Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah dua kutipan novel berikut! Novel 1 Siti Nurbaya menangis menghadapi kenyataan bahwa dirinya yang cantik dan muda belia harus menikah dengan Datuk Maringgih yang tua bangka berkulit kasar seperti kulit katak. Lebih sedih lagi ketika ia teringat Samsul Bahri, kekasihnya yang sedang sekolah di Stovia Jakarta. Sungguh berat memang, namun demi keselamatan dan kebahagiaan ayahandanya ia mau mengorbankan kehormatan dirinya. Novel II Aku tetap diminta mengisi ruangan budaya seksi tari. Pada hari-hari tertentu aku memesan becak tetangga untuk membawaku ke kota, ke salah satu sekolah tari yang dipimpin oleh seorang guru tari muda yang ku kenal baik. Atau kadang-kadang mengatur sikap tari Jawa yang kuketahui untuk tidak kehilangan kekuatan urat-urat lutut di pinggul. Perbedaan latar pada kedua kutipan novel tersebut adalah....

Bacalah dua kutipan novel berikut!

Novel 1

Siti Nurbaya menangis menghadapi kenyataan bahwa dirinya yang cantik dan muda belia harus menikah dengan Datuk Maringgih yang tua bangka berkulit kasar seperti kulit katak. Lebih sedih lagi ketika ia teringat Samsul Bahri, kekasihnya yang sedang sekolah di Stovia Jakarta. Sungguh berat memang, namun demi keselamatan dan kebahagiaan ayahandanya ia mau mengorbankan kehormatan dirinya.

Novel II

Aku tetap diminta mengisi ruangan budaya seksi tari. Pada hari-hari tertentu aku memesan becak tetangga untuk membawaku ke kota, ke salah satu sekolah tari yang dipimpin oleh seorang guru tari muda yang ku kenal baik. Atau kadang-kadang mengatur sikap tari Jawa yang kuketahui untuk tidak kehilangan kekuatan urat-urat lutut di pinggul.

Perbedaan latar pada kedua kutipan novel tersebut adalah....

  1. Novel I: Etika, Novel II: Sikap sopan santun

  2. Novel I: Adat istiadat, Novel II: Mempertahankan budaya

  3. Novel I: Tatakrama, Novel II: Keyakinan

  4. Novel I: Kawin paksa, Novel II: Cara berpikir

Iklan

M. Rani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang paling tepat adalah D.

jawaban yang paling tepat adalah D.

Iklan

Pembahasan

Novel 1 mengisahkan kawin paksa yang dialami Siti Nurbaya. Sementara itu, novel II mengisahkan cara berpikir sang "aku" untuk mengatur sikap tari Jawa. Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah D.

Novel 1 mengisahkan kawin paksa yang dialami Siti Nurbaya. Sementara itu, novel II mengisahkan cara berpikir sang "aku" untuk mengatur sikap tari Jawa. Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah D.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

8

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan novel berikut! Teks I Tercenung Markoni di warung kopi. Hirata, Andrea. 2015. Ayah . Yogyakarta: Bentang Pustaka. Teks II Tahu-tahu dia punya pekerjaan usai jam ...

78

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia