Bacalah kutipan drama berikut, kemudian kerjakan soal nomor 4 dan 5! (1) Ratu            : Apakah cerimin itu milikmu? (2) Pemuda     : (berkata dengan takut-takut) benar ratu, tapi hamba ragu kalau Ratu menyukai cermin ini. Sang Ratu menghampiri cermin milik pemuda tersebut. Ia segera berkaca. Tapi tiba-tiba, mukanya berubah pucat pasi. (3) Ratu            : Hah, kurang ajar. Kubunuh kau pemuda! (4) Pemuda     : (berkat sambil menunduk) Maaf Ratu, cermin itu memang bukan cermin biasa. Cermin itu dapat menunjukkan sisi buruk seseorang. (5) Ratu            : (memandang ke arah pemuda) Lalu, apa maksudnya cermin itu menunjukkan ada banyak ulat di wajahku? (6) Pemuda     : Ulat itu adalah lambang dari keserakahan Ratu. (7) Ratu            : Kau ingin bila bahwa aku serakah? (8) Pemuda     : Hamba hanya ingin mengingatkan. Selama ini, Ratu sering membeli barang berlebih walaupun sebenarnya tidak begitu penting. (9) Ratu            : Aku memang mempunyai banyak cermin. Apakah itu serakah? Sudah sepantasnya aku memiliki banyak cermin karena aku adalah ratu. (10) Pemuda   : Tapi Ratu ... (11) Ratu         : Pengawal, ambilkan pedang siapkan tiang gantungan untuk pemuda lancang ini!   Suasana yang tergambar pada naskah drama tersebut adalah ..

Pertanyaan

Bacalah kutipan drama berikut, kemudian kerjakan soal nomor 4 dan 5!

(1) Ratu            : Apakah cerimin itu milikmu?

(2) Pemuda     : (berkata dengan takut-takut) benar ratu, tapi hamba ragu kalau Ratu menyukai cermin ini. Sang Ratu menghampiri cermin milik pemuda tersebut. Ia segera berkaca. Tapi tiba-tiba, mukanya berubah pucat pasi.

(3) Ratu            : Hah, kurang ajar. Kubunuh kau pemuda!

(4) Pemuda     : (berkat sambil menunduk) Maaf Ratu, cermin itu memang bukan cermin biasa. Cermin itu dapat menunjukkan sisi buruk seseorang.

(5) Ratu            : (memandang ke arah pemuda) Lalu, apa maksudnya cermin itu menunjukkan ada banyak ulat di wajahku?

(6) Pemuda     : Ulat itu adalah lambang dari keserakahan Ratu.

(7) Ratu            : Kau ingin bila bahwa aku serakah?

(8) Pemuda     : Hamba hanya ingin mengingatkan. Selama ini, Ratu sering membeli barang berlebih walaupun sebenarnya tidak begitu penting.

(9) Ratu            : Aku memang mempunyai banyak cermin. Apakah itu serakah? Sudah sepantasnya aku memiliki banyak cermin karena aku adalah ratu.

(10) Pemuda   : Tapi Ratu ...

(11) Ratu         : Pengawal, ambilkan pedang siapkan tiang gantungan untuk pemuda lancang ini!

 

Suasana yang tergambar pada naskah drama tersebut adalah ..

  1. Duka

  2. Marah

  3. Kecewa

  4. Haru

A. Rizky

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat ialah B.

Pembahasan

Suasana yang tergambar pada naskah drama tersebut adalah marah. Hal itu ditunjukkan lewat dialog antara tokoh pemuda dan ratu, yang saling berselisih. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat ialah B.

34

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Meski saat itu sangat terik, teman-teman Ani tetap datang. Yuni dan Hani          : (memberi salam bersama) Ibu                           : (datang dari dapur) Teman-teman Ani, ya? Yuni            ...

83

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia