Roboguru

Atom suatu unsur atau nuklida disimbolkan X. Berdasarkan nomor atom (Z) atau nomor massa (A), dikenal adanya isotop. Selain isotop, juga terdapat isoton dan isobar. Jelaskan definisi dari isoton dan isobar! Cari minimal dua contoh masing-masing untuk isoton dan isobar!

Pertanyaan

Atom suatu unsur atau nuklida disimbolkan X. Berdasarkan nomor atom (Z) atau nomor massa (A), dikenal adanya isotop. Selain isotop, juga terdapat isoton dan isobar.

  1. Jelaskan definisi dari isoton dan isobar!
  2. Cari minimal dua contoh masing-masing untuk isoton dan isobar!

Pembahasan Soal:

Pada umumnya, jumlah neutron dalam suatu inti atom sama dengan jumlah proton. Namun ada beberapa atom yang memiliki jumlah neutrin yang tidak sama dengan jumlah proton. Kondisi tersebut membuat sebuah atom atau lebih memiliki karakteristik yang dapat disebut dengan isotop, isobar, atau isoton.

  1. Isobar merupakan atom dari unsur yang berbeda tetapi memiliki nomor massa yang sama. Isoton merupakan atom dari unsur yang berbeda dan nomor massa yang berbeda tetapi memiliki jumlah neutron yang sama.
  2. Contoh dari isoton adalah 613C714N dan 1939K2040Ca. Contoh dari isobar adalah 614C714N dan 1840Ar2040Ca.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Bestanika

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Lengkapilah tabel berikut!

Pembahasan Soal:

Isotop adalah atom-atom dari unsur yang sama tetapi mempunyai nomor massa yang berbeda. 

Isoton adalah atom-atom yang memiliki jumlah proton yang berbeda tetapi jumlah neutronnya sama.

Isobar adalah atom-atom unsur yang berbeda yang memiliki proton berbeda, tetapi nomor massa yang sama. 

Jadi, tabel akan lengkap bila terisi seperti di bawah ini:

 

0

Roboguru

Jelaskan perbedaan isotop, isoton, dan isobar!

Pembahasan Soal:

Isotop adalah unsur-unsur sejenis yang memiliki jumlah proton (nomor atom) sama, contohnya adalah O presubscript 8 presuperscript 16 dan O presubscript 8 presuperscript 18.

Isoton adalah unsur-unsur sejenis yang memiliki jumlah neutron (nomor massa-nomor atom) sama, contohnya adalah O presubscript 8 presuperscript 16 dan C presubscript 6 presuperscript 14.

Isobar adalah unsur-unsur sejenis yang memiliki nomor massa sama, contohnya adalah C presubscript 6 presuperscript 14 dan N presubscript 7 presuperscript 14.

0

Roboguru

Tentukan golongan (isotop, isoton, isobar) dari masing-masing pasangan atom berikut.

Pembahasan Soal:

Isotop adalah dua unsur yang memiliki nomor atom/proton yang sama.
Isobar adalah dua unsur yang memiliki nomor massa yang sama.
Isoton adalah dua unsur yang memiliki jumlah neutron yang sama. Di mana jumlah neutron dapat dicari dengan menghitung selisih nomor massa dengan nomor atom.
 

Fe presubscript 26 presuperscript 56 space dan space Fe presubscript 26 presuperscript 54 memiliki nomor atom yang sama, maka keduanya merupakan isotop.

C presubscript 6 presuperscript 14 space dan space N presubscript 7 presuperscript 14 memiliki nomor massa yang sama, maka keduanya merupakan isobar. 

H presubscript 1 presuperscript 3 space dan space H presubscript 1 presuperscript 1 memiliki nomor atom yang sama, maka keduanya merupakan isotop.

He presubscript 2 presuperscript 4 space dan space H presubscript 1 presuperscript 3 memiliki jumlah neutron yang sama, maka keduanya merupakan isoton.

Zn presubscript 30 presuperscript 65 space dan space Zn presubscript 30 presuperscript 66 memiliki nomor atom yang sama, maka keduanya merupakan isotop.
 

Maka, golongan dari masing-masing pasangan atom tersebut sebagai berikut.
 

italic a bold. bold space Fe presubscript bold 26 presuperscript bold 56 bold space bold dan bold space Fe presubscript bold 26 presuperscript bold 54 bold space bold colon bold space bold isotop italic b bold. bold space C presubscript bold 6 presuperscript bold 14 bold space bold dan bold space N presubscript bold 7 presuperscript bold 14 bold space bold colon bold space bold isobar italic c bold. bold space H presubscript bold 1 presuperscript bold 3 bold space bold dan bold space H presubscript bold 1 presuperscript bold 1 bold space bold colon bold space bold isotop italic d bold. bold space He presubscript bold 2 presuperscript bold 4 bold space bold dan bold space H presubscript bold 1 presuperscript bold 3 bold space bold colon bold space bold isoton italic e bold. bold space Zn presubscript bold 30 presuperscript bold 65 bold space bold dan bold space Zn presubscript bold 30 presuperscript bold 66 bold space bold colon bold space bold Isotop

0

Roboguru

Kelompokkan atom-atom berikut. Manakah yang merupakan isotop, isobar, dan isoton antara satu atom dengan atom yang lain?

Pembahasan Soal:

  • Isotop adalah atom-atom dari unsur yang sama dengan nomor atom sama, tetapi nomor massa berbeda. Pada soal yang termasuk isotop adalah:
    Xe presubscript 54 presuperscript 131 dan Xe presubscript 54 presuperscript 128
    I presubscript 53 presuperscript 131 dan I presubscript 53 presuperscript 130
    Te presubscript 52 presuperscript 126 dan Te presubscript 52 presuperscript 127
  • Isobar adalah atom-atom dari unsur yang berbeda (nomor atom berbeda), tetapi mempunyai nomor massa sama. Pada soal yang termasuk isobar adalah:
    Xe presubscript 54 presuperscript 131 dan I presubscript 53 presuperscript 131
  • Isoton adalah atom-atom dari unsur yang berbeda (nomor atom berbeda), tetapi mempunyai jumlah neutron yang sama. untuk menentukan isoton maka kita harus menentukan jumlah neutron masing-masing atom.
    Xe presubscript 54 presuperscript 131 n double bond A bond p n double bond A bond Z n equals 131 minus sign 54 n equals 77  Xe presubscript 54 presuperscript 128 n double bond A bond p n double bond A bond Z n equals 128 minus sign 54 n equals 74  I presubscript 53 presuperscript 131 n double bond A bond p n double bond A bond Z n equals 131 minus sign 53 n equals 78  I presubscript 54 presuperscript 130 n double bond A bond p n double bond A bond Z n equals 130 minus sign 54 n equals 76  Te presubscript 52 presuperscript 126 n double bond A bond p n double bond A bond Z n equals 126 minus sign 52 n equals 74  Te presubscript 53 presuperscript 127 n double bond A bond p n double bond A bond Z n equals 127 minus sign 52 n equals 75  
    Jadi yang termasuk isoton adalah Xe presubscript 54 presuperscript 128 dan Te presubscript 52 presuperscript 126.

Jadi yang termasuk:

  • Isotop:  Xe presubscript bold 54 presuperscript bold 131 dan Xe presubscript bold 54 presuperscript bold 128I presubscript bold 53 presuperscript bold 131 dan I presubscript bold 53 presuperscript bold 130Te presubscript bold 52 presuperscript bold 126 dan Te presubscript bold 52 presuperscript bold 127.
  • Isobar: Xe presubscript bold 54 presuperscript bold 131 dan I presubscript bold 53 presuperscript bold 131.
  • Isoton: Xe presubscript bold 54 presuperscript bold 128 dan Te presubscript bold 52 presuperscript bold 126.space ​

2

Roboguru

Pernyataan berikut yang benar adalah ... Atom-atom yang mempunyai jumlah neutron dan proton sama tetapi jumlah elektron berbeda disebut isotop. Isobar adalah dua atom yang mempunyai jumlah proton ...

Pembahasan Soal:

Suatu unsur bisa saja memiliki lebih dari satu atom. Perbedaan antara atom-atom yang menyusun unsur ini terletak pada nomor massanya. Atom-atom dari unsur yang sama yang memiliki nomor atom sama, tetapi memiliki nomor massa yang berbeda disebut isotopIsobar adalah atom-atom yang memiliki nomor massa sama, tetapi nomor atom berbeda. Jadi, isobar merupakan kebalikan dari isotop. Isobar suatu atom memiliki sifat kimia berbeda. Isoton adalah atom-ataom yang memiliki jumlah neutron sama, tetapi jumlah protonnya berbeda. Isoton suatu atom memiliki sifat fisika dan kimia berbeda.space

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat diketahui bahwa pernyataan pada soal tentang isotop, isobar, dan isoton yang benar adalah hanya pernyataan nomor 4.space

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved