Iklan

Iklan

Pertanyaan

Baca dan pahami teks berikut! Teknologi Proses Sampah Dengan teknologi yang tepat, sampah yang tadinya sebagai barang buangan,kotor, berbau, menimbulkan penyakit, dan mencemari lingkungan dapat menjadibarang yang bisa dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomi tinggi. Sampah anorganikbisa membantu mengembangkan industri daur ulang ( recycling ), sedangkan sampahorganik dapat dimanfaatkan industri pengolah kompos menjadi pupuk organik danjuga dapat diolah menjadi industri energi/industri bahan bangunan. Sampah yang telah ditimbun pada tempat pembuangan akhir (TPA) dapatmengalami proses lanjutan. Teknologi yang digunakan dalam proses lanjutan yangumum adalah (1) teknologi pembakaran ( incinerator ), (2) teknologi pengomposan( composting ), (3) teknologi penimbunan tanah ( land fill ), dan (4) teknologidaur ulang( recycling ). Teknologi pembakaran ( incinerator ) menghasilkan produk samping berupalogam bekas ( skrap ) dan uap yang dapat dikonservasikan menjadi energi listrik.Teknologi pengomposan ( composting ) menghasilkan pupuk kompos yang mempunyainilai ekonomi tinggi. Teknologi penimbunan tanah ( land fill ) dimanfaatkan untukmenimbun tanah rendah. Teknologi daur ulang ( recycling ) dapat dimanfaatkan untukmengolah sampah menjadi barang jadi yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupansehari-hari. Sampah dipungut dan dikumpulkan, misalnya, kertas, kardus, pecahankaca, botol bekas, logam-logam, plastik dan sebagainya. Barang-barang bekas ini bisadikirim ke pabrik yang melakukan daur ulang sehingga barang bekas tadi bisa diolahmenjadi bahan baku, yang dapat menghasilkan produk daur ulang seperti karton,kardus pembungkus, alat-alat dan perangkat rumah tangga dari plastik dan kaca. Persoalannya adalah sebagian besar masyarakat belum menyadari pentingnyateknologi pengolahan sampah. Sekarang bergantung pada masyarakat apakahmenjadikan sampah sebagai bahan yang kotor, berbau, menjijikkan, atau menjadikansampah sebagai bahan yang bermanfaat bagi kehidupan. (Diolah dari sumber: “Teknologi Tepat Guna dari Sampah”, http://www.alpensteel.com/article/56-110-energi-sampah--pltsa/2583--teknologi-tepat-guna-dari-sampah.html ) Untuk mengetahuitingkat pemahaman kamu tentang teks tersebut, jawablah pertanyaan berikut! Apakah yang dimaksud dengan teknologi proses sampah?

Baca dan pahami teks berikut!


Teknologi Proses Sampah


    Dengan teknologi yang tepat, sampah yang tadinya sebagai barang buangan, kotor, berbau, menimbulkan penyakit, dan mencemari lingkungan dapat menjadi barang yang bisa dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomi tinggi. Sampah anorganik bisa membantu mengembangkan industri daur ulang (recycling), sedangkan sampah organik dapat dimanfaatkan industri pengolah kompos menjadi pupuk organik dan juga dapat diolah menjadi industri energi/industri bahan bangunan. 

    Sampah yang telah ditimbun pada tempat pembuangan akhir (TPA) dapat mengalami proses lanjutan. Teknologi yang digunakan dalam proses lanjutan yang umum adalah (1) teknologi pembakaran (incinerator), (2) teknologi pengomposan (composting), (3) teknologi penimbunan tanah (land fill), dan (4) teknologi daur ulang (recycling).

    Teknologi pembakaran (incinerator) menghasilkan produk samping berupa logam bekas (skrap) dan uap yang dapat dikonservasikan menjadi energi listrik. Teknologi pengomposan (composting) menghasilkan pupuk kompos yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Teknologi penimbunan tanah (land fill) dimanfaatkan untuk menimbun tanah rendah. Teknologi daur ulang (recycling) dapat dimanfaatkan untuk mengolah sampah menjadi barang jadi yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Sampah dipungut dan dikumpulkan, misalnya, kertas, kardus, pecahan kaca, botol bekas, logam-logam, plastik dan sebagainya. Barang-barang bekas ini bisa dikirim ke pabrik yang melakukan daur ulang sehingga barang bekas tadi bisa diolah menjadi bahan baku, yang dapat menghasilkan produk daur ulang seperti karton, kardus pembungkus, alat-alat dan perangkat rumah tangga dari plastik dan kaca.

    Persoalannya adalah sebagian besar masyarakat belum menyadari pentingnya teknologi pengolahan sampah. Sekarang bergantung pada masyarakat apakah menjadikan sampah sebagai bahan yang kotor, berbau, menjijikkan, atau menjadikan sampah sebagai bahan yang bermanfaat bagi kehidupan.

(Diolah dari sumber: “Teknologi Tepat Guna dari Sampah”, http://www.alpensteel.com/ article/56-110-energi-sampah--pltsa/2583--teknologi-tepat-guna-dari-sampah.html)


Untuk mengetahui tingkat pemahaman kamu tentang teks tersebut, jawablah pertanyaan berikut!

Apakah yang dimaksud dengan teknologi proses sampah? 

  1. ... 

  2. ... 

Iklan

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

teknologi proses sampah adalah teknologi untuk memproses atau mendaur ulang sampah menjadi barang yang bermanfaat.

teknologi proses sampah adalah teknologi untuk memproses atau mendaur ulang sampah menjadi barang yang bermanfaat.undefined  

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Teks Teknologi Proses Sampah termasuk kategori teks eksplanasi yang menjelaskan proses teknologi pengolahan sampah. Teknologi proses sampah dapat kita lihat dalam teks pada paragraf kedua: Sampah yang telah ditimbun pada tempat pembuangan akhir (TPA) dapatmengalami proses lanjutan . Teknologi yang digunakan dalam proses lanjutan yangumum adalah (1) t eknologi pembakaran (incinerator), (2) teknologi pengomposan (composting), (3) t eknologi penimbunan tanah (land fill), dan (4) teknologidaur ulang (recycling). Pada paragraf kedua tersebut dijelaskan bahwa sampah dapat mengalami proses lanjutan dengan berbagai teknologi yang bisa mengubah sampah dari barang buangan menjadi barang yang bermanfaat. Jadi, teknologi proses sampah adalah teknologi untuk memproses atau mendaur ulang sampah menjadi barang yang bermanfaat.

Teks Teknologi Proses Sampah termasuk kategori teks eksplanasi yang menjelaskan proses teknologi pengolahan sampah.

Teknologi proses sampah dapat kita lihat dalam teks pada paragraf kedua:

Sampah yang telah ditimbun pada tempat pembuangan akhir (TPA) dapat mengalami proses lanjutan. Teknologi yang digunakan dalam proses lanjutan yang umum adalah (1) teknologi pembakaran (incinerator), (2) teknologi pengomposan (composting), (3) teknologi penimbunan tanah (land fill), dan (4) teknologi daur ulang (recycling).

Pada paragraf kedua tersebut dijelaskan bahwa sampah dapat mengalami proses lanjutan dengan berbagai teknologi yang bisa mengubah sampah dari barang buangan menjadi barang yang bermanfaat.

Jadi, teknologi proses sampah adalah teknologi untuk memproses atau mendaur ulang sampah menjadi barang yang bermanfaat.undefined  

Latihan Bab

Mengenal Teks Eksplanasi

Kebahasaan Teks Eksplanasi

Menganalisis Teks Eksplanasi

Menyusun Teks Eksplanasi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

475

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Baca dan pahami teks berikut! Teknologi Proses Sampah Dengan teknologi yang tepat, sampah yang tadinya sebagai barang buangan,kotor, berbau, menimbulkan penyakit, dan mencemari lingkungan da...

95

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia