Roboguru

Atom unsur  dengan nomor atom 25 dan  dengan nomor atom 26 merupakan unsur-unsur transisi periode keempat. Unsur mana yang lebih bersifat elektromagnetik!

Pertanyaan

Atom unsur undefined dengan nomor atom 25 dan begin mathsize 14px style Fe end style dengan nomor atom 26 merupakan unsur-unsur transisi periode keempat.

  • Unsur mana yang lebih bersifat elektromagnetik!undefined

Pembahasan Soal:

Benda magnet mempunyai kemampuan menarik benda-benda lain yang lebih ringan ke arah dirinya. Dalam hal ini ada magnet permanen artinya kemampuan menariknya tidak lenyap, dan magnet sementara artinya kemampuan menariknya menjadi lenyap jika penyebab timbulnya sifat magnet dihilangkan. Misalnya, logam yang dililiti kumparan arus listrik menjadi magnet yang kemudian disebut sebagai elektromagnet. Namun, jika arus listrik dihilangkan maka sifat magnet menjadi hilang pula. Pada logam transisi pun juga memiliki sifat magnetik yaitu sifat diamagnetik, paramagnetik, feromagnetik, dan antiferomagnetik.

Untuk mengetahui sifat elektromagnetik ditentukan dari elektron tidak berpasangan. Semakin banyak elektron tidak berpasangan, maka semakin kuat sifat paramagnetiknya. Kecuali untuk atom besi (sifat magnetik besi disebut feromagnetik karena memiliki 4 elektron tidak berpasangan).

Berdasarkan jumlah elektron tidak berpasangan, atom besi memiliki 4 elektron tidak berpasangan sedangkan atom mangan memiliki 5 elekton tidak berpasangan sehingga  sifat elektromagnetik paling kuat dimiliki oleh unsur besi.

Maka, unsur yang memiliki sifat elektromagnetik paling kuat adalah unsur besi.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 04 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved