Roboguru
SD

Apa yang dimaksud MEE?

Pertanyaan

Apa yang dimaksud MEE?undefined 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

yang dimaksud MEE adalah Masyarakat Ekonomi Eropa atau disebut juga European Economic Community (EEC) yaitu kelompok perdagangan yang dibentuk oleh enam negara, yaitu Belgia, Prancis, Jerman, Italia, Luxemburg, dan Belanda yang bertujuan menggabungkan negara peserta menjadi satu unit ekonomi tanpa bea, tanpa kuota, dan dengan satu struktur tarif tunggal terhadap negara bukan anggota.

Pembahasan

Masyarakat Ekonomi Eropa (European Economic Community) adalah organisasi kerjasama di bidang ekonomi yang merupakan pendahulu Uni Eropa. Organisasi ini berdiri dari tahun 1957 sampai 1992, ketika Traktat Maastricht menggantikan organisasi ini dengan Uni Eropan yang memiliki wewenang dan lingkup kerja sama lebih luas. Tujuan awal MEE adalah untuk mewujudkan integrasi ekonomi, termasuk pasar bersama dan penyatuan pungutan bea cukai, kemudian berkembang menjadi kegiatan kerjasama politik, legislatif dan hukum termasuk kebijakan visa bersama (visa Schengen), kebijakan pertanian bersama dan kebijakan pengaturan moneter. MEE terbentuk sebagai kelanjutan kerjasama institusi bersama yaitu Komunitas Batubara dan Baja Eropa (ECSC) dan Komunitas Energi Atom Eropa (EURATOM), berdasarkan Perjanjian Penggabungan 1965 (Treaty of Brussels). Enam negara awal yang mendirikan MEE adalah Prancis, Jerman Barat, Italia dan tiga negara Benelux: Belgia, Belanda dan Luksemburg. Pemekaran MEE pertama terjadi pada tahun 1973, dengan bergabungnya Denmark, Irlandia dan Inggris. Yunani, Spanyol dan Portugal bergabung di tahun 1980an. Jerman Timur menjadi bagian dari MEE pada reunifikasi Jerman pada tahun 1990 setelah selesainya Perang Dingin

 

Dengan demikian yang dimaksud MEE adalah Masyarakat Ekonomi Eropa atau disebut juga European Economic Community (EEC) yaitu kelompok perdagangan yang dibentuk oleh enam negara, yaitu Belgia, Prancis, Jerman, Italia, Luxemburg, dan Belanda yang bertujuan menggabungkan negara peserta menjadi satu unit ekonomi tanpa bea, tanpa kuota, dan dengan satu struktur tarif tunggal terhadap negara bukan anggota.

1rb+

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Mengapa organisasi ekonomi tingkat regional dan global bermunculan?

15

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia