Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apa perbedaan antara monosakarida, disakarida, dan polisakarida?

Apa perbedaan antara monosakarida, disakarida, dan polisakarida? space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

perbedaan antara monosakarida, disakarida, dan polisakarida yaitu monosakarida merupakan bentuk paling sederhana dari karbohidrat yang tersusun atas satu gugus gula. Disakarida merupakan senyawa karbohidrat dengan dua gugus gula. Sedangkan polisakarida merupakan senyawa karbohidrat yang tersusun atas banyak molekul gula sederhana.

perbedaan antara monosakarida, disakarida, dan polisakarida yaitu monosakarida merupakan bentuk paling sederhana dari karbohidrat yang tersusun atas satu gugus gula. Disakarida merupakan senyawa karbohidrat dengan dua gugus gula. Sedangkan polisakarida merupakan senyawa karbohidrat yang tersusun atas banyak molekul gula sederhana. space 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Karbohidrat adalah senyawa organik yang mengandung unsur karbon(C), hidrogen (H), dan oksigen (O). Berdasarkan gugus gula yang menyusunnya, karbohidrat dibedakan menjadi tiga, yaitu monosakarida, disakarida, dan polisakarida. Monosakarida merupakan bentuk paling sederhana dari karbohidrat yang tersusun atas satu gugus gula. Contohnya glukosa, galaktosa dan fruktosa. Disakarida merupakan senyawa karbohidrat dengan dua gugus gula. Contohnya maltosa, laktosa, dan sukrosa. Polisakarida merupakan senyawa karbohidrat yang tersusun atas banyak molekul gula sederhana. Contohnya glikogen, amilum dan selulosa. Jadi, perbedaan antara monosakarida, disakarida, dan polisakarida yaitu monosakarida merupakan bentuk paling sederhana dari karbohidrat yang tersusun atas satu gugus gula. Disakarida merupakan senyawa karbohidrat dengan dua gugus gula. Sedangkan polisakarida merupakan senyawa karbohidrat yang tersusun atas banyak molekul gula sederhana.

Karbohidrat  adalah  senyawa  organik  yang  mengandung  unsur karbon(C), hidrogen  (H), dan oksigen (O). Berdasarkan gugus  gula yang menyusunnya, karbohidrat dibedakan menjadi tiga, yaitu monosakarida,  disakarida, dan polisakarida. Monosakarida merupakan bentuk paling sederhana dari karbohidrat yang tersusun atas satu gugus gula. Contohnya glukosa, galaktosa dan fruktosa. Disakarida merupakan senyawa karbohidrat dengan dua gugus gula. Contohnya maltosa, laktosa, dan sukrosa. Polisakarida merupakan senyawa karbohidrat yang tersusun atas banyak molekul gula sederhana. Contohnya glikogen, amilum dan selulosa.

Jadi, perbedaan antara monosakarida, disakarida, dan polisakarida yaitu monosakarida merupakan bentuk paling sederhana dari karbohidrat yang tersusun atas satu gugus gula. Disakarida merupakan senyawa karbohidrat dengan dua gugus gula. Sedangkan polisakarida merupakan senyawa karbohidrat yang tersusun atas banyak molekul gula sederhana. space 

Latihan Bab

Gizi dan Zat Makanan

Saluran dan Kelenjar Pencernaan

Energi dan Menu Sehat

Gangguan pada Sistem Pencernaan dan Upaya Pencegahannya

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

9rb+

Glory Natalius Christnowa

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Makasih ❤️ Bantu banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pasangan karbohidrat yang termasuk golongan disakarida adalah....

2rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia