Roboguru

Bacalah bacaan berikut! Kepolaran Senyawa Kovalen Ikatan kovalen terbentuk karena pemakaian pasangan elektron bersama, dimana masing - masing atom yang berikatan menyumbangkan sebuah elektron dan membentuk sepasang elektron untuk dipakai bersama. Apabila pasangan elektron hanya berasal dari salah satu atom yang berikatan, maka ikatan yang terbentuk disebut Ikatan Kovalen Koordinasi. Elektron tidak selalu dibagi rata antara dua atom yang berikatan. Satu atom mungkin lebih kuat untuk menarik elektron ke dirinya sendiri dibanding dengan atom lain. Tarikan ini disebut sebagai elektronegativitas. Pembagian elektron yang tidak merata dalam ikatan mengakibatkan pembentukan dipol listrik (kepolaran), yaitu pemisahan muatan listrik positif dan negatif. Penentuan polaritas ikatan kovalen dapat menggunakan cara numerik, yaitu menghitung perbedaan elektronegativitas atom yang saling berikatan. Senyawa polar adalah senyawa yang mempunyai momen dipol lebih dari nol sedangkan senyawa nonpolar momen dipolnya sama dengan nol Selain dilihat dari momen dipol, kepolaran suatu senyawa dapat dilihat dari bentuk molekul. Bentuk molekul simetris merupakan senyawa nonpolar, sedangkan bentuk molekul asimetris merupakan senyawa polar. Perbedeaan kepolaran senyawa kovalen akan menentukan sifat fisiknya, seperti wujud pada suhu kamar, kelarutan dalam air, dan konduktivitas larutan dalam listrik. Perhatikan data hasil pengamatan uji seyawa kovalen polar dan nonpolar berikut!

Pertanyaan

Bacalah bacaan berikut!

Kepolaran Senyawa Kovalen

Ikatan kovalen terbentuk karena pemakaian pasangan elektron bersama, dimana masing - masing atom yang berikatan menyumbangkan sebuah elektron dan membentuk sepasang elektron untuk dipakai bersama. Apabila pasangan elektron hanya berasal dari salah satu atom yang berikatan, maka ikatan yang terbentuk disebut Ikatan Kovalen Koordinasi.

Elektron tidak selalu dibagi rata antara dua atom yang berikatan. Satu atom mungkin lebih kuat untuk menarik elektron ke dirinya sendiri dibanding dengan atom lain. Tarikan ini disebut sebagai elektronegativitas. Pembagian elektron yang tidak merata dalam ikatan mengakibatkan pembentukan dipol listrik (kepolaran), yaitu pemisahan muatan listrik positif dan negatif.

Penentuan polaritas ikatan kovalen dapat menggunakan cara numerik, yaitu menghitung perbedaan elektronegativitas atom yang saling berikatan. Senyawa polar adalah senyawa yang mempunyai momen dipol lebih dari nol sedangkan senyawa nonpolar momen dipolnya sama dengan nol Selain dilihat dari momen dipol, kepolaran suatu senyawa dapat dilihat dari bentuk molekul. Bentuk molekul simetris merupakan senyawa nonpolar, sedangkan bentuk molekul asimetris merupakan senyawa polar. Perbedeaan kepolaran senyawa kovalen akan menentukan sifat fisiknya, seperti wujud pada suhu kamar, kelarutan dalam air, dan konduktivitas larutan dalam listrik. Perhatikan data hasil pengamatan uji seyawa kovalen polar dan nonpolar berikut!


 

  1. Gula dapat larut dalam minyak goreng sebagaimana gula larut dalam air.   space 

  2. begin mathsize 14px style H Cl end style murni dan larutannya dapat menghantarkan listrik.   undefined 

  3. Larutan cuka tidak dapat larut dalam minyak goreng.   undefined 

  4. Senyawa kovalen polar pada suhu ruangan hanya didapatkan dalam wujud padat dan tidak berwarna.   undefined 

Pembahasan Soal:

Larutan undefined, cuka dan gula merupakan senyawa kovalen polar karena larut dalam air yang bersifat polar. Sedangkan, minyak goreng dan lilin merupaka senyawa non polar. Sebagaimana konsep like dissolves like, yaitu suatu zat akan larut dalam zat lain yang sifatnya sama.

Jadi, berdasarkan uaraian diatas, jawaban yang tepat adalah C. undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 14 Maret 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved