Roboguru

Bacalah informasi berikut. Kebudayaan Dong Son memengaruhi kebudayaan logam di Indonesia. Benda-benda yang ditemukan di Dong Son dibawa oleh bangsa Deutero-Melayu memiliki kemiripan dengan benda perunggu di Indonesia, seperti nekara, candrasa, dan mata panah. Berdasarkan informasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa ...

Pertanyaan

Bacalah informasi berikut.

Kebudayaan Dong Son memengaruhi kebudayaan logam di Indonesia. Benda-benda yang ditemukan di Dong Son dibawa oleh bangsa Deutero-Melayu memiliki kemiripan dengan benda perunggu di Indonesia, seperti nekara, candrasa, dan mata panah.

Berdasarkan informasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa ...

  1. benda-benda logam yang ditemukan di Indonesia berasal dari Vietnam

  2. masa kebudayaan logam di Indonesia terbagi atas masa tembaga, perunggu, dan besi

  3. masa kebudayaan logam di Indonesia ditandai dengan penemuan nekara, kapak corong, area, perhiasan, dan senjata

  4. kebudayaan Dong Son dapat dikatakan sebagai puncak dari masa kebudayaan perunggu di Indonesia

  5. bangsa Deutero Melayu membawa peradaban logam (perunggu) ke Nusantara yang disebut dengan kebudayaan Dong Son

Pembahasan Soal:

Hasil kebudayaan Dongson yang dapat ditemukan di Indonesia adalah hasil dari kebudayaan yang datang bersamaan dengan migrasi suku Deutro Melayu. Suku Deutro Melayu adalah ras yang berasal dari sebuah daratan selatan Indochina. Suku Deutro Melayu  melakukan migrasi ke Indonesia melalui jalur barat dengan rute dari Yunan (Teluk Tonkin), Vietnam, Malaysia, hingga ke nusantara. Suku Deutro Melayu dianggap mempunyai kebudayaan lebih maju dibandingkan pendahulunya, hal ini dikarenakan adanya keahlian yang dimiliki oleh suku Deutro Melayu dalam membuat barang-barang yang berbahan dasar logam (perunggu atau besi) yang merupakan bagian dari kebudayaan Dongson. Peralatan dari perunggu dan besi yang menjadi hasil kebudayaan suku Deutro Melayu di Indonesia yaitu Kapak Sepatu, Kapak Corong, Moko, Nekara dan Chandrasa. Hal ini menjadi bukti adanya keterkaitan antara kedatangan suku deutro melayu dengan menyebarnya kebudayaan Dongson di Indonesia.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Peralatan perunggu yang berkembang di Indonesia diperkirakan berasal dari...

Pembahasan Soal:

Pada zaman Logam masyarakat mulai mengenal teknik membuat peralatan dari logam. Teknik pengolahan logam yang berkembang di Indonesia berasal dari kebudayaan Dongson yang dibawa oleh bangsa Deutro Melayu. Adapun peralatan logan yang dibuat sebagian besar berasal dari perunggu, yaitu campuran antara timah dan tembaga. Berkaitan dengan teknologi pengolahan logam, bangsa Indonesia mengenal dua teknik pengolahan logam perunggu, yaitu teknik a cire perdue dan bivalve.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Pengaruh utama Kebudayaan Dongson terhadap kebudayaan Indonesia yaitu munculnya pembuatan alat-alat logam berbahan perunggu. Dan salah satunya adalah kapak sepatu, atau biasa disebut dengan….

Pembahasan Soal:

Kapak corong adalah kapak perunggu yang bagian atasnya berlubang, berbentuk corong yang digunakan untuk memasukkan tangkai kayu. Melihat bentuknya tersebut, kapak corong sering pula disebut dengan nama kapak sepatu. Kapak corong banyak ditemukan di daerah Sumatra Selatan, Bali, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Pulau Selayar, dan Papua. Bentuk kapak corong ada berbagai macam jenis, misalnya ada yang pendek, bulat, maupun panjang.
 

Roboguru

Kebudayaan Dongson berpengaruh besar terhadap perkembangan budaya perunggu di Indonesia. Bukti yang mendukung pernyataan tersebut ditunjukkan oleh penemuan...

Pembahasan Soal:

Kebudayaan perunggu di Asia Tenggara biasa dinamakan kebudayaan Dongson. Kebudayaan Dongson diambil dari salah satu nama daerah di Tonkin. Di daerah ini ditemukan bermacam-macam alat yang dibuat dari perunggu. Di samping itu juga ditemukan nekara dan kuburan. Bejana yang serupa dengan yang ditemukan di Kerinci dan Madura juga ditemukan di sana, di daerah Tonkin itulah kebudayaan perunggu berasal. Pengolahan logam menunjukkan taraf kehidupan yang semakin maju, sudah ada pembagian kerja yang baik, masyarakatnya sudah teratur. Teknik peleburan logam merupakan teknik yang tinggi. 

Kenyataan tersebut menunjukkan kepada kita mengenai adanya hubungan erat antara Indonesia dengan Tonkin, yaitu kebudayaan logam di Indonesia termasuk kelompok kebudayaan logam di Asia yang berpusat di Dongson. Dari daerah inilah datang kebudayaan logam secara bergelombang lewat jalur barat, yaitu Malaysia. Di Indonesia, penggunaan logam telah dilakukan sejak beberapa abad sebelum Masehi, berupa hasil perunggu dan perhiasan perunggu, sedangkan alat dari besi berupa mata kapak, mata pisau, mata pedang, dan cangkul. Zaman perunggu di Indonesia masuk kebudayaan perundagian. Peranan perunggu dan besi sangat besar terutama dalam penggunaan alat kehidupan. Budaya Dongson sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan budaya perunggu di Nusantara. Nekara perunggu yang telah dibuat di Kepulauan Indonesia seperti Sumatra, Jawa, dan Maluku Selatan sebagai salah satu bukti pengaruh yang kuat dari budaya Dongson. Beberapa nekara yang ditemukan di Indonesia mempunyai nilai yang penting, misalnya, di Makalaman dekat Sumba (berisi hiasan gambar menyerupai pakaian Cina dari dinasti Han) dan nekara dari Kepulauan Kei, Maluku (berisi hiasan lajur mendatar bergambar kijang). Berdasarkan kesimpulan para ahli, ada kemungkinan daerah-daerah itu tidak membuatnya sendiri, melainkan berasal dari Cina karena ada gaya hiasan model negeri Cina. Adapun nekara yang ditemukan di daerah Sangeng dekat Sumbawa oleh Heine Geldern berasal dari Funan. 


Berdasarkan penjelasan di atas bukti yang mendukung bahwa Kebudayaan Dongson berpengaruh besar terhadap perkembangan budaya perunggu di Indonesia adalah dengan ditemukannya beberapa nekara yang ditemukan di Makalaman dekat Sumba yang berisi hiasan gambar menyerupai pakaian Cina dari dinasti Han dan nekara dari Kepulauan Kei, Maluku  yang berisi hiasan lajur mendatar bergambar kijang.

Roboguru

Kebudayaan perunggu yang berkembang di Indonesia dan di kawasan Asia Tenggara pada umumnya memperoleh pengaruh yang kuat dari kebudayaan . . . .

Pembahasan Soal:

Kebudayaan perunggu yang berkembang di Indonesia mendapat pengaruh kuat dari kebudayaan Dong Son. Kebudayaan perunggu masuk bersama dengan migrasi bangsa Melayu Austronesia pada sekitar 300 SM. Bangsa ini melakukan migrasi menggunakan jalur laut oleh karena itu bangsa ini dikenal sebagai pelaut yang handal. Orang-orang Dong Son saat itu dikenal sebagai bangsa yang memiliki kemampuan bercocok tanam dan berternak.

Roboguru

Dalam penggalian ditemukan berbagai macam peralatan dari perunggu, seperti nekara, bejana, ujung tombak, kapak, dan gelang-gelang, hal tersebut terpengaruh kebudayaan ....

Pembahasan Soal:

Masa perundagian memiliki peran penting dalam perkembangan sejarah di Indonesia, hal ini dikarenakan pada masa ini hubungan antar daerah-daerah di sekitar kepulauan Indonesia sudah terjalin. Masa perundagian ditandai dengan adanya keterampilan untuk membuat alat-alat dari bahan logam. Alat berbahan logam tersebut diproduksi dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti bertani, peralatan upacara dan berburu. Peninggalan masa perundagian seperti benda seni, peralatan hidup, keanekaragaman dan kekayaan budaya serta upacara adat menunjukan bahwa kehidupan pada masa perundagian telah memiliki selera yang tinggi. Adapun beberapa contoh benda-benda kebudayaan perunggu itu antara lain: kapak corong, nekara, moko, berbagai barang perhiasan. Beberapa benda hasil kebudayaan zaman logam ini juga terkait dengan praktik keagamaan misalnya nekara. Hasil budaya pada zaman logam diperoleh dari pengaruh kebudayaan Dongson Vietnam sehingga mereka dapat memperoleh kepandaian dalam mengolah logam tersebut. Meskipun pada masa ini telah terdapat hasil kebudayaan zaman logam seperti alat alat dari logam, namun untuk keperluan sehari hari mereka tetap menggunakan gerabah maupun alat alat batu lainnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved