Roboguru

Apabila ada pengusaha yang membayar karyawannya dengan upah di bawah upah minimum, apakah termasuk tindak pidana? Jelaskan!

Pertanyaan

Apabila ada pengusaha yang membayar karyawannya dengan upah di bawah upah minimum, apakah termasuk tindak pidana? Jelaskan!space space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Upah minimum adalah standar minimum pembayaran upah dari pelaku industri atau pengusaha kepada karyawannya. Tujuannya sebagai jaring pengaman untuk melindungi hak pekerja terkait upah kerja. Pemberian upah di bawah upah minimum merupakan tindak pidana sebagaimana diatur dalam Undang-undang Cipta Kerja. 

UU Ketenagakerjaan melarang pengusaha untuk membayar upah lebih rendah dari upah minimum. Pengusaha yang membayar upah dibawah upah minimum dapat dikenakan sanksi, yaitu Barang siapa melanggar dikenai sanksi pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling sedikit Rp100.000.000,00 (seratus juta rupiah) dan paling banyak Rp400.000.000,00 (empat ratus juta rupiah).  space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Upah bulanan terendah yang terdiri atas upah pokok termasuk tunjangan tetap yang ditetapkan oleh gubernur sebagai jaring pengaman adalah ....

Pembahasan Soal:

Di Indonesia upah yang diberikan kepada pekerja memiliki berbagai jenis dan setiap jenis memiliki cara pembayarannya. Para pengusaha bisa memilih sistem upah yang sesuai untuk jenis perusahaannya. Namun, pemerintah memiliki kewajiban menetapkan berapa besarnya upah minimum yang harus diterima pekerja agar bisa hidup layak.

Upah minimum adalah upah bulanan terendah yang terdiri atas upah pokok termasuk tunjangan tetap yang ditetapkan oleh gubernur sebagai jaring pengaman. space space 

0

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan upah minimum?

Pembahasan Soal:

Upah minimum adalah suatu standar minimum yang digunakan oleh para pekerja atau pelaku industri untuk memberikan upah kepada para pekerjanya. 

0

Roboguru

Upah yang diberikan kepada pekerja harus sesuai beban pekerjaan yang dilakukan pekerja sehingga pekerja dapat hidup layak. Pernyataan tersebut sesuai teori upah ....

Pembahasan Soal:

Pernyataan tersebut sesuai dengan teori upah etika. Menurut teori ini, Upah yang diberikan kepada pekerja harus sesuai beban pekerjaan yang dilakukan pekerja sehingga pekerja dapat hidup layak. Tindakan pengusaha memberikan upah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan minimum merupakan sesuatu yang tidak "etis". Para pengusaha sebaiknya memberikan upah layak kepada pekerja dan keluarganya serta tunjangan keluarga. 

0

Roboguru

Empat faktor yang menentukan tingkat upah adalah ....

Pembahasan Soal:

Upah adalah hak yang diterima dan dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan terhadap jasa pekerjaan yang telah dilakukan. Terdapat empat faktor yang menentukan tingkat upah meliputi:

  1. Tingkat harga. Apabila tingkat harga barang baik, pekerja juga akan menuntut tingkat upah dinaikkan.
  2. Produktivitas kerja. Bila tingkat produktivitas tenaga kerja rendah, tingkat upah juga rendah, demikian pula sebaliknya.
  3. Struktur ekonomi nasional. Struktur ekonomi berpengaruh terhadap tingkat upah. Misalnya, masih kurangnya industri menyebabkan sedikitnya daya tampung tenaga kerja, sedangkan pencari kerja sangat banyak sehingga pekerja mau bekerja dengan tingkat upah yang sangat rendah.
  4. Peraturan pemerintah. Peraturan pemerintah seperti upah minimum juga memengaruhi tingkat upah industri. space space 

0

Roboguru

Besaran upah minimum regional (UMR) yang rendah sering menyebabkan buruh berunjuk rasa. Upah yang dapat dilakukan pemerintah atau perusahaan terkait masalah tersebut ....

Pembahasan Soal:

Dalam mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan, perlu adanya peran mediator. Pada ilustrasi ini, diharapkan pemerintah dapat menjadi mediator dalam hal penetapan UMR untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D. undefined

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved