Pertanyaan

Mengapa larutan senyawa kovalen polar menyebabkan bola lampu menyala pada alat uji elektrolit, sedangkan larutan senyawa kovalen nonpolar tidak menyebabkan bola lampu menyala pada alat uji elektrolit? Jelaskan!

Mengapa larutan senyawa kovalen polar menyebabkan bola lampu menyala pada alat uji elektrolit, sedangkan larutan senyawa kovalen nonpolar tidak menyebabkan bola lampu menyala pada alat uji elektrolit? Jelaskan!space 

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Larutan senyawa kovalen polar menyebabkan bola lampu menyala pada alat uji elektrolit karena dalam air mengalami ionisasi sehingga dapat menghantarkan listrik, sedangkan larutan senyawa kovalen nonpolar tidak mengalami ionisasi sehingga tidak dapat menghantarkan listrik. Senyawa kovalen yang bersifat polar, jika dilarutkan dalam air (pelarut polar) akan mengalami ionisasi sehingga dapat menghantarkan listrik. Hal ini terjadi karena diantara molekul polar tersebut terdapat gaya tarik menarik yang dapat memutuskan ikatan-ikatan tertentu dalam molekul. Senyawa kovalen polar hanya dapat menghantarkan listrik dalam larutannya. Sedangkan untuk senyawa kovalen non polar, baik padatan, lelehan maupun larutannya tidak dapat menghantarkan listrik karena senyawa kovalen non polar tidak tidak mengalami ionisasi.

Larutan senyawa kovalen polar menyebabkan bola lampu menyala pada alat uji elektrolit karena dalam air  mengalami ionisasi sehingga dapat menghantarkan listrik, sedangkan larutan senyawa kovalen nonpolar tidak mengalami ionisasi sehingga tidak dapat menghantarkan listrik.

Senyawa kovalen yang bersifat polar, jika dilarutkan dalam air (pelarut polar) akan mengalami ionisasi sehingga dapat menghantarkan listrik. Hal ini terjadi karena diantara molekul polar tersebut terdapat gaya tarik menarik yang dapat memutuskan ikatan-ikatan tertentu dalam molekul. Senyawa kovalen polar hanya dapat menghantarkan listrik dalam larutannya. Sedangkan untuk senyawa kovalen non polar, baik padatan, lelehan maupun larutannya tidak dapat menghantarkan listrik karena senyawa kovalen non polar tidak tidak mengalami ionisasi.space

118

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Lengkapi tabel berikut!

68

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia