Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apakah kelebihan strategi yang digunakan oleh British untuk menguasai Alam Melayu berbanding dengan strategi yang digunakan oleh Belanda?

Apakah kelebihan strategi yang digunakan oleh British untuk menguasai Alam Melayu berbanding dengan strategi yang digunakan oleh Belanda?undefined 

Iklan

D. Entry

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Alam Melayu merupakan wilayah yang kaya dengan hasil bumi dan jalur pelayaran penting di dunia. Alam Melayu di Indonesia mencakup Sumatera dan Semenanjung Melayu. Karena wilayah Alam Melayu merupakan wilayah yang kaya dengan hasil bumi dan jalur pelayaran penting di dunia, maka banyak bangsa-bangsa barat ingin menguasai wilayah tersebut dengan berbagai strategi yang dilaksanakan, baik misalnya bangsa Inggris dan bangsa Belanda. Untuk mencapai keinginan yakni menguasai wilayah Alam Melayu di Indonesia, maka bangsa-bangsa barat melakukan strategi penguasaan seperti bangsa Inggris melakukan strategi diplomasi atau menjalin hubungan yang baik. Misalnya: H ubungan bangsa Inggris oleh Raffles dengan Palembang oleh Raja Baharuddin (1811). Sementara itu, bangsa Belanda lebihmenggunakan strategi agresi atau penaklukan, misalnya seperti: Perang Palembang (1819-1821) Dengan demikian, kelebihan strategi bangsa Inggris adalah mengutamakan diplomasi atau menjalin hubunganbaik dan Belanda yang mengutamakan agresi atau penaklukkan.

Alam Melayu merupakan wilayah yang kaya dengan hasil bumi dan jalur pelayaran penting di dunia. Alam Melayu di Indonesia mencakup Sumatera dan Semenanjung Melayu. Karena wilayah Alam Melayu merupakan wilayah yang kaya dengan hasil bumi dan jalur pelayaran penting di dunia, maka banyak bangsa-bangsa barat ingin menguasai wilayah tersebut dengan berbagai strategi yang dilaksanakan, baik misalnya bangsa Inggris dan bangsa Belanda.

Untuk mencapai keinginan yakni menguasai wilayah Alam Melayu di Indonesia, maka bangsa-bangsa barat melakukan strategi penguasaan seperti bangsa Inggris melakukan strategi diplomasi atau menjalin hubungan yang baik. Misalnya: Hubungan bangsa Inggris oleh Raffles dengan Palembang oleh Raja Baharuddin (1811). Sementara itu, bangsa Belanda lebih menggunakan strategi agresi atau penaklukan, misalnya seperti: Perang Palembang (1819-1821)

Dengan demikian, kelebihan strategi bangsa Inggris adalah mengutamakan diplomasi atau menjalin hubungan baik dan Belanda yang mengutamakan agresi atau penaklukkan.

 

undefined

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Masa pemerintahan Raffles di Hindia Belanda berakhir pada tahun ....

3

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia