Roboguru

Tuliskan masing-masing 3 contoh aplikasi sel volta...

Tuliskan masing-masing 3 contoh aplikasi sel volta dan sel elektrolisis dalam kehidupan sehari-hari dilengkapi reaksi kimianya!space 

Jawaban:

Aplikasi sel volta:

a. Aki
Aki adalah jenis baterai yang banyak digunakan untuk kendaraan bermotor. Sel aki terdiri atas anode Pb (timbal = timah hitam) dan katode begin mathsize 14px style Pb O subscript 2 end style  (timbal(IV) oksida). Reaksi pengosongan aki adalah sebagai berikut:

Aki dapat diisi ulang, berikut adalah reaksi pengisian ulang aki:

 

b. Baterai kering
baterai kering terdiri atas suatu silinder zink yang berisi pasta dari campuran batu kawi (begin mathsize 14px style Mn O subscript 2 end style), salmiak (begin mathsize 14px style N H subscript 4 C I end style), karbon (C), dan sedikit air. Reaksi yang terjadi adalah:

c. Baterai alkaline
Baterai kering alkaline pada dasarnya sama dengan baterai kering diatas, tetapi bersifat basa karena menggunakan begin mathsize 14px style K O H end style menggantikan begin mathsize 14px style N H subscript 4 C I end style dalam pasta. Reaksi yang terjadi:

Aplikasi sel elektrolisis:

a. Produksi zat
Banyak zat kimia dibuat melalui elektrolisis, misalnya logam-logam alkali, magnesium, aluminium, fluorin, klorin, natrium hidroksida, natrium hipoklorit, dan hidrogen peroksida. Berikut adalah salah satu contoh elektrolisis larutan begin mathsize 14px style Na C I end style menghasilkan begin mathsize 14px style Na O H end style di katode dan begin mathsize 14px style Cl subscript 2 end style di anode:

b. Pemurnian logam
Misalnya pada tembaga yang dimurnikan secara elektrolisis. Tembaga kotor dijadikan anode, sedangkan pada katode digunakan tembaga murni. Larutan elektrolit yang digunakan adalah larutan begin mathsize 14px style Cu S O subscript 4 end style. Reaksinya adalah sebagai berikut:

 

c. Penyepuhan
Penyepuhan bertujuan untuk melindungi logam terhadap korosi atau untuk memperbaiki penampilan. Logam yang akan disepuh dijadikan katode, sedangkan logam penyepuhnya sebagai anode. Kedua elektrode tersebut dicelupkan dalam larutan garam dari logam penyepuh. Contoh, penyepuhan sendok yang terbuat dari besi (baja) dengan perak.

Jadi, aplikasi sel volta adalah pada aki, baterai kering, baterai alkaline. Sedangkan aplikasi sel elektrolisis adalah produksi zat, pemurnian logam, dan penyepuhan.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved