Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kutipan buku fiksiberikut! Pada masa pendudukan Jepang, orang-orang Pegaten mengalami masa yang sangat sulit. Kurang pangan terjadi di mana-mana karena padi orang kampung dijarah oleh tentara Jepang. Kemarau selama sembilan bulan juga ikut menyengsarakan semua orang. Di Pegaten orang sudah beruntung apabila masih bisa makan ubi-ubian, tak terkecuali keluarga Pak Mantri. Priyayi itu sangat tersiksa, bukan hanya karena harus makan ubi Menurut keyakinannya, seorang mantri hanya pantas makan nasi dari beras kualitas terbaik. Ubi tak pantas dihidangkan kepada Pak Mantri, baik pada zaman normal maupun pada zaman Jepang. Dikutip dari:Ahmad Tohari, Kubah, Jakarta, Gramedia, 1995 Latar waktu dalam kutipan novel tersebut adalah...

Bacalah kutipan buku fiksi berikut!


    Pada masa pendudukan Jepang, orang-orang Pegaten mengalami masa yang sangat sulit. Kurang pangan terjadi di mana-mana karena padi orang kampung dijarah oleh tentara Jepang. Kemarau selama sembilan bulan juga ikut menyengsarakan semua orang. Di Pegaten orang sudah beruntung apabila masih bisa makan ubi-ubian, tak terkecuali keluarga Pak Mantri. Priyayi itu sangat tersiksa, bukan hanya karena harus makan ubi Menurut keyakinannya, seorang mantri hanya pantas makan nasi dari beras kualitas terbaik. Ubi tak pantas dihidangkan kepada Pak Mantri, baik pada zaman normal maupun pada zaman Jepang.

Dikutip dari: Ahmad Tohari, Kubah, Jakarta, Gramedia, 1995

Latar waktu dalam kutipan novel tersebut adalah...  

  1. masa penjajahan Belanda 

  2. masa pendudukan Jepang 

  3. masa kemerdekaan 

  4. masa agresi Belanda  

Iklan

N. Febriyanti

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah B.

pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Iklan

Pembahasan

Latar atau setting disebut landas tumpu cerita. Latar berkaitan dengan pengertian tempat, hubungan waktu, dan lingkungan sosial tempat terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan. Latar atau setting meliputi tempat, waktu,dan sosial. Latar waktu dalam kutipan novel tersebut adalah masa pendudukan jepang. Hal itu bisa dilihat pada kutipan yang menjelaskan keadaan saat masa itu seperti pada kutipan kalimat "pada masa pendudukan Jepang, orang-orang Pegaten mengalami masa yang sangat sulit. Kurang pangan terjadi di mana-mana karena padi orang kampung dijarah oleh tentara Jepang." Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Latar atau setting disebut landas tumpu cerita. Latar berkaitan dengan pengertian tempat, hubungan waktu, dan lingkungan sosial tempat terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan. Latar atau setting meliputi tempat, waktu, dan sosial.

Latar waktu dalam kutipan novel tersebut adalah masa pendudukan jepang. Hal itu bisa dilihat pada kutipan yang menjelaskan keadaan saat masa itu seperti pada kutipan kalimat "pada masa pendudukan Jepang, orang-orang Pegaten mengalami masa yang sangat sulit. Kurang pangan terjadi di mana-mana karena padi orang kampung dijarah oleh tentara Jepang."

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Latihan Bab

Mengenal Teks Cerita Pendek

Unsur Intrinsik Teks Cerita Pendek

Unsur Ekstrinsik Teks Cerita Pendek

Kebahasaan Teks Cerita Pendek

589

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Latar waktu yang dimaksud cuplikan tersebut adalah ...

2rb+

4.7

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia