Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut! Tempat terjadinya penyaringan darah dan tempat penyerapan kembali glukosa dan asam amino berturut-turut ditunjukkan oleh nomor . . . .

Perhatikan gambar berikut!

Tempat terjadinya penyaringan darah dan tempat penyerapan kembali glukosa dan asam amino berturut-turut ditunjukkan oleh nomor . . . .space space 

  1. 1 dan 3space space 

  2. 3 dan 5space space 

  3. 2 dan 4space space 

  4. 2 dan 6space space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah A.

pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Perhatikan gambar struktur nefron pada ginjal berikut ini! Ginjal berperan sebagai alat ekskresi dengan cara menyaring darah hingga zat-zat sisa yang terdapat di dalam darah dapat dikeluarkan dalam bentuk air seni (urine). Penyaringan darah hingga terbentuk urine meliputi tahap: Penyaringan (filtrasi), plasma darah dan zat yang terlarut di dalamnya disaring oleh glomerulus di dalam badan Malpighi. Hasil saringan (filtrat) dari glomerulus dan kapsul Bowman disebut f iltrat glomerulus atau urine primer . Dalam urine primer masih terdapat air, glukosa, asam amino, dan garam mineral. Penyerapan kembali (reabsorpsi), terjadi di tubulus kontortus proksimal . Hampir semua gula, vitamin, asam amino, ion, dan air diserap kembali. Hasil reabsorpsi berupa filtrat tubulus atau urine sekunder . Urine sekunder mengandung air, garam, urea, dan pigmen empedu yang memberi warna dan bau pada urine. Pengumpulan (augmentasi), terjadi di tubulus kontortus distal , beberapa zat sisa, seperti asam urat, ion hidrogen, amonia, dan kreatinin ditambahkan ke dalam urine sekunder sehingga tubuh terbebas dari zat-zat berbahaya. Urine sekunder yang telah ditambahkan dengan berbagai zat tersebut disebut urine . Berdasarkan gambar dan penjelasan sebelumnya, berarti tempat terjadinya filtrasi dan reabsorpsi berturut-turut ditunjukkan oleh nomor 1 dan 3. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Perhatikan gambar struktur nefron pada ginjal berikut ini!

Ginjal berperan sebagai alat ekskresi dengan cara menyaring darah hingga zat-zat sisa yang terdapat di dalam darah dapat dikeluarkan dalam bentuk air seni (urine). Penyaringan darah hingga terbentuk urine meliputi tahap:

  1. Penyaringan (filtrasi), plasma darah dan zat yang terlarut di dalamnya disaring oleh glomerulus di dalam badan Malpighi. Hasil saringan (filtrat) dari glomerulus dan kapsul Bowman disebut filtrat glomerulus atau
    urine primer. Dalam urine primer masih terdapat air, glukosa, asam amino, dan garam mineral.
  2. Penyerapan kembali (reabsorpsi), terjadi di tubulus kontortus proksimal. Hampir semua gula, vitamin, asam amino, ion, dan air diserap kembali. Hasil reabsorpsi berupa filtrat tubulus atau urine sekunder. Urine sekunder mengandung air, garam, urea, dan pigmen empedu yang memberi warna dan bau pada urine.
  3. Pengumpulan (augmentasi), terjadi di tubulus kontortus distal, beberapa zat sisa, seperti asam urat, ion hidrogen, amonia, dan kreatinin ditambahkan ke dalam urine sekunder sehingga tubuh terbebas dari zat-zat berbahaya. Urine sekunder yang telah ditambahkan dengan berbagai zat tersebut disebut urine.

Berdasarkan gambar dan penjelasan sebelumnya, berarti tempat terjadinya filtrasi dan reabsorpsi berturut-turut ditunjukkan oleh nomor 1 dan 3.space space 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Latihan Bab

Struktur dan Fungsi Sistem Ekskresi

Gangguan pada Sistem Ekskresi dan Upaya Pencegahannya

Konsep Kilat

3rb+

Diana Laila

Ini yang aku cari! Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar berikut! Pada proses pembentukan urine, bagian yang ditunjuk oleh X berfungsi untuk....

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia