Roboguru

Apa yang dimaksud dengan: a)  metode ilmiah, b)  merumuskan masalah, c)  hipotesis, dan d)  mengolah dan  mengumpulkan data?

Pertanyaan

Apa yang dimaksud dengan: a)  metode ilmiah, b)  merumuskan masalah, c)  hipotesis, dan d)  mengolah dan  mengumpulkan data?space 

Pembahasan:

Biologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang kehidupan makhluk hidup. Biologi dapat dipelajari melalui suatu  pendekatan ilmiah, yaitu metode ilmiah. Metode  ilmiah  merupakan  suatu  prosedur  (urutan  langkah)  yang harus  dilakukan  untuk  melakukan  suatu  proyek  ilmiah. Secara  umum metode ilmiah meliputi  langkah-langkah  sebagai  berikut :

  1. Memilih .masalah.  Biasanya  masalah  dapat  diperoleh  dari kehidupan sehari-hari atau dari kegiatan penelitian sebelumnya.
  2. Mengumpulkan informasi awal. Hal ini bertujuan untuk menentukan
    topik utama yang  akan. diteliti sampai  anal isisnya .
  3. Merumuskan masalah. Merumuskan masalah dengan menyatakan adanya keterkaitan  antara beberapa  variabel  atau lebih. Masalah sebaiknya disusun dalam bentuk pertanyaan yang singkat,padat,  dan  jelas.
  4. Merumuskan hipotesis. Hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap permasalahan yang akan diteliti dan harus dibuktikan kebenarannya dengan melakukan eksperimen atau serangkaian observasi.
  5. Melakukan  eksperimen.  Eksperimen  merupakan  salah  satu  cara untuk menguji  hipotesis . Eksperimen  yang dilakukan akan menghasilkan data  untuk memudahkan dalam  penarikan kesimpulan.
  6. Mengolah  dan  menganalisis  data. Mengolah  dan  menganalisis data berarti menguji hipotesis. Hal ini dilakukan  untuk memperlihatkan apakah  terdapat  bukti-bukti yang  mendukung hipotesis atau  tidak.
  7. Membuat kesimpulan. Kesimpulan yang dibuat  harus jujur dan objektif berdasarkan  fakta  yang  terkumpul  dari  hasil  percobaan atau eksperimen.
  8. Mempublikasikan hasil penelitian. Publikasi bertujuan untuk menginformasikan hasil percobaan/eksperimen yang sudah diperoleh kepada khalayak umum atau  peneliti  yang  lainnya. space 

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Jika Ani ingin melihat dampak pertumbuhan bayi yang diberi ASI langsung dari Ibunya dengan bayi yang diberi ASI bukan dari Ibunya, maka hipotesis dan rumusan masalah dalam penelitian tsb!

0

Roboguru

Sebelum melakukan eksperimen, kita harus membuat desain percobaan atau rancangan terlebih dahulu. Desain percobaannya meliputi ....

0

Roboguru

Jelaskanlah perbedaan antara rumusan masalah dan rumusan hipotesis!

1

Roboguru

Seorang siswa SMAN 40 Jakarta memperoleh tugas dari guru Biologi, membuat eksperimen ”pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman”. Dia melakukan perbobaan berikut. Pot A dan pot B berisi tanah, pasi...

0

Roboguru

Budi melakukan penelitian tentang pengaruh panjang gelombang cahaya terhadap pertumbuhan tanaman cabai dalam ruangan dengan 6 perangkat penelitian sebagai berikut: Pada 6 wadah yang berisi tanah ko...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved