Iklan

Iklan

Pertanyaan

ASEAN adalah organisasi yang bersifat ....

ASEAN adalah organisasi yang bersifat ....  

  1. International  

  2. Multilateral  

  3. Regional  

  4. Bilateral  

Iklan

I. Handayani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.  

Iklan

Pembahasan

Kerjasama antarnegara di dunia dilakukan atas dasar saling melengkapi karena adanya perbedaan kondisi sumberdaya alam dan sumberdaya manusia, kemudahan transfer, dan kesempatan untuk mengintervensi. Negara-negara di dunia melakukan kerjasama internasional melalui beberapa bentuk yaitu, kerjasama bilateral, kerjasama regional, dan kerjasama multilateral. Kerjasama Bilateral , yaitu kerjasama yang dilakukan antara dua pihak atau dua negara. Contohnya kerjasama antara Indonesia dengan Malaysia dalam bidang pendidikan. Kerjasama Regional , yaitu kerjasama yang dilakukan oleh negara-negara yang berada di suatu kawasan tertentu yang biasanya berdekatan. Contohnya APEC ( Asia-Pacific Economic Cooperation ), ASEAN ( Association of Southeast Asian Nation ), dan EU ( European Union ) atau Uni Eropa. Kerjasama Multilateral , yaitu kerjasama yang diselenggarakan oleh bangsa-bangsa di dunia dengan tidak dibatasi oleh kawasan tertentu atau perkembangan perekonomian suatu negara. ASEAN ( Association of Southeast Asian Nation ) adalah perhimpunan bangsa-bangsa yang ada di kawasan Asia Tenggara yang didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 . Moto dari ASEAN adalah " One Vision, One Identitiy, One Community ". Organisasi ini dibentuk dengan tujuan untuk melakukan kerjasama antarnegara anggota untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, mendorong perdamaian dan stabilitas wilayah, serta membentuk kerjasama dalam berbagai bidang kepentingan bersama. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Kerjasama antarnegara di dunia dilakukan atas dasar saling melengkapi karena adanya perbedaan kondisi sumberdaya alam dan sumberdaya manusia, kemudahan transfer, dan kesempatan untuk mengintervensi. Negara-negara di dunia melakukan kerjasama internasional melalui beberapa bentuk yaitu, kerjasama bilateral, kerjasama regional, dan kerjasama multilateral.

  1. Kerjasama Bilateral, yaitu kerjasama yang dilakukan antara dua pihak atau dua negara. Contohnya kerjasama antara Indonesia dengan Malaysia dalam bidang pendidikan.
  2. Kerjasama Regional, yaitu kerjasama yang dilakukan oleh negara-negara yang berada di suatu kawasan tertentu yang biasanya berdekatan. Contohnya APEC (Asia-Pacific Economic Cooperation), ASEAN (Association of Southeast Asian Nation), dan EU (European Union) atau Uni Eropa.
  3. Kerjasama Multilateral, yaitu kerjasama yang diselenggarakan oleh bangsa-bangsa di dunia dengan tidak dibatasi oleh kawasan tertentu atau perkembangan perekonomian suatu negara.

ASEAN (Association of Southeast Asian Nation) adalah perhimpunan bangsa-bangsa yang ada di kawasan Asia Tenggara yang didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967. Moto dari ASEAN adalah "One Vision, One Identitiy, One Community". Organisasi ini dibentuk dengan tujuan untuk melakukan kerjasama antarnegara anggota untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, mendorong perdamaian dan stabilitas wilayah, serta membentuk kerjasama dalam berbagai bidang kepentingan bersama.
 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.  

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

11

Azfiko January

Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pembentukan kawasan-kawasan pertumbuhan merupakan salah satu contohkerja sama ASEAN di bidang ....

30

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia