Roboguru

Apa yang mendasari didirikannya organisasi Budi Utomo?

Pertanyaan

Apa yang mendasari didirikannya organisasi Budi Utomo?

Pembahasan Soal:

Wahidin Soedirohoesodo, seorang dokter Jawa dari priayi rendahan, sama sekali tak bermaksud singgah ke Stovia, sekolah untuk pendidikan dokter bumiputera, di Batavia. Pada akhir 1907, dia hanya ingin rehat setelah melakukan perjalanan kampanye mencari beasiswa bagi anak-anak muda bumiputera yang pandai. Ditemani Pangeran Ario Notodirodjo, putra Pakualam V, dia mendatangi para priayi yang lebih tua dan tinggi untuk menyampaikan gagasannya itu. Dia tiba-tiba diundang Soetomo dan Soeradji, siswa STOVIA, untuk berceramah mengenai pentingnya pendidikan sebagai kunci kemajuan. Di STOVIA ternyata idenya disambut meriah oleh para mahasiswa sehingga didirikanlah sebuah organisasi baru yang bertujuan untuk memajukan pendidikan dan kebudayaan Jawa. Organisasi tersebut berdiri pada tanggal 20 Mei 1908 bernama Budi Utomo.

Dengan demikian gagasan lahirnya Budi Utomo diawali dari perjalanan kampanye yang dilakukan oleh dr. Wahidin Sudirohusodo untuk memajukan pendidikan bumiputera.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan latar belakang berdirinya Budi Utomo

Pembahasan Soal:

Budi Utomo merupakan organisasi modern pertama yang didirikan oleh bangsa lndonesia. Berdirinya organisasi ini tidak Iepas dari peran Wahidin Sudirohusodo. Wahidin Sudirohusodo menyadari pendidikan merupakan kunci kemajuan bangsa Indonesia. Ia pun mempunyai keinginan menyebarluakan pendidikan bagi bangsa Indonesia. Beliau kemudian menggalang dana pelajar (studie fonds) guna membantu penyelenggaraan pendidikan bagi anak-anak yang memiliki kecakapan tetapi kurang mampu secara finansial. Pada 1907 Wahidin Sudirohusodo·berkunjung ke STOVIA. Dalam kunjungannya tersebut ia menemui para pelajar STOVIA dan menyampaikan pemikirannya.

Pemikiran Wahidin Sudirohusodo mendapat sambutan positif dari para pelajar STOVIA. Mereka sependapat dan menyadari buruknya nasib rakyat Indonesia di bawah penjajahan Belanda. Pemikiran Wahidin Sudirohusodo kemudian menginspirasi Sutomo bersama teman-temannya sesama mahasiswa STOVIA untuk  membentuk organisasi Budi Utomo pada 20 Mei 1908.

Dengan demikian lahirnya Budi Utomo dilatar belakangi oleh adanya kepedulian dr. Wahidin Sudirohusodo bersama dr. Sutomo dan kawan-kawannya di STOVIA terhadap kondisi pendidikan kaum pribumi yang memprihatinkan.

1

Roboguru

Budi Utomo merupakan salah satu organisasi perintis kebangkitan nasional. Tujuan didirikannya organisasi Budi Utomo adalah...

Pembahasan Soal:

Budi Utomo didirikan oleh para pelajar STOVIA yang diprakarsai Dr. Soetomo dan Dr. Wahidin Sudiro Husodo. Budi Utomo resmi berdiri pada 20 Mei 1908. Organisasi ini bersifat sosial, ekonomi dan budaya tetapi bukan politik. Tujuan pendirian Budi Utomo adalah untuk mencapai kemajuan yang harmonis khususnya bagi orang-orang Jawa dan Madura. Agar tujuan tersebut tercapai, maka dilakukan beberapa usaha yaitu:

  1. Memajukan pengajaran sama seperti apa yang dibayangkan oleh Dr. Wahidin. Ini adalah upaya pertama untuk mencapai kemajuan nasional;
  2. Mempromosikan pertanian, peternakan, perdagangan. Jadi dipahami bahwa kemajuan juga harus mencakup bidang ekonomi;
  3. Memajukan teknik dan industri, yang berarti bahwa ke arah itu telah menjadi ideal;
  4. Menghidupkan kembali kebudayaan.


Oleh karena itu, jawaban yang paling benar adalah C.space space 

0

Roboguru

Bagaimana peran organisasi Budi Utomo dalam mendorong Kebangkitan Nasional dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia?

Pembahasan Soal:

Berikut adalah peran Budi Utomo dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia:

  • Memajukan dan meningkatkan derajat bangsa indonesia melalui pendidikan dan kebudayaan.  
  • Membiayai anak bangsa yang cerdas namun tidak melanjutkan sekolahnya karena masalah biaya.
  • Memajukan pertanian, peternakan serta perdagangan.
  • Memajukan teknik dan industri.
  • Menghidupkan kembali seni dan budaya Indonesia.

Organisasi Budi Utomo adalah organisasi yang didirikan oleh Dr. Sutomo dan para mahasiswa STOVIA di Batavia pada tanggal 20 Mei 1908 atas ide dr. Wahidin Sudirohusodo yang sebelumnya telah berkeliling Jawa untuk menawarkan idenya membentuk Studiefounds. Organisasi ini bergerak dibidang sosial, ekonomi, dan budaya dan bertujuan untuk memajukan pengajaran, pertanian, teknik, industri dan menghidupkan kebudayaan. Budi utomo mengalami pergantian pemimpin pada 10 tahun pertama, pada masa pemerintahan Ario Noto Dirodjo dari Keraton Pakualaman, organisasi Budi Utomo mengalami perkembangan yang baik. Namun, semakin lama, organisasi ini bergeser pada bidang politik, dan pada tahun 1928 organisasi Budi Utomo menjadi anggota PPPKI (Pemufakatan Perhimpunan-Perhimpunan Kebangsaan Indonesia) yang merupakan partai politik yang terbentuk atas prakasa PNI Soekarno. Namun demikian, Budi Utomo tetap mempunyai andil dan jasa yang besar dalam sejarah pergerakan nasional, yakni telah membuka jalan dan memelopori gerakan kebangsaan Indonesia.

Dengan demikian setiap tanggal 20 Mei ditetapkan sebagai hari Kebangkitan Nasional.space space 

1

Roboguru

Bangsa Indonesia tidak mungkin menjadi bangsa yang bebas merdeka seperti yang kita rasakan sekarang ini apabila tidak ada usaha untuk bangkit dan melepaskan penjajahan. Kesadaran bangsa Indonesia untu...

Pembahasan Soal:

Hari Kebangkitan Nasional (Harkinas) yang diperingati setiap tahunnya pada 20 Mei memiliki makna penting bagi bangsa Indonesia. Hari kebangkitan Nasional ditandai oleh peristiwa penting bagai Indonesia. Di mana berdirinya organisasi Budi Utomo pada 20 Mei 1908 dan Ikrar Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928. Hari Kebangkitan Nasional adalah masa di mana bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan, nasionalisme dan kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Kelahiran Budi Utomo menjadi babak baru atau tonggak yang menumbuhkan semangat perjuangan. Selain itu menjadi inspirasi berdirinya berbagai organisasi di seluruh Indonesia pada waktu itu. Baik organisasi yang bersifat kedaerahan, politik, keagamaan, serikat pekerja, kewanitaan maupun kepemudaan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space space

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Bagaimana peran beliau dalam pergerakan nasional?

Pembahasan Soal:

Pergerakan nasional merupakan istilah yang digunakan pada fase sejarah Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Pergerakan nasional terjadi dalam kurun waktu 1908-1945. Pergerakan yang dilakukan untuk menentang kaum penjajah sebelum tahun ini, masih bersifat kedaerahan. Kemudian di 1908 lahir organisasi modern dengan cita-cita nasional. Istilah pergerakan nasional juga digunakan untuk melukiskan proses perjuangan bangsa Indonesia dalam fase mempertahankan kemerdekaan. Pergerakan masa ini untuk membendung hasrat kaum koloni yang ingin kembali merebut kekuasaan Indonesia. Oragnisasi yang diawali dr. Wahidin Soedirohoesodo yang berkeliling Jawa untuk melakukan sosialisasi pentingnya pendidikan. Selain itu, terdapat dana pendidikan untuk yang kurang mampu. Dana tersebut disebut dengan Studie Fond. Pada 1907, Wahidin bertemu denghan Soetomo, mahasiswa STOVIA dan membentuk organisasi Budi Utomo pada 20 Mei 1908. Organisasi ini merupakan organisasi pertama yang didirikan oleh bangsa Indonesia dan beranggotakan mahasiswa STOVIA.

Dengan demikian berdirinya organisasi merupakan awal kebangkitan nasional atau pergerakan nasional merupakan ide dari dr. Wahidin Soedirohoesodo bersama mahasiswa STOVIA lainnya.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved