Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kedua teks berikut! Teks I Lapisan atmosfer merupakan lapisan gas yang berada di luar Bumi sejak jarak 0 sampai dengan lebih dari 800 kilometer di atasnya. Atmosfer memiliki tujuan khusus, yaitu sebagai pelindung Bumi sekaligus menjaga kestabilan suhu, cuaca, dan kelembapan udara yang ada di dalam Bumi. Atmosfer juga mampu menyeimbangkan dan menstabilkan keadaan Bumi dengan luar. Atmosfer bisa membantu mengurangi cuaca panas matahari yang ekstrem. Selain itu, atmosfer dapat melindungi Bumi dari benturan atau jatuhnya reruntuhan benda-benda dari sistem tata surya yang bebas tanpa gravitasi di luar angkasa, seperti meteor dan batuan angkasa. Jika lapisan atmosfer rusak, berlubang, dan hancur, manusia dan makhluk hidup yang ada di Bumi tidak akan bisa bertahan lama. Disadur dari: https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/meteorologi/lapisan-atmosfer , 8 November 2018 Teks lI Kita sadar nggak sih kenapa Bumi tempat kita tinggal ini tetap terlindungi dari benturan benda langit dan gas atau sinar yang membahayakan? Padahal dengan adanya gaya gravitasi Bumi, benda-benda langit akan tertarik ke planet Bumi. Nah, tentu saja Bumi kita tetap terlindungi karena Bumi memiliki lapisan yang bernama atmosfer. Apa itu atmosfer? Atmosfer merupakan selimut gas yang menyelimuti planet Bumi tempat kita tinggal. Atmosfer berfungsi mengatur proses penerimaan panas sinar matahari. Atmosfer melakukannya dengan menyerap dan memantulkan panas yang dipancarkan oleh matahari. Sekitar 34% panas matahari kembali dipantulkan ke angkasa oleh atmosfer, awan, dan permukaan Bumi. Kemudian, sekitar 19% diserap oleh atmosfer dan awan. Selanjutnya, sekitar 47% sisanya mencapai permukaan Bumi. Disadur dari: https://log.ruangguru.com/mengenal-atmosfer-lapisan-yang-melindungi-bumi-kita , 8 November 2018 Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah menggunakan bahasa...

Bacalah kedua teks berikut!

Teks I

Lapisan atmosfer merupakan lapisan gas yang berada di luar Bumi sejak jarak 0 sampai dengan lebih dari 800 kilometer di atasnya. Atmosfer memiliki tujuan khusus, yaitu sebagai pelindung Bumi sekaligus menjaga kestabilan suhu, cuaca, dan kelembapan udara yang ada di dalam Bumi. Atmosfer juga mampu menyeimbangkan dan menstabilkan keadaan Bumi dengan luar. Atmosfer bisa membantu mengurangi cuaca panas matahari yang ekstrem. Selain itu, atmosfer dapat melindungi Bumi dari benturan atau jatuhnya reruntuhan benda-benda dari sistem tata surya yang bebas tanpa gravitasi di luar angkasa, seperti meteor dan batuan angkasa. Jika lapisan atmosfer rusak, berlubang, dan hancur, manusia dan makhluk hidup yang ada di Bumi tidak akan bisa bertahan lama.

Disadur dari: https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/meteorologi/lapisan-atmosfer, 8 November 2018

Teks lI

Kita sadar nggak sih kenapa Bumi tempat kita tinggal ini tetap terlindungi dari benturan benda langit dan gas atau sinar yang membahayakan? Padahal dengan adanya gaya gravitasi Bumi, benda-benda langit akan tertarik ke planet Bumi. Nah, tentu saja Bumi kita tetap terlindungi karena Bumi memiliki lapisan yang bernama atmosfer. Apa itu atmosfer? Atmosfer merupakan selimut gas yang menyelimuti planet Bumi tempat kita tinggal. Atmosfer berfungsi mengatur proses penerimaan panas sinar matahari. Atmosfer melakukannya dengan menyerap dan memantulkan panas yang dipancarkan oleh matahari. Sekitar 34% panas matahari kembali dipantulkan ke angkasa oleh atmosfer, awan, dan permukaan Bumi. Kemudian, sekitar 19% diserap oleh atmosfer dan awan. Selanjutnya, sekitar 47% sisanya mencapai permukaan Bumi.

Disadur dari: https://log.ruangguru.com/mengenal-atmosfer-lapisan-yang-melindungi-bumi-kita, 8 November 2018

Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah menggunakan bahasa...

  1. Teks I: ilmiah ; Teks II: sehari-hari

  2. Teks I: ilmiah ; Teks II: baku

  3. Teks I: baku ; Teks II: resmi

  4. Teks I: santai ; Teks II: sehari-hari

  5. Teks I: sehari-hari ; Teks II: ilmiah

Iklan

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Penggunaan bahasa pada teks I lebih merujuk kepada penggunaan bahasa ilmiah karena isi teks tersebut bersifat ilmu pengetahuan tentang alam dengan istilah ilmiah seperti atmosfer. Sedangkan, pada teks II menggunakan bahasa sehari-hari karena penyampaian isinya seperti percakapan sehari-hari tidak seperti pembahasan ilmiah yang dijelaskan secara langsung.

Penggunaan bahasa pada teks I lebih merujuk kepada penggunaan bahasa ilmiah karena isi teks tersebut bersifat ilmu pengetahuan tentang alam dengan istilah ilmiah seperti atmosfer. Sedangkan, pada teks II menggunakan bahasa sehari-hari karena penyampaian isinya seperti percakapan sehari-hari tidak seperti pembahasan ilmiah yang dijelaskan secara langsung.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

35

Sitti Selviana Tri Puspita Pratiwi

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Mudah dimengerti

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan ciri-ciri berikut! Bersifat objektif Informasi yang dimuat bersifat faktual Membahas fenomena yang bersifat keilmuan Bersifat informatif Fokus pada fenomena yang bersifat ...

3

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia