Roboguru

Tuliskan bagian simpulan teks diskusi tersebut!

Pertanyaan

Daur Ulang untuk Gaya Hidup Sehat


Pendahuluan: 

    Setiap hari kita diingatkan agar lebih peduli terhadap lingkungan. Namun, tidak mudah untuk peduli terhadap lingkungan atau bergaya hidup "hijau" - atau sebenarnya mudah?

Isi: 

    Pemerintah pusat dan daerah sejak beberapa tahun lalu mencoba agar masyarakat lebih mudah bergaya hidup hijau. Mereka menyediakan tong sampah dengan warna berbeda agar masyarakat mengetahui di mana membuang sampahnya. Warna merah untuk limbah bahan beracun dan berbahaya, hijau untuk limbah organik, kuning untuk bungkus kemasan makanan.

    Pada setiap kesempatan, jutaan orang melakukan gerakan kebersihan di berbagai wilayah di Indonesia dalam waktu yang berbeda-beda. Gerakan semacam ini diharapkan menginspirasi masyarakat untuk selalu peduli lingkungannya masing-masing.

     Namun di pihak lain, di banyak tempat, orang-orang menganggap gagasan daur ulang itu membuang buang waktu mereka. Mereka tidak mau direpotkan untuk memilah-milah sampah mereka. Pada saat yang sama, masyarakat lainnya yang berpikiran sempit yakin bahwa satu orang tidak akan membuat perbedaan. Mereka sangat salah. Setiap benda yang didaur ulang merupakan bonus bagi lingkungan kita akibat belajar menggunakan sumber daya dengan lebih efisien sehingga dapat bertahan bertahun-tahun lagi.

Simpulan:

    [............]space 

Tuliskan bagian simpulan teks diskusi tersebut!space 

Pembahasan:

Teks diskusi adalah teks yang disusun untuk menyajikan pendapat, sudut pandang, atau perspektif yang berbeda terhadap suatu permasalahan.

Langkah-langkah membuat teks diskusi:

  1. Membaca keseluruhan teks diskusi
  2. Menentukan kalimat utama teks diskusi
  3. Membuat simpulan teks diskusi

Kalimat utama paragraf diskusi di atas terdapat pada kalimat pertama, yaitu "Pemerintah pusat dan daerah sejak beberapa tahun lalu mencoba agar masyarakat lebih mudah bergaya hidup hijau". Kalimat tersebut menjadi kalimat utama karena mempresentasikan judul teks diskusi tersebut. Selanjutnya, untuk membuat kesimpulan, kita perlu menggabungkan kalimat utama dan hal-hal penting paragraf tersebut dengan bahasa kita sendiri.

Jadi, simpulan teks diskusi tersebut adalah "Kepedulian terhadap lingkungan atau bergaya hidup "hijau" telah diusahakan oleh berbagai pihak termasuk pemerintah pusat dan daerah, serta masyarakat. Salah satu usahanya adalah dengan menyediakan tong sampah dengan warna berbeda dan menerapkan sampah daur ulang. Namun, beberapa pihak menganggap gagasan daur ulang itu membuang buang waktu mereka. Padahal, benda yang didaur ulang menimbulkan penggunaaan sumber daya yang lebih efisien sehingga dapat bertahan bertahun-tahun lagi".

Dengan demikian, simpulan teks diskusi tersebut adalah "Kepedulian terhadap lingkungan atau bergaya hidup "hijau" telah diusahakan oleh berbagai pihak termasuk pemerintah pusat dan daerah, serta masyarakat. Salah satu usahanya adalah dengan menyediakan tong sampah dengan warna berbeda dan menerapkan sampah daur ulang. Namun, beberapa pihak menganggap gagasan daur ulang itu membuang buang waktu mereka. Padahal, benda yang didaur ulang menimbulkan penggunaaan sumber daya yang lebih efisien sehingga dapat bertahan bertahun-tahun lagi".space 

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

B. Sekar

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Buatlah kesimpulan dari teks tersebut!

0

Roboguru

Oleh karena itulah, yang menjadi gua di Tasikmalaya cukuplah Gua Pamijahan. Gua itulah yang selayaknya disebut-sebut supaya kian populer. Siapa tahu gua tersebut juga akan masuk nominasi the seven won...

0

Roboguru

Pernyataan berikut yang berupa bagian simpulan atau saran adalah ....

0

Roboguru

Apa tujuan simpulan dalam eksposisi?

0

Roboguru

Oleh karena itu, sebaiknya kita lebih berhati-hati dalam memilih teman, batasi orang-orang yang akan kita add. Pilihlah orang-orang yang memang betul-betul mengenal kita. Jangan sembarangan menerima p...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved