Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kutipan cerita berikut! Suminah teringat suara anaknya, Titin. "Ibu memang egois, apa begitu besar kesalahan saya, Bu, sampai-sampai ibu tidak bisa memaafkan saya," lanjut Titin. "Titin benar". Suminah membatin. Tetapi, haruskah ada maaf untuk seorang anak, darah daging sendiri yang tega menyakiti orang tuanya sendiri? "Ibu akan kehilangan dua orang sekaligus jika ibu juga membenci Kang Sapar," Titin terus merajuk. Akhirnya, hati Suminah luluh juga atas rajukan Titin. Konflik yang terdapat dalam kutipan cerita tersebut adalah ....

Bacalah kutipan cerita berikut!

Suminah teringat suara anaknya, Titin. "Ibu memang egois, apa begitu besar kesalahan saya, Bu, sampai-sampai ibu tidak bisa memaafkan saya," lanjut Titin. "Titin benar". Suminah membatin. Tetapi, haruskah ada maaf untuk seorang anak, darah daging sendiri yang tega menyakiti orang tuanya sendiri? "Ibu akan kehilangan dua orang sekaligus jika ibu juga membenci Kang Sapar," Titin terus merajuk. Akhirnya, hati Suminah luluh juga atas rajukan Titin.

 

Konflik yang terdapat dalam kutipan cerita tersebut adalah ....

  1. Suminah sangat kesal terhadap perbuatan Kang Sapar.

  2. Suminah berhasil memerangi nafsunya atas rajukan Titin.

  3. Suminah ragu akan memaafkan atau tidak perbuatan buruk anaknya.

  4. Suminah akan memaafkan perbuatan buruk Kang Sapar jika pulang.

Iklan

H. Hartanto

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.

Iklan

Pembahasan

Konflik dalam sebuah cerita merupakan bagian yang menunjukkan adanya permasalahan atau pertentangan yang terjadi dengan dirinya atau dengan tokoh lain di dalam sebuah cerita. Pada awal cerita,tokoh Suminah tidak bisa memaafkan kesalahan Titin anaknya, hingga di dalam diri Suminah timbul konflik apakah seorang ibu harus memaafkan anaknya yang tega menyakitinya. Namun akhirnya, suminah luluh oleh rajukan Titin. Hal tersebut dibuktikan dalam kutipan "Titin benar", Suminah membatin. Tetapi, haruskah ada maaf untuk seorang anak, darah daging sendiri yang tega menyakiti orang tuanya sendiri? Akhirnya, hati Suminah luluh juga oleh rajukan Titin. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C.

Konflik dalam sebuah cerita merupakan bagian yang menunjukkan adanya permasalahan atau pertentangan yang terjadi dengan dirinya atau dengan tokoh lain di dalam sebuah cerita. Pada awal cerita, tokoh Suminah tidak bisa memaafkan kesalahan Titin anaknya, hingga di dalam diri Suminah timbul konflik apakah seorang ibu harus memaafkan anaknya yang tega menyakitinya. Namun akhirnya, suminah luluh oleh rajukan Titin. Hal tersebut dibuktikan dalam kutipan "Titin benar", Suminah membatin. Tetapi, haruskah ada maaf untuk seorang anak, darah daging sendiri yang tega menyakiti orang tuanya sendiri? Akhirnya, hati Suminah luluh juga oleh rajukan Titin. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bacalah kutipan cerita berikut! “Hai sahabat, tolonglah aku. Di punggungku terdapat banyak duri. Aku sudah terlalu lama menderita, tetapi tidak ada orang mau menolongku. Jika kamu rela menolongku, ...

2

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia