di batu seperti biasa. Dia tetap berdiri dan menatap ke permukaan air. Mengernyitkan alis, lalu menurunkan kantong perkakas lusuh yang disandangnya. Duduk di atas batu pada tempat yang paling nyaman lalu mengeluarkan sesuatu dari kantong lusuhnya. Bukan pancing, melainkan seruling bambu. Sementara pancingnya tetap tinggal dalam kantong. 

Dikutip dari: Ahmad Tohari, Orang-Orang Proyek, Jakarta. Gramedia Pustaka Utama, 2007 


Unsur intrinsik yang menonjol dalam kutipan novel tersebut adalah .... 
 

  1. alur undefined

  2. tema undefined

  3. latar undefined

  4. amanat undefined 

  5. penokohan undefined

Pembahasan Soal:

Pembahasan 

Unsur intrinsik pada kutipan novel adalah latar
Bukti : menggambarkan latar dibawah pohon mbulu dan menggambarkan tempat memancing yang biasanya tokoh dalam novel datangi. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Z. Silvia

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 31 Januari 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bacalah kutipan dua novel berikut!   Novel I Tengah aku sembahyang, masuklah Anwar sambil bersiul-siul lembut, tertegun ia. Dan ketika aku melakukan salam, tampaknya ia masih berdiri sambil menggel...

Pembahasan Soal:

 

Kutipan novel 1 menceritakan tentang seseorang yang bersiul ketika si tokoh aku sedang beribadah. Tanpa merasa bersalah, ia melanjutkan siulannya sambil menyisir rambutnya.

Kutipan novel 2 menceritakan tentang seorang ayah yang menanyakan seseorang yang mengantarkan pulang anak-anaknya.

Perbedaan tema kedua kutipan novel tersebut adalah novel 1 bertema keagamaan, sedangkan novel 2 bertema kekeluargaan. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Perbedaan tema kedua kutipan novel tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Tema adalah pokok pembicaraan yang mendasar cerita. Kutipan novel I memiliki tema permusuhan. Hal tersebut terbukti dari keinginan tokoh “saya” untuk membalas dendam kepada Midun. Kutipan novel II memiliki tema perjuangan. Hal tersebut terbukti dari usaha Raja Maulana melawan kompeni. Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah A.

0

Roboguru

Bacalah kedua kutipan novel berikut ini! Perbedaan tema antara kedua kutipan novel tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Kutipan novel I menceritakan sepasang suami istri yang sering bertengkar. Pertengkaran dalam sebuah keluarga merupakan masalah dalam keluarga sehingga tema yang tepat untuk kutipan novel I adalah keluarga.

Kutipan novel II menceritakan tanggapan seorang sopir taksi terhadap orang-orang yang menggunakan jasa taksinya. Tanggapan yang dilakukan oleh sopir taksi ini menunjukkan adanya hubungan sosial antara satu individu dengan individu lainnya sehingga tema yang muncul adalah sosial.

Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah B.

0

Roboguru

Perhatikan kutipan dan novel berikut ! Perbedaan tema kedua kutipan novel tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Tema adalah pokok pembicaraan yang mendasarI cerita. Kutipan novel I memiliki tema permusuhan. Hal tersebut terbukti dari keinginan tokoh “saya” untuk membalas dendam kepada Midun. Kutipan novel II memiliki tema perjuangan. Hal tersebut terbukti dari usaha Raja Maulana melawan kompeni. Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah A

0

Roboguru

Kutipan Novel I Kutipan Novel II Bagaimana tiada begitu? cobalah kau pikir! Aku harus bersuami dengan orang yang bukannya tiada kusukai saja, tetapi orang yang memutuskan p...

Pembahasan Soal:

Tema adalah pokok pembicaraan yang mencakup keseluruhan isi cerita. Kutipan novel I memiliki tema kawin paksa. Hal tersebut dibuktikan pada kalimat terakhir, Tambahan pula, orang yang kelakuannya sekali-kali ia tiada cinta kepadaku. Sementara, kutipan novel II memiliki tema kehidupan rumah tangga. Hal tersebut dibuktikan pada kalimat terakhir, "Biar istrimu tertunggu-tunggu. Tidakkah dapat ditunda satu pasien, buat menjemput istri?" Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved