Iklan

Iklan

Pertanyaan

Simaklah kutipan teks berikut!


     Seperti yang kita ketahui, sekarang merupakan era perkembangan zaman. Perkembangan zaman tersebut juga memengaruhi perkembangan teknologi di berbagai bidang, seperti medis, transportasi, komunikasi, dan sebagainya. Namun, jika dikaji lebih dalam, perkembangan teknologi di bidang komunikasi akan memegang peran paling besar. Contohnya, penggunaan smartphone, saat ini telah berubah sangat modern, yakni praktis untuk digunakan dan memiliki berbagai macam fitur canggih dan menarik. Tidak heran, jika di era sekarang ini, remaja banyak yang menyukai smartphone. Umumnya smartphone digunakan para remaja untuk keperluan komunikasi, hiburan dan sebagainya. Namun, seperti yang kita ketahui, bahwa perkembangan zaman dan teknologi yang terjadi sekarang telah memberikan dampak yang besar bagi para remaja.

     Sebagian berpendapat bahwa smartphone memberi dampak positif bagi remaja. Dampak positifnya adalah mereka dapat mengeksplorasi teknologi lebih luas dari sebelumnya, memudahkan segala aktivitas mereka mulai dari berkomunikasi, baik visual maupun audio, mengekspresikan diri, dan membantu dalam mencari materi atau tugas di internet.

     Di samping dampak positif, sebagian orang juga berpendapat tentunya perkembangan smartphone ini juga memiliki dampak negatif pada remaja. Salah satunya adalah penggunaan smartphone dapat membuat remaja kecanduan dan memiliki rasa ketergantungan seperti tidak bisa hidup tanpa perangkat ini. Tidak hanya itu saja, penggunaan smartphone yang berlebihan juga menyebabkan remaja jadi malas belajar dan akhirnya menurunkan prestasi mereka.

     Sebagai seorang remaja, kita harus mampu menggunakan perangkat smartphone kita dengan benar dan pada porsinya. Jika penggunaan smartphone dialokasikan dengan benar, maka akan memberi dampak positif bagi kita.space 

Apa simpulan dari teks tersebut?

Apa simpulan dari teks tersebut?space 

Iklan

W. Wahyuni

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

Jawaban terverifikasi

Jawaban

simpulan dari teks tersebut ialah penggunaan smartphone pada remaja harus dilakukan dengan benar dan sesuai pada porsinya agar dampak yang didatangkan hanyalah dampak positif.

simpulan dari teks tersebut ialah penggunaan smartphone pada remaja harus dilakukan dengan benar dan sesuai pada porsinya agar dampak yang didatangkan hanyalah dampak positif.space 

Iklan

Pembahasan

Teks diskusi diketahui memiliki tiga struktur yaitu pendahuluan, isi argumen, dan simpulan.Teks diskusi tersebut membahas penggunaan smartphone yang memiliki dampak positif dan dampak negatif. Adapun struktur kutipan teks diskusi tersebut dapat dilihat bahwa (1) bagian pendahuluan merupakan pengantar mengenai perkembangan zaman khususnya pada penggunaan alat komunikasi yang semakin modern; (2) bagian isi argumen terdapat berbagai pendapat yang pro dan kontra mengenai dampak penggunaan smartphone ; dan (3) bagian simpulan terletak pada akhir teks dengan memberi penjelasan ulang secara singkat mengenai keseluruhan isu penggunaan smartphone bagi remaja. Dengan demikian, simpulan dari teks tersebut ialah penggunaan smartphone pada remaja harus dilakukan dengan benar dan sesuai pada porsinya agar dampak yang didatangkan hanyalah dampak positif.

Teks diskusi diketahui memiliki tiga struktur yaitu pendahuluan, isi argumen, dan simpulan. Teks diskusi tersebut membahas penggunaan smartphone yang memiliki dampak positif dan dampak negatif. Adapun struktur kutipan teks diskusi tersebut dapat dilihat bahwa (1) bagian pendahuluan merupakan pengantar mengenai perkembangan zaman khususnya pada penggunaan alat komunikasi yang semakin modern; (2) bagian isi argumen terdapat berbagai pendapat yang pro dan kontra mengenai dampak penggunaan smartphone; dan (3) bagian simpulan terletak pada akhir teks dengan memberi penjelasan ulang secara singkat mengenai keseluruhan isu penggunaan smartphone bagi remaja.

Dengan demikian, simpulan dari teks tersebut ialah penggunaan smartphone pada remaja harus dilakukan dengan benar dan sesuai pada porsinya agar dampak yang didatangkan hanyalah dampak positif.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

20

Susi Susilawati

Mudah dimengerti Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Penjelasan yang sesuai dengan isi grafik tersebut adalah…

27

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia