Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apa pengertian sudut pembias prisma ? Samakah dengan sudut bias ? Jelaskan!

Apa pengertian sudut pembias prisma ? Samakah dengan sudut bias ? Jelaskan!

Iklan

D. Wildatul

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

sudut pembias prisma dan sudut bias berbeda.Sudut pembias prisma adalah garis potong yang terbentuk oleh dua bidang permukaan prisma. Sedangkansudut bias adalahsudutyang terbentuk daripembiasancahaya datang (cahaya pantul) terhadap garis normal.

sudut pembias prisma dan sudut bias berbeda. Sudut pembias prisma adalah garis potong yang terbentuk oleh dua bidang permukaan prisma. Sedangkan sudut bias adalah sudut yang terbentuk dari pembiasan cahaya datang (cahaya pantul) terhadap garis normal.

Iklan

Pembahasan

Penyelesaian : Prisma adalah benda bening yang dibatasi oleh dua bidang permukaan yang bersudut dan disebut sudut pembias prisma. Jadi sudut pembias prisma adalah garis potong yang terbentuk oleh dua bidang permukaan prisma. Apabila seberkas cahaya masuk pada salah satu permukaan prisma maka cahaya tersebut akan dibiaskan dari permukaan prisma yang lain. Jadi sudut bias adalahsudutyang dibentuk daripembiasancahaya datang (cahaya pantul) terhadap garis normal. Jadi, sudut pembias prisma dan sudut bias berbeda.Sudut pembias prisma adalah garis potong yang terbentuk oleh dua bidang permukaan prisma. Sedangkansudut bias adalahsudutyang terbentuk daripembiasancahaya datang (cahaya pantul) terhadap garis normal.

Penyelesaian :

Prisma adalah benda bening yang dibatasi oleh dua bidang permukaan yang bersudut dan disebut sudut pembias prisma. Jadi sudut pembias prisma adalah garis potong yang terbentuk oleh dua bidang permukaan prisma.

Apabila seberkas cahaya masuk pada salah satu permukaan prisma maka cahaya tersebut akan dibiaskan dari permukaan prisma yang lain. Jadi sudut bias adalah sudut yang dibentuk dari pembiasan cahaya datang (cahaya pantul) terhadap garis normal.

Jadi, sudut pembias prisma dan sudut bias berbeda. Sudut pembias prisma adalah garis potong yang terbentuk oleh dua bidang permukaan prisma. Sedangkan sudut bias adalah sudut yang terbentuk dari pembiasan cahaya datang (cahaya pantul) terhadap garis normal.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

13

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebuah sinar monokromatis datang pada prisma sama sisi 6 0 ∘ − 6 0 ∘ − 6 0 ∘ (indeks bias prisma n p ​ = 1 , 5 )dengan sudut datang 45 , 0 ∘ . Dengan menggunakan persamaan Snellius dan persamaan (...

2

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia