Roboguru

Bacalah dengan cermat bagian teks pidato persuasif berikut. Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena sampai pada saat ini kita masih diberi nikmat yang tiada tara. Salah satu nikmat itu adalah nikmat sehat sehingga kita semua dapat hadir di sini dalam keadaan sehat tidak kurang suatu apa pun.  Paragraf tersebut merupakan bagian struktur...

Pertanyaan

Bacalah dengan cermat bagian teks pidato persuasif berikut.


Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena sampai pada saat ini kita masih diberi nikmat yang tiada tara. Salah satu nikmat itu adalah nikmat sehat sehingga kita semua dapat hadir di sini dalam keadaan sehat tidak kurang suatu apa pun. 


Paragraf tersebut merupakan bagian struktur...undefined 

  1. isiundefined 

  2. simpulanundefined 

  3. pembukaundefined 

  4. penutupundefined 

Pembahasan Soal:

Teks pidato persuasif dibentuk oleh beberapa bagian, yang antarbagiannya itu disusun secara sistematis dan saling berhubungan. Teks itu diawali dengan pengenalan isu, diikuti dengan paparan sejumlah argumen.

  1. Pengenalan isu, yakni berupa pengantar atau penyampaian tentang masalah yang menjadi dasar tulisan atau pembicaraannya itu.
  2. Rangkaian argumen, yakni berupa sejumlah pendapat penulis/ pembicara terkait dengan isu yang dikemukakan pada bagian sebelumnya.
  3. Pernyataan ajakan, yakni sebagai intisari teks persuasi yang di dalamnya dinyatakan dorongan kepada pembaca/pendengarnya untuk melakukan sesuatu.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 04 Februari 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved