Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apabila dalam urine seseorang ada glukosa, sedangkan ia tidak mengidap diabetes melitus, maka kemungkinan telah terjadi kerusakan pada bagian ….

Apabila dalam urine seseorang ada glukosa, sedangkan ia tidak mengidap diabetes melitus, maka kemungkinan telah terjadi kerusakan pada bagian ….

  1. lengkung henleundefined

  2. glomerulusundefined

  3. tubulus proksimalundefined

  4. kapsula bouwmannundefined

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah C.

pilihan jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Ginjal merupakan organ yang berperan dalam sistem ekskresi. Ginjal tersusun atas nefron. Nefron merupakan penyusun utama ginjal yang berfungsi untuk menyaring darah. Penyaringan darah pada ginjal terdiri dari 3 tahap: Filtrasi, merupakan awal penyaringan darah yang terjadi di glomerulus . Tahap filtrasi menghasilkan urine primer yang mengandung glukosa, urobilin, urea, air, asam amino, dan berbagai ion seperti kalium, kalsium, natrium, dan klor. Reabsorpsi, merupakan tahap penyaringan urine primer yang terjadi di tubulus kontortus proksimal . Pada tahap reabsorpsi terjadi penyerapan kembali zat-zat yang masih diperlukan oleh tubuh, seperti glukosa, asam amino. Tahap reabsorpsi menghasilkan urine sekunder yang mengandung air, garam, urea (zat penimbul bau pada urin), dan urobilin (zat warna pada urine). Augmentasi, merupakan tahap pengeluaran zat-zat yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh yang berlangsung di tubulus kontortus distal . Tahap augmentasi menghasilkan urine sejati yang nantinya akan ditampung di kandung kemih dan kemudiandikeluarkan dari dalam tubuh. Berdasarkan uraian di atas, jika di dalam urine masih mengandung glukosa tanpa adanya penyakit diabetes mellitusmaka dapat disimpulkan terjadi kerusakan di bagian tubulus kontortus proksimal . Pada tahap reabsorpsi di tubulus proksimal seharusnya glukosa diserap kembali ke dalam tubuh. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Ginjal merupakan organ yang berperan dalam sistem ekskresi. Ginjal tersusun atas nefron. Nefron merupakan penyusun utama ginjal yang berfungsi untuk menyaring darah. Penyaringan darah pada ginjal terdiri dari 3 tahap :

  1. Filtrasi, merupakan awal penyaringan darah yang terjadi di glomerulus. Tahap filtrasi menghasilkan urine primer yang mengandung glukosa, urobilin, urea, air, asam amino, dan berbagai ion seperti kalium, kalsium, natrium, dan klor.
  2. Reabsorpsi, merupakan tahap penyaringan urine primer yang terjadi di tubulus kontortus proksimal. Pada tahap reabsorpsi terjadi penyerapan kembali zat-zat yang masih diperlukan oleh tubuh, seperti glukosa, asam amino. Tahap reabsorpsi menghasilkan urine sekunder yang mengandung air, garam, urea (zat penimbul bau pada urin), dan urobilin (zat warna pada urine). 
  3. Augmentasi, merupakan tahap pengeluaran zat-zat yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh yang berlangsung di tubulus kontortus distal. Tahap augmentasi menghasilkan urine sejati yang nantinya akan ditampung di kandung kemih dan kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh.

Berdasarkan uraian di atas, jika di dalam urine masih mengandung glukosa tanpa adanya penyakit diabetes mellitus maka dapat disimpulkan terjadi kerusakan di bagian tubulus kontortus proksimal. Pada tahap reabsorpsi di tubulus proksimal seharusnya glukosa diserap kembali ke dalam tubuh.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Latihan Bab

Struktur dan Fungsi Sistem Ekskresi

Gangguan pada Sistem Ekskresi dan Upaya Pencegahannya

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

12rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar berikut! Berdasarkan gambar di atas, bagian yang ditunjukkan nomor 3 merupakan tempat terjadinya proses ....

2rb+

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia