Pertanyaan

Apa yang mendasari didirikannya organisasi Budi Utomo?

Apa yang mendasari didirikannya organisasi Budi Utomo?

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

gagasan lahirnya Budi Utomo diawali dari perjalanan kampanye yang dilakukan oleh dr. Wahidin Sudirohusodo untuk memajukan pendidikan bumiputera.

gagasan lahirnya Budi Utomo diawali dari perjalanan kampanye yang dilakukan oleh dr. Wahidin Sudirohusodo untuk memajukan pendidikan bumiputera.

Pembahasan

WahidinSoedirohoesodo, seorang dokter Jawa dari priayi rendahan, sama sekali tak bermaksud singgah ke Stovia, sekolah untuk pendidikan dokter bumiputera, di Batavia. Pada akhir 1907, dia hanya ingin rehat setelah melakukan perjalanan kampanye mencari beasiswa bagi anak-anak muda bumiputera yang pandai. Ditemani Pangeran Ario Notodirodjo, putra Pakualam V, dia mendatangi para priayi yang lebih tua dan tinggi untuk menyampaikan gagasannya itu.Dia tiba-tiba diundang Soetomo dan Soeradji, siswa STOVIA, untuk berceramah mengenai pentingnya pendidikan sebagai kunci kemajuan. Di STOVIA ternyata idenya disambut meriah oleh para mahasiswa sehingga didirikanlah sebuah organisasi baru yang bertujuan untuk memajukan pendidikan dan kebudayaan Jawa. Organisasi tersebut berdiri pada tanggal 20 Mei 1908 bernama Budi Utomo. Dengan demikian gagasan lahirnya Budi Utomo diawali dari perjalanan kampanye yang dilakukan oleh dr. Wahidin Sudirohusodo untuk memajukan pendidikan bumiputera.

Wahidin Soedirohoesodo, seorang dokter Jawa dari priayi rendahan, sama sekali tak bermaksud singgah ke Stovia, sekolah untuk pendidikan dokter bumiputera, di Batavia. Pada akhir 1907, dia hanya ingin rehat setelah melakukan perjalanan kampanye mencari beasiswa bagi anak-anak muda bumiputera yang pandai. Ditemani Pangeran Ario Notodirodjo, putra Pakualam V, dia mendatangi para priayi yang lebih tua dan tinggi untuk menyampaikan gagasannya itu. Dia tiba-tiba diundang Soetomo dan Soeradji, siswa STOVIA, untuk berceramah mengenai pentingnya pendidikan sebagai kunci kemajuan. Di STOVIA ternyata idenya disambut meriah oleh para mahasiswa sehingga didirikanlah sebuah organisasi baru yang bertujuan untuk memajukan pendidikan dan kebudayaan Jawa. Organisasi tersebut berdiri pada tanggal 20 Mei 1908 bernama Budi Utomo.

Dengan demikian gagasan lahirnya Budi Utomo diawali dari perjalanan kampanye yang dilakukan oleh dr. Wahidin Sudirohusodo untuk memajukan pendidikan bumiputera.

109

3.6 (3 rating)

NailaAlthofunNisa

Makasih ❤️

Iklan

Pertanyaan serupa

Deskripsikan tentang organisasi Budi Utomo beserta tokoh pendirinya!

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia