Roboguru

Apa yang dimaksud inti bumi?

Pertanyaan

Apa yang dimaksud inti bumi?undefined 

Pembahasan Soal:

Secara struktur bumi dibagi menjadi tiga lapisan utama, yaitu kerak bumi (crush), selimut (mantle), dan inti (core). Inti bumi (core) merupakan lapisan paling dalam dari struktur bumi. lapisan inti dibedakan menjadi dua, yaitu lapisan inti luar (outer core) dan lapisan inti dalam (inner core).  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Handayani

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 31 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Inti bumi bagian dalam yang sangat panas bersifat padat. Suhu pada inti luar yang lebih rendah dibandingkan inti dalam bersifat cair. Bagaimana kondisi ini bisa terjadi?

Pembahasan Soal:

Inti bumi merupakan lapisan bumi terdalam yang terletak di tengah-tengah bumi. Lapiran inti bumi terdiri dari dua lapisan, yaitu lapisan inti bagian dalam dan lapisan inti bagain luar. Lapisan inti bagian dalam memiliki material logam yang tersusun atas besi dan nikel. Suhu inti bagian dalam sangat panas, sehingga tekanan sangat besar dan menjadikan inti dalam menjadi benda padat. Berbeda dengan inti bagian luar yang suhunya lebih rendah dari inti bagian dalam. Magma yang ada didalam bumi mencari celah keluar dari dalam bumi, sehingga inti bagian luar bersifat cair karena adanya lava atau magma.space 

Roboguru

Silikat pijar yang sangat panas dan terdapat di dalam bumi disebut ....

Pembahasan Soal:

Lapisan penyusun bumi yang paling luar adalah kerak bumi. Di bagian dalam terdapat mantel bumi. Mantel tersusun atas materi silikon dan magnesium bagian teratas dan terendah dari mantel merupakan batuan yang solid, tetapi lapisan tengahnya sangat panas yang bisa mencairkan batuan menjadi magma. Magma adalah silikat pijar yang berada di bawah permukaan bumi. Sedangkan lava adalah magma yang berhasil keluar ke permukaan bumi dan lahar adalah aliran material vulkanik (lumpur batuan) yang mengalir di permukaan bumi dan bercampur dengan material seperti air, pasir, batu, dan lain-lain.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.  

Roboguru

Pelebaran alur-alur dasar samudra, pergerakan lempeng benua, dan pola kegiatan vulkanik disebabkan oleh ....

Pembahasan Soal:

Menurut para ahli geologi, pelebaran alur-alur dasar samudra, pergerakan benua, pola seismik global, dan pola kegiatan vulkanik merupakan bagian dari sirkulasi energi dari dalam bumi. Permukaan planet Bumi terdiri dari tujuh bentangan besar lempeng tektonik. Lempeng-lempeng tektonik tersebut terus-menerus bergerak dan menciptakan berbagai perubahan di permukaan Bumi, seperti retaknya dasar samudra, terbentuknya punggungan dasar laut, dan terbentuknya persebaran gunung berapi.space

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space
 

Roboguru

Apa yang kamu ketahui mengenai lapisan barisfer?

Pembahasan Soal:

Struktur pembentukan bumi terdiri dari berbagai macam batuan dan unsur kimia, pada setiap lapisan berbeda-beda material penyusunnya. Salah satu contohnya adalah lapisan Barisfer. Barisfer merupakan lapisan inti bumi yang paling dalam tersusun atas material NiFe (nikel dan besi). Lapisan ini dibagi menjadi 2 yaitu:

  1. Inti luar (Outer core), inti bumi bagian luar, tebalnya sekitar 2.200 km, dengan materi besi dan nikel yang cair  dan berpijar bersuhu sekitar 3.900°C.
  2. Inti dalam (Inner core), inti bumi bagian dalam dengan ketebalan 2.500 km, bersuhu 4.800°C dengan keadaan padat.
Roboguru

Lapisan inti dalam (inner core) yang pejal tersusun atas material besi dan nikel. Lapisan tersebut memengaruhi keberadaan medan magnet Bumi. Medan magnet Bumi melindungi Bumi dari radiasi kosmis dan m...

Pembahasan Soal:

Inti bumi adalah lapisan bumi yang paling dalam. Karena berada paling dalam, maka inti bumi menjadi pusat dari pergerakan bumi. Inti bumi juga menjadi pusat aktivitas magnetik dan pembentukan gravitasi. Medan magnet bumi melindungi bumi dari radiasi kosmis dan menghambat ionisasi partikel di atmosfer. Radiasi kosmis adalah jenis radiasi pengion yang memiliki energi tinggi, terutama dari inti atom dan partikel yang diciptakan oleh interkasi yang terjadi di atmosfer. Apabila tidak terdapat aktivitas magnetik tersebut maka yang akan terjadi adalah kita akan terkena dampak radiasi kosmis sebagai berikut.

  1. Menyebabkan kerusakan serius pada memori perangkat elektonik
  2. Dampak pada sistem komunikasi satelit dan runtuhnya jaringan listrik
  3. Perubahan cuaca dan iklim karena rusaknya lapisan ozon
  4. Menimbulkan beberapa masalah pada jantung

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.  

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved