Roboguru

Apakah yang menjadi penyebab sering bergantinya kabinet pada Masa Demokrasi Liberal ...

Pertanyaan

Apakah yang menjadi penyebab sering bergantinya kabinet pada Masa Demokrasi Liberal ...

Pembahasan Soal:

Dalam periodisasi Sejarah Indonesia, pada tahun 1950-1959 mengalami suatu masa yang disebut dengan Masa Demokrasi Liberal. Ketika pada masa ini, Indonesia dipimpin oleh seorang presiden sebagai kepala negara dan Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan.
Pada 17 Agustus 1950 sesuai kesepakatan dalam Konferensi Meja Bundar (KMB), bentuk negara Indonesia yang semula Republik Indonesia Serikat (RIS), resmi dibubarkan dan kembali menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Seiring dengan itu, sistem pemerintahan pun berubah menjadi Demokrasi Parlementer dan berdasarkan Undang-Undang Dasar Sementara (UUDS) 1950. 
Adapun konsekuensi politik dan pemerintahan yang muncul sebagai akibat berubahnya sistem kenegaraan tersebut adalah sistem multipartai yang bebas bersuara dan menyuarakan kritikan kepada pemerintah. Meski demikian, semangat revolusi yang dibawa justru tidak semanis yang diharapkan. Kemunculan partai-partai politik dengan kepentingan dan ideologi yang berbeda-beda justru membawa instabilitas dalam pemerintahan dan pembangunan. Hal ini dibuktikan dengan terjadinya pergantian kabinet sebanyak 7 kali selama rentang waktu 9 tahun. 

Dengan demikian, penyebab bergantinya kabinet adalah akibat adanya persaingan tidak sehat dari partai-partai politik,tidak adanya partai dengan suara mayoritas, dan juga konsekuensi dari sistem demokrasi liberal yang mana perdana menteri tidak ada ketetapan waktu jabatanya. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 20 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved