Roboguru
SD

Apabila kalian melapisi cincin besi dengan logam perak, tentukan: a. Rancangan sel elektrolisis dengan katode, anode, larutan elektrolit yang digunakan, dan aliran elektron! b. Jelaskan proses elektrolisis yang terjadi!

Pertanyaan

Apabila kalian melapisi cincin besi dengan logam perak, tentukan:

a. Rancangan sel elektrolisis dengan katode, anode, larutan elektrolit yang digunakan, dan aliran elektron!space

b. Jelaskan proses elektrolisis yang terjadi!

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

rangkaian sel elektrolisisnya: pada katoda cincin besi dan anoda logam perak murni, larutan yang digunakan adalah perak nitrat; prosesnya pada katoda terjadi pengendapan perak pada cincin besi dan pada anoda perak terus menerus larut.

Pembahasan

Pelapisan logam dengan logam lain disebut penyepuhan. Penyepuhan (elektroplating) bertujuan untuk melindungi logam terhadap korosi atau untuk memperbaiki penampilan.  

a. Rancangan sel elektrolisis

Pada penyepuhan, logam yang akan disepuh dijadikan katode, sedangkan logam penyepuhnya sebagai anode. Kedua elektrode tersebut dicelupkan dalam larutan garam dari logam penyepuh. Cincin digunakan sebagai katode, sedangkan anode adalah perak murni. Larutan elektrolitnya adalah larutan perak nitrat.

b. Proses elektrolisis

Pada katode terjadi pengendapan perak, sedangkan pada anode, perak terus-menerus Iarut. Reaksinya adalah sebagai berikut:

Katode colon space Ag to the power of plus sign left parenthesis italic a italic q right parenthesis plus e to the power of minus sign yields Ag open parentheses italic s close parentheses Anode space colon space Ag open parentheses italic s close parentheses yields Ag to the power of plus sign left parenthesis italic a italic q right parenthesis plus e to the power of minus sign 

Ketika arus memasuki sel elektrolisis melalui kutub negatif (katode), ion Ag+ menangkap elektron dan mengalami reaksi reduksi membentuk lapisan Ag pada besi. Sementara itu, Ag pada anode melepas elektron dan mengalami oksidasi. Sehingga elektron mengalir dari anode (kutub positif) menuju katde (kutub negatif). Proses elektrolisis berlangsung terus menerus sampai cincin selesai terlapisi perak.

Jadi, rangkaian sel elektrolisisnya: pada katoda cincin besi dan anoda logam perak murni, larutan yang digunakan adalah perak nitrat; prosesnya pada katoda terjadi pengendapan perak pada cincin besi dan pada anoda perak terus menerus larut.

1rb+

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Pada proses pelapisan logam besi dengan logam perak terjadi pelepasan elektron dari logam Ag pada anoda menjadi ion Ag+. Ion  tersebut akan menuju katoda dan mengikat elektron membentuk endapan logam ...

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia