Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apakah transaksi keuangan yang ada di masyarakat seluruhnya harus menggunakan uang tunai atau alat pembayaran tunai? Jelaskan sebaiknya jenis-jenis transaksi yang menggunakan alat pembayaran tunai dan alat pembayaran non tunai!

Apakah transaksi keuangan yang ada di masyarakat seluruhnya harus menggunakan uang tunai atau alat pembayaran tunai? Jelaskan sebaiknya jenis-jenis transaksi yang menggunakan alat pembayaran tunai dan alat pembayaran non tunai! undefined 

Iklan

D. Entry

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Alat pembayaran digunakan sebagai media untuk melakukan berbagai transaksi. Alat pembayaran merupakan aspek yang paling penting karena tanpa alat pembayaran, suatu sistem pembayaran tidak akan berjalan. Pada dasarnya ada dua jenis alat pembayaran yaitu alat pembayaran tunai dan alat pembayarannon tunai. Jenis - jenis alat pembayaran: 1. Alat pembayaran tunai Alat pembayaran tunai merupakan alat transaksi yang digunakan untuk melakukan jual beli secara konvensional. alat pembayaran tunai adalah uang kartal(uang kertas dan uang logam) . Uang kartal masih memainkan peran penting khususnya transaksi bernilai kecil. Dalam masyarakat modern sekarang ini, pemakaian alat pembayaran kartal memang cenderung lebih kecil dibanding uang giral.Mata uang yang digunakan sebagai alat pembayaran di Indonesia adalah rupiah. 2. Alat pembayaran non tunai Alat pembayaran non tunai merupakan alat pembayaran yang tidak menggunaakan uang kartal (uangkertas dan logam). Secara umum pembayaran non tunai terbagi dua bagian, meliputi; Berbasis kartu dan elektronik Pertama, kartu kredit yaitu kartu yang dikeluarkan oleh pihak bank dan sejenisnya untuk memungkinkan nasabahnya membeli barang yang dibutuhkan secara hutang . Yang kedua yaitu kartu debit merupakan kartu mengacu kepada saldo nasabah bank yang diterbitan oeh bank digunakan untuk bertransaksi seperti pembayaran, mentransfer uang atau mengambil uang dari mesin ATM. Dan yang ketiga yaitu E-Money , merupakan kartu elektronik yang dapat digunakan untuk alat pembaayaran atas dasar nilai uang atau yang sudah disetorkan terlebih dahulu. Dana ini simpan secara elektronik untuk digunakan sebagai pembayaran yang dilakukan secara elektronik atau non tunai. Cotohnya yaitu kartu yang digunakan untuk membayar tol, KRL dan transjakarta. Berbasis warkat Warkat adalah surat berharga yang dikeluarkan oleh suatu bank sebagai instrumen penarikan dana nasabah yang memiliki fasilitas Rekening Giro atau Rekening Koran, seperti cek, bilyet giro, nota debit, nota kredit, nota pemindah bukuan, dan kuintansi transfer (wesel). Jadi apakahtransaksi keuangan yang ada di masyarakat seluruhnya harus menggunakan uang tunai atau alat pembayaran tunai jawaban tentu tidak. Pembayaran dapat dilakukandengan cara non tunai, di zaman sekarang ini setiap pembayaran dapatmenggunakan kartu baik itu kredit maupun debit tidak hanya itu masyarakat bisa memfaatkan pembayaran secara elektronik. Dengantransaksi keuangan masyarakat tidak harus menggunakan uang tunai karena bisa menggunakan uang non tunai.

Alat pembayaran digunakan sebagai media untuk melakukan berbagai transaksi. Alat pembayaran merupakan aspek yang paling penting karena tanpa alat pembayaran, suatu sistem pembayaran tidak akan berjalan. Pada dasarnya ada dua jenis alat pembayaran yaitu alat pembayaran tunai dan alat pembayaran non tunai.

Jenis - jenis alat pembayaran:

1. Alat pembayaran tunai
     Alat pembayaran tunai merupakan alat transaksi yang digunakan untuk melakukan jual beli secara konvensional. alat pembayaran tunai adalah uang kartal (uang kertas dan uang logam). Uang kartal masih memainkan peran penting khususnya transaksi bernilai kecil.  Dalam masyarakat modern sekarang ini, pemakaian alat pembayaran kartal memang cenderung lebih kecil dibanding uang giral. Mata uang yang digunakan sebagai alat pembayaran di Indonesia adalah rupiah.
 

2. Alat pembayaran non tunai
      Alat pembayaran non tunai merupakan alat pembayaran yang tidak menggunaakan uang kartal (uang kertas dan logam). Secara umum pembayaran non tunai terbagi dua bagian, meliputi;

  1. Berbasis kartu dan elektronik
    Pertama, kartu kredit yaitu kartu yang dikeluarkan oleh pihak bank dan sejenisnya untuk memungkinkan nasabahnya membeli barang yang dibutuhkan secara hutang. Yang kedua yaitu kartu debit merupakan kartu mengacu kepada saldo nasabah bank yang diterbitan oeh bank digunakan untuk bertransaksi seperti pembayaran, mentransfer uang atau mengambil uang dari mesin ATM. Dan yang ketiga yaitu  E-Money, merupakan kartu elektronik yang dapat digunakan untuk alat pembaayaran atas dasar nilai uang atau yang sudah disetorkan terlebih dahulu. Dana ini simpan secara elektronik untuk digunakan sebagai pembayaran yang dilakukan secara elektronik atau non tunai. Cotohnya yaitu kartu yang digunakan untuk membayar tol, KRL dan transjakarta.
     
  2. Berbasis warkat
    Warkat 
    adalah surat berharga yang dikeluarkan oleh suatu bank sebagai instrumen penarikan dana nasabah yang memiliki fasilitas Rekening Giro atau Rekening Koran, seperti cek, bilyet giro, nota debit, nota kredit, nota pemindah bukuan, dan kuintansi transfer (wesel).

Jadi apakah transaksi keuangan yang ada di masyarakat seluruhnya harus menggunakan uang tunai atau alat pembayaran tunai jawaban tentu tidak. Pembayaran dapat dilakukan dengan cara non tunai, di zaman sekarang ini setiap pembayaran dapat menggunakan kartu baik itu kredit maupun debit tidak hanya itu masyarakat bisa memfaatkan pembayaran secara elektronik.

Dengan transaksi keuangan masyarakat tidak harus menggunakan uang tunai karena bisa menggunakan uang non tunai.  

space space space space 

Latihan Bab

Bank Sentral

Peran Bank Indonesia dalam Sistem Pembayaran

Sejarah Uang

Syarat, Fungsi, Nilai, dan Jenis Uang

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4rb+

Rahmadin Tatajayanti

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Mudah dimengerti Bantu banget Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan media pembayaran non tunai!

1rb+

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia