Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apa perbedaan alat pembayaran tunai dan non tunai!

Apa perbedaan alat pembayaran tunai dan non tunai!  

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Perbedaan sistem pembayaran tunai dan non tunai dipandang dari alat yang digunakan akan dijelaskan di bawah ini. Pembayaran secara tunai merupakan salah satu alat transaksi, yang proses pembayarannya langsung menggunakan uang kertas maupun logam yang diberikan kepada pihak pemberi barang atau penjual. Untuk alat pembayaran secara tunai sendiri memiliki beberapa keuntungan dan kerugian seperti: Keuntungan Tidak mengharuskan masyarakat mencari mesin canggih yang digunakan untuk membayar transaksi, disebabkan membayar tunai bisa langsung dengan uang. Masyarakat bisa melakukan transaksi dimanapun sesuai yang diinginkannya. Kerugian Dengan adanya pembayaran tunai ini, membuat masyarakat harus mengantri apabila hendak membayar transaksi kepada penjual yang menjual barangnya. Pembayaran tunai ini membutuhkan banyak tempat untuk peletakkannya. Apalagi, jika uang yang dimiliki dalam jumlah besar, maka masyarakat pun diwajibkan memiliki tempat yang besar pula. Mempunyai keamanan yang kurang, sehingga membuat masyarakat selalu waspada apabila membawa banyak uang tunai. Pembayaran secara non tunai adalah sebuah transaksi pembelanjaan yang dilakukan oleh masyarakat tanpa menggunakan uang melainkan dengan kartu pembayaran. Biasanya, kartu pembayaran yang digunakan untuk transaksi ini, bisa didapatkan langsung dari pihak bank. Instrumen pembayaran non tunai dapat dibagi atas alat pembayaran non tunai dengan media kertas, seperti cek, bilyet giro, wesel, dll, serta alat pembayaran non tunai dengan media kartu ( plastic money ) seperti: kartu kredit, kartu debit, kartu ATM, uang elektronik, dll. Tidak jauh berbeda dengan alat pembayaran secara tunai, alat pembayaran non tunai pun memiliki berbagai keuntungan maupun kerugian: Keuntungan Pembayaran transaksi yang akan dilakukan bisa kapan dan dimana saja. Menghemat waktu ketika melakukan transaksi dan tanpa harus mengantri dengan yang lain. Mendapatkan keamanan lebih, dikarenakan pihak bank akan mencatat sekaligus mengamankan uang yang sudah dikeluarkan maupun disimpan dalam kartu. Bisa membeli barang meski harus membayar di bulan berikutnya. Keamanan pengguna kartu sangat aman, disebabkan uang hanya ada di dalam kartu. Kerugian Tidak terdapat kerugian saat melakukan pembayaran dengan kartu pembayaran. Hanya saja, menggunakan pembayaran dengan cara ini, masyarakat harus mampu mengatur uang dengan semestinya dan tidak menumpuk banyak utang.

Perbedaan sistem pembayaran tunai dan non tunai dipandang dari alat yang digunakan akan dijelaskan di bawah ini.

Pembayaran secara tunai merupakan salah satu alat transaksi, yang proses pembayarannya langsung menggunakan uang kertas maupun logam yang diberikan kepada pihak pemberi barang atau penjual. Untuk alat pembayaran secara tunai sendiri memiliki beberapa keuntungan dan kerugian seperti:

Keuntungan

  • Tidak mengharuskan masyarakat mencari mesin canggih yang digunakan untuk membayar transaksi, disebabkan membayar tunai bisa langsung dengan uang.
  • Masyarakat bisa melakukan transaksi dimanapun sesuai yang diinginkannya.

Kerugian

  • Dengan adanya pembayaran tunai ini, membuat masyarakat harus mengantri apabila hendak membayar transaksi kepada penjual yang menjual barangnya.
  • Pembayaran tunai ini membutuhkan banyak tempat untuk peletakkannya. Apalagi, jika uang yang dimiliki dalam jumlah besar, maka masyarakat pun diwajibkan memiliki tempat yang besar pula.
  • Mempunyai keamanan yang kurang, sehingga membuat masyarakat selalu waspada apabila membawa banyak uang tunai.

Pembayaran secara non tunai adalah sebuah transaksi pembelanjaan yang dilakukan oleh masyarakat tanpa menggunakan uang melainkan dengan kartu pembayaran. Biasanya, kartu pembayaran yang digunakan untuk transaksi ini, bisa didapatkan langsung dari pihak bank. Instrumen pembayaran non tunai dapat dibagi atas alat pembayaran non tunai dengan media kertas, seperti cek, bilyet giro, wesel, dll, serta alat pembayaran non tunai dengan media kartu (plastic money) seperti: kartu kredit, kartu debit, kartu ATM, uang elektronik, dll. Tidak jauh berbeda dengan alat pembayaran secara tunai, alat pembayaran non tunai pun memiliki berbagai keuntungan maupun kerugian:

Keuntungan

  • Pembayaran transaksi yang akan dilakukan bisa kapan dan dimana saja.
  • Menghemat waktu ketika melakukan transaksi dan tanpa harus mengantri dengan yang lain.
  • Mendapatkan keamanan lebih, dikarenakan pihak bank akan mencatat sekaligus mengamankan uang yang sudah dikeluarkan maupun disimpan dalam kartu.
  • Bisa membeli barang meski harus membayar di bulan berikutnya.
  • Keamanan pengguna kartu sangat aman, disebabkan uang hanya ada di dalam kartu.

Kerugian

  • Tidak terdapat kerugian saat melakukan pembayaran dengan kartu pembayaran. Hanya saja, menggunakan pembayaran dengan cara ini, masyarakat harus mampu mengatur uang dengan semestinya dan tidak menumpuk banyak utang. undefined 

6rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Alat pembayaran tunai masih sering digunakan masyarakat di Indonesia walaupun alat pembayaran nontunai marak beredar. Uang tunai masih digunakan dalam kegiatan ekonomi oleh sebagian besar masyarakat k...

1rb+

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia