Roboguru

Apakah isi teks tersebut sesuai fakta?

Pertanyaan

Apakah isi teks tersebut sesuai fakta?space 

Pembahasan Soal:

Fakta merupakan salah satu unsur yang harus ada dalam teks laporan hasil observasi. Fakta yang terdapat dalam teks laporan hasil observasi adalah fakta-fakta yang terkait dengan objek yang diamati.


Isi teks laporan hasil observasi di atas telah disusun berdasarkan fakta-fakta.

Berdasarkan kutipan:

Kamir R. Brata telah meneliti biopori sejak ia mengikuti perkuliahan S-2 bidang studi Soil Physics di University of Western Australia mulai tahun 1992.

Isi teks tersebut disusun berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh Kamir R. Brata sebelumnya.

Dengan demikian, dapat dikatakan isi teks laporan hasil  observasi di atas telah disusun berdasarkan fakta.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Fathurachman

Mahasiswa/Alumni Universitas Pertamina

Terakhir diupdate 28 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

kalimat yang tidak mengungkapkan fakta ditandai dengan nomor ....

Pembahasan Soal:

    Teks laporan hasil observasi adalah teks yang memberikan informasi secara umum tentang sesuatu berdasarkan fakta dari hasil pengamatan secara langsung. Fakta merupakan kejadian yang nyata, sungguh-sungguh terjadi, dan diketahui oleh semua orang.

    Berikut merupakan kutipan paragraf teks laporan hasil observasi mengenai kondisi kota Jakarta yang diguyur hujan.

(1) Dua hari berturut-turut, hujan deras mengguyur ibu kota Jakarta. (2) Saluran air di mana-mana tidak lancar. (3) Sampah-sampah memenuhi sungai-sungai sehingga tersumbat. (4) Resapan air kini telah berubah fungsinya sebagai tempat hiburan. (5) Pohon-pohon banyak ditebang. (6) Oleh karena itu, tidak heran apabila begitu hujan mengguyur wilayah kota itu, banjir begitu mudah terjadi.

    Sesuai pengertiannya teks laporan observasi merupakan teks yang berisi informasi tentang sesuatu berdasarkan fakta dari hasil pengamatan. Dalam kutipan paragraf tersebut terdapat kalimat yang mengandung fakta juga opini. Hal ini dapat dibuktikan dengan kutipan kalimat berikut.

(1) Dua hari berturut-turut, hujan deras mengguyur ibu kota Jakarta. (2) Saluran air di mana-mana tidak lancar. (3) Sampah-sampah memenuhi sungai-sungai sehingga tersumbat. (4) Resapan air kini telah berubah fungsinya sebagai tempat hiburan. (5) Pohon-pohon banyak ditebang.

    Paragraf tersebut berisi fakta, karena di dalam teks tersebut terdapat hasil pengamatan secara langsung yang dibuktikan dengan waktu kejadian yang dijelaskan pada kalimat pertama dan dampak yang dihasilkan dijelaskan pada kalimat kedua sampai kalimat kelima. Kutipan tersebut dapat disebut fakta, karena salah satu ciri fakta yaitu dengan adanya hasil sebuah data penelitian/ pengamatan yang pastinya bisa dipertangungjawabkan. Bandingkan dengan kalimat berikut.

.... (6) Oleh karena itu, tidak heran apabila begitu hujan mengguyur wilayah kota itu, banjir begitu mudah terjadi.

    Kalimat tersebut merupakan sebuah opini. Jika fakta menghadirkan sebuah data yang bisa dipertanggungjawabkan, maka opini hanya berupa pemikiran penulis laporan.

    Berdasarkan analisis tersebut, maka yang bukan merupakan kalimat fakta yaitu kalimat (6).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D. 

0

Roboguru

Contoh kalimat fakta adalah ...

Pembahasan Soal:

Kalimat fakta merupakan kalimat yang berisi kenyataan atau sesuatu yang benar-benar terjadi, dan diketahui oleh semua orang. Salah satu ciri kalimat fakta adalah memuat hasil sebuah data penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan dan tidak bersifat subjektif.

Contoh kalimat fakta adalah Biopori dapat mengubah sampah organik menjadi kompos.
Kalimat tersebut mengandung fakta tentang biopori yang dapat dibuktikan oleh data penelitian ilmiah. Selain itu, kalimat tersebut juga bersifat objektif. Adapun pilihan jawaban yang lain merupakan opini karena berupa gagasan atau pendapat yang dikemukakan.


Dengan demikian jawaban yang benar adalah pilihan B.

0

Roboguru

Objek yang diobservasi pada kutipan teks di atas ialah ....

Pembahasan Soal:

Teks laporan hasil observasi merupakan teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi, setelah diadakannya investigasi atau penelitian secara sistematis. Pada kutipan teks di atas, dibahas manfaat dari Taman Nasional Baluran, sehingga hal atau objek yang dibahas adalah Taman Nasional Baluran. Oleh karena itu, objek yang diobservasi pada kutipan teks di atas ialah Taman Nasional Baluran.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Informasi yang sesuai dengan teks laporan hasil observasi tersebut adalah...

Pembahasan Soal:

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisi informasi tentang suatu objek berdasarkan hasil pengamatan yang sudah dilakukan.

Untuk dapat mengetahui informasi yang sesuai dengan teks laporan hasil observasi terlebih dahulu perlu dibaca dengan cermat dan dianalisis sebagai berikut:

  1. Kasus anoreksia pada anak-anak bersifat multifaktoral. Informasi ini tidak sesuai dengan teks laporan hasil observasi karena dalam teks tersebut kasus anoreksia bersifat multifaktoral pada orang lansia. Hal tersebut dibuktikan oleh kalimat kedua paragraf pertama yaitu, Kasus anoreksia dan penurunan berat badan pada orang lansia bersifat multifaktoral.
  2. Kelainan fisik dan depresi berpengaruh pada status gizi lansia. Informasi ini sesuai dengan teks laporan hasil observasi. Hal tersebut dibuktikan oleh kalimat ketiga paragraf pertama, Kelainan fisik dan depresi karena rasa sedih dan terisolasi akan berpengaruh terhadap status gizi lansia.
  3. Berkurangnya selera makan dapat diatasi dengan konsumsi kopi. Informasi ini tidak sesuai dengan teks laporan hasil observasi karena dalam teks tersebut salah satu cara mengatasi berkurangnya selera makan adalah dengan menghindari kopi. Hal tersebut dibuktikan oleh kalimat pertama dan kedua paragraf kedua yaitu, Berkurangnya selera makan dapat diatasi dengan beberapa cara. Cara tersebut di antaranya menghindari minuman beralkohol dan kopi, serta mengonsumsi makanan bergizi.
  4. Konsumsi buah dan sayur dapat mengurangi selera makan. Informasi ini tidak sesuai dengan teks laporan hasil observasi karena dalam teks tersebut mengonsumsi buah dan sayur dapat mengatasi berkurangnya selera makan. Hal tersebut dibuktikan oleh kalimat ketiga paragraf kedua yaitu, Selain itu, berkurangnya selera makan dapat diatasi dengan minum jus buah dan sayur.

Maka, Informasi yang sesuai dengan teks laporan hasil observasi tersebut adalah kelainan fisik dan depresi berpengaruh pada status gizi lansia.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah  B.space 

0

Roboguru

Apakah pada bagian deskripsi bagian telah disampaikan secara rinci objek yang diamati?

Pembahasan Soal:

Deskripsi bagian merupakan struktur dari teks laporan hasil observasi. Deskripsi bagian berisi tentang perincian hal-hal yang diamati atau dilaporkan. Perincian tersebut dapat berupa klasifikasi dari berbagai segi dan deskripsi manfaat suatu objek, serta sifat-sifat khusus suatu objek.


Deskripsi bagian pada teks laporan hasil observasi tersebut adalah:

    Dinding lubang biopori akan membentuk lubang-lubang kecil (pori-pori) yang mampu menyerap air. Dengan lubang berdiameter 10 cm dan kedalaman 100 cm akan didapatkan bidang penyerapan sebesar 3.220,13 cm2. Tanpa biopori, area tanah berdiameter 10 cm hanya memiliki luas bidang penyerapan 78 cm persegi.

    Kamir R. Brata telah meneliti biopori sejak ia mengikuti perkuliahan S-2 bidang studi Soil Physics di University of Western Australia mulai tahun 1992. Semula istilah yang dipakai untuk biopori adalah mulsa vertikal. Pada awalnya mulsa vertikal digunakan untuk penyehatan pohon dan tumbuhan lain. Kini metode itu bertambah manfaatnya juga untuk penyerapan air, kesehatan tanah, dan penanganan limbah organik.

    Penelitian tersebut mulai dikenal luas ketika terjadi peristiwa banjir di Jakarta pada tahun 2007. IPB sebagai lembaga pendidikan kemudian menawarkan teknologi itu. Atas saran pihak media massa, mulsa vertikal diubah namanya menjadi biopori supaya mudah diingat. Hal itu disetujui oleh Kamir R. Brata sebagai penemunya.

    Biopori dapat dibuat di sekitar rumah. Kawasan hijau di halaman rumah dapat dilengkapi dengan biopori, bahkan di tempat yang tanahnya tertutup semen. Penerapan 3R (reduce, reuse, dan recycle) di lingkungan rumah dapat dilakukan dengan biopori.

    Biopori memiliki segudang manfaat, yaitu memperluas bidang penyerapan air, sebagai penanganan limbah organik, dan meningkatkan kesehatan tanah. Selain itu, biopori juga bermanfaat sebagai pelengkap taman di berbagai rumah.

    Biopori mampu meningkatkan daya penyerapan tanah terhadap air sehingga risiko terjadinya penggenangan air semakin kecil. Air yang tersimpan ini dapat menjaga kelembaban tanah di musim kemarau.

    Biopori juga dapat mengubah sampah organik menjadi kompos. Sampah organik yang digunakan bisa berasal dari kebun atau taman. Hal ini dapat mengurangi aktivitas pembakaran sampah. Setelah proses pengomposan selesai, komposnya dapat diambil untuk disebarkan ke tanaman. Kemudian biopori dapat diisi dengan sampah organik lainnya. Biopori juga dapat meningkatkan aktivitas mikroorganisme tanah sehingga meningkatkan kesehatan tanah dan tumbuhan sekitar.

Deskripsi bagian pada teks laporan hasil observasi tersebut berisi tentang perincian mengenai lubang resapan biopori yang dicetuskan oleh DR. Kamir Raziudin Brata, peneliti dari Fakultas Pertanian lnstitut Pertanian Bogor (IPB). Pada bagian ini juga dijelaskan secara detail mengenai manfaat lubang resapan biopori.

Dengan demikian, deskripsi bagian pada teks laporan hasil observasi tersebut telah disampaikan secara rinci objek yang diamati. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved