Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah Kutipan cerita berikut! Rasanya berat untuk berpikiran bahwa orang seperti dia bisa melakukan tindakan tak terpuji. Tapi apa boleh buat, ada dugaan kuat bahwa paling tidak ia telah berbuat salah yang membuatnya begitu resah. Dan inilah peristiwa yang mengawali dugaan itu, seperti berulang kali diceritakan ibu. “Waktu itu kelihatan sekelebat orang keluar. Waktu mau balik, tiba-tiba ada perasaanku tidak enak. Lalu saya ke tempat menyimpan kendaraan ayah. Ternyata bukan Darmin.” Amanat kutipan ceita tersebut adalah ....

Bacalah Kutipan cerita berikut!

Rasanya berat untuk berpikiran bahwa orang seperti dia bisa melakukan tindakan tak terpuji. Tapi apa boleh buat, ada dugaan kuat bahwa paling tidak ia telah berbuat salah yang membuatnya begitu resah. Dan inilah peristiwa yang mengawali dugaan itu, seperti berulang kali diceritakan ibu. “Waktu itu kelihatan sekelebat orang keluar. Waktu mau balik, tiba-tiba ada perasaanku tidak enak. Lalu saya ke tempat menyimpan kendaraan ayah. Ternyata bukan Darmin.”

Amanat kutipan ceita tersebut adalah ....

  1. Membantu orang yang ditimpa masalah. 

  2. Memaafkan kesalahan orang lain dengan ikhlas. 

  3. Jangan menyimpan barang tidak pada tempatnya. 

  4. Jangan menuduh, kalau tidak ada bukti, waspada boleh saja. 

Iklan

D. Wahyu

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.

Iklan

Pembahasan

Amanat adalah pesan yang disampaikan pengarang dalam cerpennya. Amanat bersifat tersirat dan berhubungan dengan tema cerita. Tema kutipan cerita di atas adalah tentang kecurigaan yang didukung pada kalimat pertama di paragraf tersebut, maka amanat yang paling tepat adalah jangan menuduh kalau tidak ada bukti , waspada boleh saja . Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.

Amanat adalah pesan yang disampaikan pengarang dalam cerpennya. Amanat bersifat tersirat dan berhubungan dengan tema cerita. Tema kutipan cerita di atas adalah tentang kecurigaan yang didukung pada kalimat pertama di paragraf tersebut, maka amanat yang paling tepat adalah jangan menuduh kalau tidak ada bukti, waspada boleh saja. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3rb+

Frizzy Stevano

Mudah dimengerti

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia